x

3 Talenta Muda Lokal di Timnas Indonesia yang Semakin Bersinar Bersama Shin Tae-yong

Sabtu, 25 Juni 2022 22:20 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Melihat tiga pemain muda asli Indonesia yang berhasil tampil gemilang dan potensinya kian bersinar di timnas saat dilatih Shin Tae-yong. Siapa sajakah mereka?

INDOSPORT.COM – Melihat tiga pemain muda asli Indonesia yang berhasil tampil gemilang dan potensinya kian bersinar di Timnas Indonesia saat dilatih Shin Tae-yong. Siapa sajakah mereka?

Sepanjang tahun 2022 atau setidaknya hingga bulan Juni ini, penampilan Timnas Indonesia bisa dibilang sangat luar biasa terutama jika melihat pada perubahan ranking FIFA skuat Garuda.

Baca Juga

Di bawah arahan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia berhasil merangsek 20 peringkat dari sebelumnya bertengger di urutan 175 kini menjadi 155 di daftar FIFA.

Meningkatnya ranking FIFA Timnas Indonesia sendiri lantaran performa para penggawa Merah Putih yang dalam beberapa ajang internasional sukses meraih kemenangan.

Mulai dari runner up Piala AFF 2020 di awal tahun ini, hingga keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Baca Juga

Skuat Garuda berhasil lolos dari babak Kualifikasi Piala Asia 2023 setelah mengandaskan perlawanan Nepal di laga terakhir grup A, Rabu (15/06/22) dengan skor 7-0.

Berkat kemenangan besar ini, Timnas Indonesia pun duduk di peringkat kedua grup A dan berhak melaju ke putaran final Piala Asia 2023 dengan status runner up terbaik.

Dibalik kegemilangan penampilan Timnas Indonesia sepanjang tahun 2022, peran Shin Tae-yong sebagai pelatih memang layak diberikan pujian, lantaran berkat tangan dinginnya para penggawa Garuda mampu tampil tak terkalahkan.

Baca Juga

Tak hanya memoles skuat Timnas Indonesia jadi kian berkembang, ternyata tangan dingin Shin Tae-yong juga sukses memaksimalkan potensi para pemain muda asli Tanah Air hingga akhirnya jadi bintang saat ini.

Tercatat ada tiga wonderkid paling bersinar di Timnas Indonesia hasil didikan dari Shin Tae-yong. Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:


1. Asnawi Mangkualam

Aksi Asnawi Mangkualam di leg pertama final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand.

Nama pertama adalah Asnawi Mangkualam. Pemain asal Makassar tersebut memang jadi tumpuan Timnas Indonesia di sektor pertahanan sepanjang era kepelatihan Shin Tae-yong.

Telah jadi pilihan sejak di Timnas U-19 bersama pelatih Indra Sjafri, nama Asnawi Mangkulam semakin bersinar saat Shin Tae-yong berani mempercayainya tampil di skuat senior.

Baca Juga

Sejak tahun 2021, Asnawi Mangkulam tercatat tak pernah absen memperkuat Timnas Indonesia senior baik dalam babak kualifikasi Piala Dunia, Kualifikasi Piala Asia hingga Piala AFF 2020 lalu.

Dari sekian banyak event, gelaran Piala AFF 2020 tampaknya jadi penampilan terbaik Asnawi Mangkualam.

Di mana dalam 8 pertandingan yang dijalani, pemain berusia 22 tahun tersebut mampu mencetak satu gol dan memberikan dua assist.

Baca Juga

Bahkan saking pentingnya peran Asnawi Mangkulam, di gelaran tersebut pelatih Shin Tae-yong berani memberikannya jabatan kapten dan berhasil membawa skuat Garuda yang mayoritas berisi skuat muda lolos ke putaran final.

Gemilangnya bakat Asnawi Mangkulam juga berkat bantuan Shin Tae-yong yang berikan rekomendasi kepada tim Korea Selatan, Ansan Greeners untuk merekrutnya pada 2021 lalu.

Dengan memperkuat Ansan Greeners, gaya bermain serta potensi Asnawi Mangkualam alami meningkatkan dan membuatnya terus jadi pilihan utama di Timnas Indonesia.

Baca Juga

Pratama Arhan
Berikut adalah Pratama Arhan. Pemain berusia 20 tahun tersebut bisa dibilang sebagai harta karun Timnas Indonesia yang berhasil ditemukan oleh Shin Tae-yong.

Bagaimana tidak, diketahui bahwa Shin Tae-yong yang pertama kali memanggil Pratama Arhan ke skuat Timnas Indonesia tepatnya saat melakoni pemusatan latihan di Kroasia tahun 2020 lalu.


2. Curi Perhatian

Selebrasi gol Rachmat Irianto dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait, Rabu (8/6/22).

Arhan tampil perdana untuk Indonesia U-19 di pertandingan persahabatan menghadapi Bulgaria U-19 pada 5 September 2020.

Tak butuh waktu lama, bakat Arhan langsung mencuri perhatian Shin Tae-yong dan langsung memberikannya ban kapten saat menghadapi Makedonia Utara U-19.

Baca Juga

Bersinar di kelompok, tanpa ragu Shin Tae-yong berani memanggil Pratama Arhan ke skuat senior Timnas Indonesia dan menjalani di usia 19 tahun 05 bulan 08 hari saat melawan Oman.

Usai debut, Pratama Arhan pun tak pernah absen bersama Timnas Indonesia dan selalu jadi pilihan utama di lini pertahanan skuat Garuda.

Tercatat, ada 20 pertandingan yang dilakoni Pratama Arhan di skuat senior dengan torehan 3 gol. Pemain jebolan PSIS ini juga jadi salah satu pilar penting dalam keberhasilan timnas lolos Piala Asia 2023.

Rachmat Irianto
Terakhir adalah Rachmat Irianto. Gelandang serba bisa yang tampaknya bakal jadi anak kesayangan kedua Shin Tae-yong setelah Asnawi Mangkualam.

Sama seperti Asnawi Mangkualam, nama Rachmat Irianto juga sempat menghiasi skuat Timnas Indonesia U-19 bersama pelatih Indra Sjafri.

Namun kejelian Shin Tae-yong dalam membaca bakat Rachmat Irianto, membuat pemain berusia 22 tahun ini mampu menembus skuat senior timnas Indonesia.

Di level senior, tangan dingin Shin Tae-yong yang mengubah peran Rachmat Irianto dari seorang bek menjadi gelandang bertahan, ternyata kian membuat nama sang pemain makin bersinar.

Ketangguhannya dalam memutus serangan serta memulai serangan dari lini tengah, kerap jadi senjata timnas untuk melakukan counter attack.

Tak hanya sebagai gelandang, Shin Tae-yong juga sukses memaksimalkan potensi Rachmat Irianto saat memainkannya sebagai wing back kanan.

Terbukti pada gelaran kualifikasi Piala Asia 2023 lalu, Rachmat Irianto yang bermain melebar tampil sangat luar biasa bahkan sukses cetak satu gol serta satu assist saat mengalahkan Kuwait.

Timnas IndonesiaBola InternasionalTRIVIABerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini