x

Punya Training Center Baru Kelas Dunia, Singapura Bikin Minder Timnas Indonesia

Rabu, 6 Juli 2022 11:14 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Prio Hari Kristanto
Singapura bangun training center baru untuk tim sepak bola. Foto: Instagram@fasingapore

INDOSPORT.COM – Asosiasi Sepak Bola Singapura (FAS) kembali mengejutkan dengan mengungkap traning center alias pemusatan latihan mewah terbaru milik mereka. 

Melaui foto-foto yang diunggah oleh @fasingapore melalui Instagram, terlihat sebuah lapangan sepak bola dengan kualitas rumput yang apik.

“Lapangan ini merupakan salah satu lapangan terbaik yang pernah saya mainkan. Sebagai pemain, ada sebuah sensasi yang Anda dapatkan saat menginjak lapangan baru,” ucap Ayu Natasha pemain Singapura U-16.

Baca Juga

“Dan itu membuat Anda ingin meningkatkan permainan Anda juga. Saya pasti menantikan untuk kembali ke sini dengan rekan tim saya untuk sesi pelatihan nanti,” katanya dikutip dari unggahan Instagram @fasingapore.

Ketika Singapura meresmikan training center miliki mereka, hal yang berkebalikan justru terjadi di timnas Indonesia yang dipimpin PSSI.

Sampai saat ini, Timnas Indonesia masih belum memiliki training center resmi yang bisa digunakan oleh para pemain skuat Garuda.

Bahkan pada tahun 2018, Fakhri Husaini sudah pernah mengusulkan agar Timnas Indonesia disediakan tempat pemusatan latihan.

Hal itu kemudian disampaikan lagi oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Meneruskan usulan sebelumnya, ia meminta agar PSSI membuat training center.

Baca Juga

Alih-alih merealisasikan usulan tersebut, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan justru menyampaikan pernyataan yang penuh kontroversi.

Bagaimana tidak, Iwan Bule justru meminta para netizen mengumpulkan uang setelah ia merespons usulan pembuatan training center tersebut.

“Ya kan situasinya baru membaik, dari mana duitnya. Bagaimana kalau netizen kumpulin duit, bareng-bareng kita bikinkan, ya perlu solusi dong," ucap Iwan Bule kepada Tommy.

Baca Juga

"Ya netizen kalau mau bantu saya, urunanlah. Netizen harap mengertilah, apapun yang ada sekarang, training center, kita usahakan,” pungkasnya.


1. Masih Menyewa

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, meninjau Lapangan sepakbola UPI, Kota Bandung, yang akan dijadikan tempat training center (TC) Timnas Indonesia, Senin (13/06/22).

Mendengar pernyataan itu, sontak membuat para suporter kesal. Para pencinta sepak bola Indonesia merasa PSSI tidak mungkin kekurangan dana. Ketum PSSI sendiri belum lama ini memilih melakukan kunjungan ke UPI, Bandung.

Melansir dari laman resmi PSSI, dilaporkan bahwa Mochamad Iriawan pada, Senin (13/06/22) silam melakukan kunjungan ke Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) untuk menindaklanjuti wacana training center.

Pada hari itu, Iwan Bule akan mengadakan pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainuddin Amali untuk menentukan lokasi pemusatan latihan sementara bagi Timnas Indonesia.

Baca Juga

Melalui laman itu, diketahui bahwa pihak kementerian sudah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan UPI.

Lalu setelah melakukan kunjungan ke tempat pemusatan latihan, Iwan Bule mengaku kagum dengan fasilitas olahraga yang di miliki oleh UPI.

“Suatu kemajuan bagi timnas sepak bola kita bisa melaksanakan pemusatan latihan di UPI karena fasilitas utama dan penunjangnya yang lengkap serta,” ujar Iriawan melansir laman PSSI.

Baca Juga

“Yang terpenting adalah semua fasilitas ini bisa digunakan 24 jam, sehingga pemain timnas kita ketika melaksanakan pemusatan latihan tanpa terkendala dengan jam peminjaman dan jam kerja,” jelasnya.


2. Ketum PSSI Ditagih Training Center

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, kembali ditagih soal training center saat memberi dukungan kepada Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-19 akan memulai perjuangan mereka di turnamen kelompok usia U-19 se-Asia Tenggara, Piala AFF U-19 2022.

Berdasarkan drawing, Indonesia berada di Grup A bersama Vietnam, Thailand, Filipina, Myanmar, dan Brunei Darussalam.

Ronaldo Kwateh Cs. akan langsung bersua lawan tangguh yakni Vietnam di laga perdana Piala AFF U-19 2022. Duel panas ini digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi pada Sabtu (02/07/22) pukul 20.30 WIB.

Sehari jelang duel kontra Vietnam, Shin Tae-yong telah mengumumkan 28 pemain yang bakal tampil di Piala AFF U-19 2022. Ia mencoret dua nama yaitu Alex Kamuru (Barito Putera) dan Althaf Indie (Persis Solo).

Baca selengkapnya: Dukung Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022, Ketum PSSI Lagi-lagi Ditagih Training Center

SingapuraTimnas IndonesiaBola InternasionalMochamad IriawanBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini