x

Benfica ‘Beberkan’ Rincian Saga Transfer Darwin Nunez ke Liverpool

Jumat, 17 Juni 2022 06:20 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Subhan Wirawan
Darwin Nunez, penyerang Benfica (Reuters/Matthew Childs)

INDOSPORT.COM – Liverpool telah berhasil menuntaskan transfer Darwin Nunez dari Benfica meski harus memecahkan rekor sebagai pembelian termahal.

Diketahui bahwa Liverpool sepakat untuk menebus penyerang Uruguay tersebut kepada Benfica senilai 85 juta poundsterling.

Baca Juga

Dengan demikian Darwin Nunez resmi mengenakan seragam The Reds pada Senin (13/06/22) lalu.

Benfica juga telah mengkonfirmasi kesepakatan dan biaya transfer dengan menyerahkan dokumentasi ke Komini Pasar Sekuritas Portugis.

Darwin Nunez sepakat untuk meneken kontrak berdurasi enam tahun bersama The Reds dengan gaji yang diperkirakan dibawah 250 ribu poundsterling setiap pekan.

Baca Juga

Mendaratnya Darwin Nunez ke Anfield menunjukkan keseriusan mereka untuk memperoleh jasa pemain berusia 22 tahun tersebut.

Pasalnya, Darwin Nunez menjadi komoditi panas dimana banyak tim-tim top Eropa dirumorkan ikut melakukan perburuan tersebut.

Salah satu klub yang paling santer dikaitkan dengan Darwin Nunez adalah salah satu rival terbesar Liverpool, yakni Manchester United.

Baca Juga

Namun, Liverpool langsung melakukan manuver untuk segera mengungguli Manchester United dalam perburuan Darwin Nunez.

Melansir dari situs Mirror, Benfica secara mengejutkan membeberkan nilai transfer yang sebenarnya dibayarkan Liverpool. Berikut ini rincian pembayarannya.


1. Tidak Sepenuhnya Menerima Hasil Penjualan

Pemain Benfica, Darwin Nunez (kanan). Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw/File Photo.

Kepindahan Darwin Nunez ke Liverpool harus memaksa mereka mengeluarkan uang lebih banyak, dari saat setelah menebus 75 juta poundsterling untuk Virgil van Dijk tahun 2018 silam.

Liverpool telah membayar uang muka sebesar 64,2 juta poundsterling, ditambah dengan bonus sebesar 21,5 juta poundsterling apabila seluruh syarat terpenuhi.

Baca Juga

Namun, Benfica tidak akan menerima seratus persen dari hasil uang muka pembelian Darwin Nunez.

Dilaporkan bahwa tim asal Portugal tersebut hanya akan menerima uang sebesar 46,7 juta poundsterling.

Melansir laporan dari situs Mirror, Benfica harus menyetorkan uang sebesar 1,94 juta poundsterling ke Penarol, tempat Darwin Nunez memulai karier profesional.

Baca Juga

Selanjutnya Almeria akan mendapatkan rejeki nomplok sebesar 8,95 juta poundsterling, sesuai dengan kesepakatan saat mereka menjual Darwin Nunez ke Benfica tahun lalu.

Tak sampai di situ, rupanya Benfica juga harus membayar ‘jasa perantara’ atau agen untuk merampungkan penjualan penyerang 22 tahun itu sebesar 6,24 juta poundsterling.

Tambahan sebesar 4,3 juta poundsterling akan diberikan oleh Liverpool kepada Benfica saat Darwin Nunez telah memainkan 10 laga.

Baca Juga

Kemudian saat Darwin Nunez telah melakukan 60 pertandingan bersama The Reds, Benfica akan mendapatkan tambahan lagi sebesar 8,6 juta poundsterling.

Sedangkan 8,6 juta poundsterling sisanya akan diperoleh Benfica dengan bergantung pada performa Darwin Nunez secara individu atau kolektif.


2. Liverpool Telan Ludah Sendiri

Jurgen Klopp berkalung medali perak Liga Champions usai Liverpool dikalahkan Real Madrid (REUTERS/Lee Smith)

Jurgen Klopp ternyata pernah menyindir gaya transfer klub rivalnya, Manchester United, yang gemar membeli pemain bintang dengan harga selangit.

Kejadian itu terjadi pada tahun 2016 lalu, saat Manchester United mendatangkan Paul Pogba dari Juventus dengan harga 105 juta euro.

Klopp yang pada saat itu kondisi keuangan Liverpool tak cukup baik untuk membeli banyak pemain bintang, hanya bisa menyindir para klub rival dalam membangun tim.

Pada musim yang sama, pembelian paling mahal Liverpool adalah Sadio Mane. Dia dibeli dari Southampton dengan harga 41 juta euro.

Selain Sadio Mane, Liverpool membeli Gini Wijnaldum, Loris Karius, Joel Matip, dan Ragnar Klavan pada awal musim 2016/2017. Dari nama-nama itu, jumlah transfer mereka tidak sampai harga beli Pogba.

"Hari di mana menghabiskan 100 juta pounds adalah sepak bola, saya tidak bekerja lagi, karena permainan adalah tentang bermain bersama," kata Klopp ketika itu.

"Begitulah cara semua orang di sepakbola memahaminya. Anda selalu ingin memiliki yang terbaik, tetapi membangun grup diperlukan untuk menjadi sukses," sambung manajer asal Jerman tersebut.

Baca selengkapnya: Jurgen Klopp Sang Munafik yang Akhirnya Jilat Ludah karena Transfer Mahal Darwin Nunez

Bursa TransferLiverpoolJurgen KloppBenficaDarwin Nunez

Berita Terkini