x

Kekalahan Bali United Berperan Atas Pesta Gol Kedah FC ke Gawang Wakil Filipina di Piala AFC 2022

Selasa, 28 Juni 2022 16:39 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Para pemain Kedah Darul Aman saat merayakan gol ke gawang Kaya FC Iloilo pada laga lanjutan Piala AFC 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (27/06/22) malam. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Bukan Visakha FC saja yang menang besar. Kedah Darul Aman FC juga pesta gol ke gawang Kaya FC. Kemenangan 4-1 atas wakil Filipina membuka kans lolos ke babak semifinal Piala AFC 2022 zona Asia Tenggara.

Wakil Malaysia tampil ganas pada partai keduanya di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (27/6/22) malam. Pasukan besutan Aidil Sharin mampu bangkit setelah kalah 0-2 dari Bali United.

Baca Juga

Ronald Ngah Wanja jadi bintang dalam laga ini. Pergerakan mantan penyerang Timnas Kamerun ini benar-benar merepotkan lini belakang Kaya FC.

Dengan tubuh besar dan tinggi, Ronald bisa membawa bola tanpa mampu direbut pemain Kaya FC. Umpan-umpannya juga luar biasa.

Satu gol dan dua assists menjadi penebus dosa setelah dia mencetak gol bunuh diri saat lawan Bali United. Gol dicetak Ronald Ngah menit ke-82.

Sementara tiga gol lain dicetak Fayadh Zulkifli Amin menit ke-57 dan 90+3, serta sebiji gol dari pemain asal Jordania, Mahmoud Nayef Almardi menit ke-63. Gol Kaya FC sendiri tercipta pada menit ke-86 lewat sepakan Javier Gayoso.

Baca Juga

Kemenangan ini membuat Kedah punya kans lagi untuk lolos ke babak selanjutnya. Kedah kini punya tiga poin, atau sama dengan Bali United. Sementara peringkat pertama diduduki Visakha FC dengan enam poin.

Pelatih Kedah, Aidil Sharin Sahak, membuka kunci sukses timnya bangkit pada partai kedua. Ternyata, semangat tim berlipat setelah mengetahui Bali United kalah 2-5 dari Visakha FC.

"Itu yang membuat para pemain termotivasi lagi karena peluang kembali terbuka. Kita semangat lagi ketika sebelum laga mendengar Bali United kalah besar dari Visakha," kata Aidil Sharin usai pertandingan.

Baca Juga

Semangat dan motivasi yang berlipat diimbangi konsistensi di lapangan. Meski cukup kesulitan pada babak pertama, Kedah tampil bagus setelah tercipta gol pembuka dari Fayadh Zulkifli.


1. Pelatih Kedah Bersyukur

Pelatih Kedah Darul Aman, Aidil Sharin didampingi perwakilan pemain, Akmal Zahir dalam sesi jumpa pers di Ubud, Kamis (23/6/22). Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

"Alhamdulillah para pemain memberikan yang terbaik. Bersyukur karena para pemain punya effort untuk memenangkan pertandingan ini," tutur pelatih asal Singapura tersebut.

Setelah ini, Kedah akan menghadapi Visakha FC, Kamis (30/6/22). Aidil mengatakan timnya akan memanfaatkan waktu yang sangat sedikit untuk mempersiapkan diri.

Baca Juga

Termasuk salah satu mengevaluasi atas gol yang dicetak Kaya FC pada laga ini. Gol yang dicetak Kaya FC harusnya tak perlu terjadi, namun itu jadi pembelajaran untuk kedepannya.

Baca Juga

"Ini waktunya untuk kita memulihkan kondisi dengan baik dan menantikan pertandingan berikutnya," jelas Aidil.

Jika Kedah menang atas Visakha, lalu Bali United gagal menang atas Kaya FC, Kedah bisa menjadi juara grup dengan keunggulan head to head.

Baca Juga

Sementara jika Kedah FC menang, serta Bali United juga menang, maka perhitungan selisih gol akan jadi acuan.


2. Kekalahan Bali United

Ekspresi para pemain Bali United usai dikalahkan Visakha FC 2-5 dalam lanjutan Piala AFC 2022. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Sebelumnya, Bali United dipermalukan Visakha FC 2-5. Hasil tersebut sungguh diluar dugaan mengingat status Bali United yang lebih diunggulkan ketimbang Visakha FC.

Bali United juga mengawali laga dengan gol cepat lewat Irfan Jaya menit ke-9. Setelah gol tersebut, permainan Bali United justru menurun dengan lini tengah diambil alih Visakha FC.

Penyerang asal Brasil, Paulo Soares mencetak dua gol menit ke-17 dan 63. Kontribusi sama turut dibuat Ouk Sovann dengan torehan dua gol menit ke-45 dan 88.

Satu gol lain dicetak gelandang asal Korea Selatan, Lee Jae-gun. Bali United mencetak gol kedua lewat sepakan jarak dekat Privat Mbarga menit ke-85.

Hasil tersebut menjadi kekalahan terbesar Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, sejak era pelatih Stefano Cugurra Teco.

Bali UnitedBola InternasionalKaya-Iloilo FCPiala AFC 2022Kedah Darul Aman

Berita Terkini