x

Cara Baru Nonton Persija di Laga Tandang Liga 1, Diskusi Sekaligus Liburan

Kamis, 30 Juni 2022 14:59 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
The Jakmania menghadiri pertandingan uji coba antara Persija Jakarta vs Sabah FC, Minggu (05/06/22).

INDOSPORT.COM - Liga 1 musim 2022-2023 akan bergulir akhir Juli mendatang. Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia itu sudah bisa dihadiri langsung para suporter di stadion, baik kandang maupun tandang. 

Khusus untuk mendukung perjuangan tim kesayangan dalam partai tandang, ada cara baru untuk menikmatinya. pengalaman baru itu datang dari Adventour Indonesia. 

Baca Juga

Adventour Indonesia yang bernaung di bawah PT Amanah Wisata Adventour menawarkan seluruh suporter di Tanah Air untuk menjalani tur tandang sambil liburan atau berwisata ke spot-spot wisata yang ada di kota pertandingan.

”Misalnya, Persikabo 1973 bertanding melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur."

Suporter Persikabo 1973 bisa mendukung timnya bertanding sekaligus menikmati liburan di Malang," ujar Direktur Utama PT Amanah Wisata Adventour Amelia Dwi Prayitno. 

Baca Juga

"Kita tahu Malang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi,” imbuhnya.

Amelia menjelaskan, nonton bola sambil berwisata akan memberikan pengalaman baru bagi para suporter. Pengalaman ini dapat menyegarkan pikiran dari penatnya rutinitas harian.

Baca Juga

”Pemerintah Republik Indonesia sedang gencar menggelorakan sport tourism. Ya, itulah mengapa sepak bola dan pariwisata tidak bisa dipisahkan."

Karena itu, kami mencoba menawarkan pengalaman tersebut kepada seluruh suporter di Liga Indonesia,” terang Amelia.


1. Sport Tourism

Anies Baswedan saat menyapa Jakmania di Stadion JIS. Foto: Persija

Founder Adventour Indonesia, Taufiq Ardyansyah menambahkan, ada banyak program untuk menggelorakan sport tourism. Dalam waktu dekat, Adventour Indonesia akan mengadakan diskusi sepak bola. 

Acara tersebut tentu digelar di spot wisata agar para peserta diskusi bisa sekaligus me-refresh pikirannya.

Baca Juga

”Sepak bola Indonesia selalu menarik untuk didiskusikan. Dan, akan lebih menarik lagi jika diskusi dikemas lewat agenda wisata. Pengetahuan dapat, rekreasi juga dapat,” ungkap pria yang juga seorang jurnalis itu. 

Taufiq menerangkan, tema diskusi beragam. Bergantung dengan isu yang sedang hangat terjadi. 

”Misalnya, dinamika yang sedang terjadi di Persija Jakarta. Kita sama-sama tahu Persija sekarang dilatih pelatih asal Jerman Thomas Doll. Pemikiran seorang Thomas Doll menarik untuk didiskusikan,” ucap Taufiq.

Baca Juga

2. Diskusi

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll saat jumpa pers jelang lawan Madura United di Piala Presiden 2022. Foto: Khairul Imam/Persija

Salah satu pemikiran Thomas Doll yang out of the box adalah membagi skuad Persija menjadi dua tim dalam gelaran Piala Presiden 2022. 

Tim pertama diisi pemain-pemain muda plus tiga nama asal Jepang. Lalu, tim kedua diisi kombinasi pemain muda dan senior. 

”Secara hasil pertandingan memang kalah. Tapi, yang menjadi perhatian adalah ada peningkatan performa dari pertandingan ke pertandingan. "

Hal-hal seperti ini sangat menarik jika didiskusikan sambil jalan-jalan,” pungkas alumnus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Persija JakartaThe JakmaniaLiga IndonesiaLiga 1Liga 1 2022-2023Thomas Doll

Berita Terkini