x

Dilema AC Milan: Dapat Dana Ratusan Juta, Tapi Harus Jual Bintang Demi Rekrut Pemain Anyar

Senin, 20 Juni 2022 19:32 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Dilema bursa transfer sang juara bertahan Liga Italia, AC Milan, yang meski dapat sokongan dana ratusan juta euro namun masih harus jual beberapa bintang.

INDOSPORT.COM – Melihat dilema bursa transfer sang juara bertahan Liga Italia musim lalu, AC Milan, yang meski dapat sokongan dana ratusan juta euro namun masih harus jual beberapa bintang untuk rekrut pemain anyar.

AC Milan sendiri jelang bergulirnya kompetisi Liga Italia musim depan, jadi salah satu tim yang digadang-gadang bakal belanja besar sepanjang bursa transfer.

Baca Juga

Pasalnya, AC Milan sudah resmi mendapat investor baru setelah Elliott Management selaku pemegang saham mayoritas baru saja menjual Rossoneri ke pihak RedBird Capital asal Amerika Serikat.

Melansir dari DAZN, kabarnya Gerry Cardinale selaku pemilik RedBird Capital telah menandatangani dokumen awal yang memungkinkan dia untuk membeli AC Milan seharga €1,3 miliar. 

Usai kedatangan investor baru, AC Milan diprediksi bakal melakukan belanja besar-besaran untuk mempertahankan gelar scudetto mereka musim depan.

Baca Juga

Dengan sokongan dana yang mencapai 100 juta euro, terlihat jelas bahwa Paolo Maldini dan Ricky Massara akan sangat mudah mendatangkan para bintang ke skuat AC Milan musim depan.

Lini depan tampaknya jadi pekerjaan rumah serius buat RedBird Capital di bursa transfer musim panas nanti, mengingat ujung tombak AC Milan saat ini sudah memasuki usia sangat uzur.

Selain lini depan, sektor pertahanan serta gelandang yang berpotensi ditinggal Alessio Romagnoli dan Franck Kessie juga jadi fokus utama AC Milan pada jendela transfer nanti.

Baca Juga

Namun faktanya, dana besar yang didapat AC Milan di bursa transfer kali ini tak serta merta membuat manajemen leluasa membelanjakannya.

Bahkan dikabarkan, untuk merekrut satu pemain pun AC Milan masih harus menjual bintang lain secara bersamaan.


1. Sulitnya Rencana Transfer AC Milan

Rafael Leao di laga Liga Italia Sassuolo vs AC Milan (REUTERS/Daniele Mascolo)

Melansir dari laman sempremilan.com, diketahui bahwa AC Milan memang mendapatkan anggaran belanja cukup mewah dari investor baru mereka, RedBird Capital.

Dilaporkan bahwa Paolo Maldini dan Ricky Massara akan memiliki anggaran €100 juta untuk beraktifitas di bursa transfer musim panas ini.

Baca Juga

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa dana tersebut akan digunakan untuk menandatangani bek tengah, gelandang bertahan dan gelandang serang baru dengan kualitas yang sangat tinggi.

Sayangnya dari laporan yang sama disebutkan, AC Milan juga harus mengumpulkan dana untuk menyeimbangkan neraca keuangan mereka musim ini.

Yang artinya, AC Milan tetap harus melepas dan menjual beberapa pemain seperti Alexis Saelmaekers, Samu Castillejo hingga Junior Messias agar bisa memboyong target utama mereka seperti Noa Lang, atau Nicolo Zaniolo.

Sebagai informasi, pada bursa transfer musim lalu AC Milan merupakan sala satu tim Serie A yang cukup boros dengan membelanjakan 78.7 juta euro di bursa transfer.

Baca Juga

Sementara sisi penjualan mereka hanya berkisar 5.5 juta euro. Artinya, AC Milan masih dianggap merugi di bursa transfer musim lalu sebesar 73.2 juta euro.

Jumlah tersebut bahkan mampu mengungguli angka kerugian Juventus yang musim lalu sempat pecahkan rekor transfer dengan merekrut Dusan Vlahovic seharga 81,6 juta euro.

Meski mengeluarkan biaya mencapai 126 juta euro untuk memboyong pemain, namun kubu La Beneamata mampu menjual pemain hingga 61 juta euro.

Baca Juga

Sehingga total kerugian Juventus musim lalu hanyalah sekitar 65,6 juta euro.

Dari catatan tersebut, tampaknya manajemen AC Milan bakal lebih ketat lagi dalam merekrut pemain di musim panas kali ini, termasuk menjalankan strategi menjual para bintang.

“AC Milan memiliki anggaran €100 juta untuk bekerja dengan musim panas ini. Namun mereka mungkin harus mengumpulkan lebih banyak dana untuk menandatangani pemain baru,” tulis Sempremilan.


2. Para Incaran AC Milan

Selebrasi pemain AC Milan Alessandro Florenzi merayakan gol ketiga mereka bersama rekan setim ke gawang Hellas Verona. Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo

AC Milan sendiri diketahui mendapatkan dana belanja hingga 100 juta euro (Rp1,5 triliun) seiring hadirnya investor baru yakni RedBird Capital. 

Namun, meski tampak melimpah, banyaknya kebutuhan pelatih Stefano Pioli membuat dana tersebut terbilang mepet.

Baca Juga

Masih dari Sempre Milan, disebutkan bahwa 90 juta euro dari total dana tersebut sudah diplot untuk mendatangkan 3 pemain baru yakni Charles de Ketela Re (40 juta euro), Sven Botman (30 juta euro) dan Renato Sanches (20 juta euro).

Dengan demikian, hanya ada sisa dana 10 juta euro yang sebagian pun akan digunakan untuk mempermanenkan Alessandro Florenzi dari AS Roma.

Untuk menyeimbangkan neraca keuangannya, AC Milan pun dikabarkan siap melepas para bintang seperti Alexis Saelmaekers dan Samu Castillejo.

Selain dua nama di atas, para bintang yang minim menit bermain musim lalu seperti Ismael Bennacer, Ante Rebic sampai Mattia Caldara juga siap dikorbankan AC Milan.

Lantas dari sekian banyak rumor baik kedatangan maupun kepergian, siapakah pemain yang bakal pertama kali hengkang atau diresmikan AC Milan musim ini? Menarik dinantikan.

Bursa TransferSerie A ItaliaAC MilanLiga ItaliaBerita Bursa Transfer

Berita Terkini

Berita Terpopuler