x

Jordi Amat Bikin Kontroversi, Sandy Walsh Malah Asyik Tingkatkan Skill di Klub Belgia

Kamis, 30 Juni 2022 22:55 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Juni Adi
Di tengah huru-hara yang ditimbulkan transfer Jordi Amat, calon rekannya di timnas Indonesia yakni Sandy Walsh sudah cukup fit untuk berlatih di KV Mechelen.

INDOSPORT.COM - Di tengah kegegeran yang ditimbulkan oleh Jordi Amat dengan bergabungnya ia ke Johor Darul Ta'zim, publik seakan lupa dengan calon pemain naturalisasi timnas Indonesia lainnya yakni Sandy Walsh.

Rupa-rupanya pemain kelahiran Belanda itu sudah memulai kembali aktifitas bersama kesebelasan asal Belgia, KV Mechelen, yang sebentar lagi memulai agenda pramusim.

Baca Juga

Ini jelas kabar positif mengingat Walsh pada penghujung musim 2021/2022 lalu sempat absen lama akibat cedera tulang selangka.

Pada akhirnya Walsh tidak bisa mengikuti lima pertandingan play-off yang masih harus dijalani oleh Mechelen karena harus merawat cederanya.

Beruntung kemudian diputuskan tidak perlu ada operasi untuk proses penyembuhan masalah tersebut. Walsh diprediksi bisa pulih lebih cepat.

Baca Juga

Sandy Walsh, bersama Jordi Amat, bahkan sempat mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia pada April 2022 lalu sekaligus merampungkan naturalisasi mereka.

Diketahui pada Rabu (29/06/22) lalu Walsh sudah merampungkan liburan musim panasnya dan kembali melapor ke Mechelen untuk berlatih kembali.

Pada foto yang diunggah oleh Mechelen, tampak cedera Waslh sudah membaik dan bahkan ia diizinkan untuk melakukan latihan beban di gym.

Baca Juga

Netizen tanah air pun dibuat senang oleh postingan tersebut. Mereka ramai-ramai menyampaikan pujian untuk Sandy Walsh yang tidak meniru Jordi Amat dan tetap berkarier di Eropa.

Kontrak sang bek kanan bersama KV Mechelen sebenarnya memang masih sangat panjang. Setelah menandatanganni ekstensi pada Maret tahun lalu, masa bakti Walsh baru habis pada Juni 2025.


1. Batal Dinaturalisasi

Jordi Amat

Pendukung timnas Indonesia sepertinya sangat senang jika punya pemain naturalisasi atau keturunan yang tetap berkiprah di Eropa meski sudah dipanggil Merah-Putih.

Dengan demikian harapannya kualitas skuat dan permainan timnas Indonesia akan naik levelnya. Maka dari itu ketika Jordi Amat memutuskan untuk hijrah dari Belgia ke Malaysia, amarah publik datang.

Baca Juga

Terutama setelah sebelumnya sang bek sentral 30 tahun mengaku masih ingin bermain di Eropa walau kontraknya bersama KAS Eupen usai.

Johor Darul Ta'zim memang bermain di level elite Asia karena ikut serta di Liga Champions Asia namun penyokong timnas Indonesia tetap saja kecewa.

Sebagian dari mereka bahkan membuat kampanye agar PSSI menghentikan proses naturalisasi Amat dan menyisakan Sandy Walsh dan Shayne Pattynama saja.

Baca Juga

Hanya saja Jordi Amat kemudian membuat klarifikasi soal keputusannya bermain di Malaysia. Ia ingin lebih dekat dengan Indonesia dan bukan termotivasi oleh harta.

Toh sudah terlambat untuk menarik proposal pergantian paspor untuk Amat karena ia adalah pemain yang memang diminati pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Baca Juga

Pada Kamis (30/06/22), DPR dilaporkan telah menerima Surat Presiden (Surpres) perkara naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Waslh sekaligus.

Dalam waktu dekat kedua pemain akan segera bisa meresmikan status mereka sebagai WNI dan berhak menerima panggilan ke timnas Indonesia.


2. Media Malaysia Beritakan Sikap Fans Timnas Indonesia pada Jordi Amat

Jordi Amat

Kabar jika Jordi Amat menerima banyak kritik usai memutuskan bergabung dengan Johor Darul Ta'zim rupanya sudah sampai ke Malaysia.

Isu yang beredar jika nantinya proses naturalisasi sang bek tengah akan dihentikan oleh PSSI dan timnas Indonesia pun juga sudah terdengar oleh media negeri jiran.

Salah satunya adalah Vocket FC. Mereka melaporkan bagaimana pergantian paspor Amat bisa saja dibatalkan namun hanya dengan izin dari pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

"PSSI menegaskan mereka tidak akan memberhentikan proses naturalisasi pemain bertahan senior, Jordi Amat kecuali ada permintaan langsung dari juru latih Shin Tae-yong," tulis Vocket FC dalam artikel mereka.

"Pemain kelahiran Spanyol tersebut baru saja disahkan menjadi pemain baru Johor Darul Ta'zim untuk musim ini namun kabar tersebut tidak disukai sebagian besar pendukung timnas Indonesia," tambah mereka lagi.

Baca selengkapnya: Rumor Dihentikannya Naturalisasi Jordi Amat oleh PSSI Akibat Gabung JDT Disinggung Media Malaysia

NaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalJohor Darul Ta'zimSandy WalshBerita Timnas IndonesiaKV MechelenJordi Amat

Berita Terkini

Berita Terpopuler