x

Profil Hokky Caraka, Pencetak 4 Gol Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 vs Brunei

Selasa, 5 Juli 2022 13:30 WIB
Editor: Juni Adi
Bek muda PSS Sleman di Garuda Select, Hokky Caraka Bintang Briliant.

INDOSPORT.COM - Nama Hokky Caraka tengah menjadi sorotan setelah tampil bersinar bersama Timnas Indonesia U-19 melawan Brunei Darussalam di Piala AFF U-19.

Duel seru tersaji di laga kedua babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 antara tuan rumah Timnas Indonesia U-19 vs Brunei Darussalam di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (04/07/22).

Baca Juga

Timnas Indonesia U-19 yang mengincar kemenangan mampu bermain beringas. Mereka unggul 6-0 di babak pertama atas Brunei Darussalam. 

Timnas Indonesia U-19 langsung tampil menggebrak di menit-menit awal. Perbedaan kualitas membuat mereka lebih mendominasi jalannya pertandingan.

Masing-masing gol di babak pertama dicetak oleh Hokky Caraka (4 gol) di menit ke-2, 15', 19', 45'. Sedangkan dua gol lainnya dibuat oleh Ronaldo Kwateh menit ke-12 dan Arkhan Fikri menit ke-20.

Baca Juga

Di babak kedua, Timnas Indonesia U-19 mampu menambah satu gol lagi dari kaki Alfriyanto Nico di menit ke-61.

Skor 7-0 untuk keunggulan Garuda Muda atas Brunei Darussalam bertahan hingga laga usai.

Kemenangan perdana ini membuat Timnas Indonesia U-19 naik ke posisi kedua dengan empat poin, di bawah Thailand dengan enam poin.

Baca Juga

Kekalahan telak ini sejatinya sudah dipahami oleh tim Brunei Darussalam, yang sadar dengan perbedaan kualitas kedua kesebelasan.

Namun itu tak membuat mereka minder dan kemudian memutuskan bermain bertahan. Mereka masih terus berusaha menyerang dan berjuang mencari gol meski sudah tertinggal jauh.

Usai laga, beberapa pemain Brunei tampak memberikan selamat pada pemain Indonesia. Bahkan ada satu pemain yang melambaikan tangannya ke tribune penonton.

Usai pertandingan nama Hokky Caraka menjadi trending topic setelah dirinya berhasil tampil gemilang mencetak empat gol untuk Timnas Indonesia U-19. Seperti apa profilnya?


1. Profil Hokky Caraka

Pemain Timnas Indonesia U-19, Marselino Ferdinan, tengah membawa bola dibayang-bayangi pemain Vietnam di Piala AFF U-19.

Hokky Caraka lahir pada 21 Agustus 2004 lalu. Bakat sepak bolanya terasah ketika ia menimba ilmu di sekolah sepa bola (SSB) Handayani, Gunung Kidulm Yogyakarta.

PSS Sleman yang memantau dan mengetahui bakatnya, langsung merekrut Hokky untuk bergabung ke tim U-16 yang tampil di Elite Pro Academy (EPA) U-16.

Baca Juga

Meski masih muda usia, dia telah promosi ke tim utama PSS Sleman. Dia mendapatkan jam terbang pada Liga 1 2021/2022 lalu dan menjadi salah satu pemain muda yang dapat debut di Liga 1.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong meyakini kalau potensi Hokky Caraka masih bisa berkembang.

Baca Juga

"Hari ini meskipun dia mencetak empat gol, tetapi dia masih banyak kekurangan," kata Shin Tae-yong saat jumpa pers usai pertandingan melawan Brunei Darussalam.

"Dia masih harus lebih banyak belajar untuk ke depannya," lanjut mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.
 


2. Sudah Berpengalaman di Level Internasional

Aksi Marselino Ferdinan di laga Timnas Indonesia U-19 vs Brunei pada lanjutan Piala AFF U-19 2022, Senin (04/07/22).

Penampilan gemilang Hokky Caraka bersama Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 khususnya melawan Brunei Darussalam, tidak lepas dari pengalamannya yang sudah teruji di level internasional.

Hal itu karena Hokky Caraka sudah menimba ilmu di Eropa bersama Garuda Select jilid 3 dan 4, dan juga merasakan atmosfer bertarung di turnamen Toulon 2022.

Selama berada di skuat Garuda Select, pencapaian terbaik pemain 17 tahun ini adalah menjadi top skor Garuda Select jilid empat dengan mencetak total 14 gol.

Statistik tersebut sudah cukup untuk membuat Hokky Caraka jadi andalan di lini depan Timnas Indonesia di Toulon Tournament dan Piala AFF U-19.

Meski di turnamen Toulon dirinya tidak mencetak gol, tapi pelatih mempercayakan Hokky Caraka untuk selalu tampil sebagai starter.

Potensi yang dimiliki Hokky Caraka seagai penyerang tajam juga sempat diakui oleh pelatih Garuda Select, sekaligus mantan pemain Chelsea, Dennis Wise.

"Saya waktu mendapatkan pertanyaan dari tim pelatih, ‘Selain posisi stopper kamu bisanya apa, saya jawab jadi striker," katanya kepada awak media.

"Kemudian saat sesi game, babak pertama jadi stopper kemudian babak kedua di tes jadi striker, alhamdulillah cetak tiga gol."

"Dari situ Dennis Wise makin yakin saya aslinya bukan stopper jadinya dipasang jadi striker," tandas pemain yang saat ini memiliki kontrak bersama klub Liga 1, PSS Sleman. 

Brunei DarussalamTimnas Indonesia U-19Garuda SelectHokky CarakaPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini