x

Robert Alberts Soroti Jadwal Kick-off Persib di Liga 1 yang Berlangsung Malam Hari

Kamis, 7 Juli 2022 13:35 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, menyoroti jadwal kick-off pertandingan skuat Maung Bandung di kompetisi Liga 1 musim 2022-2023. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, menyoroti jadwal kick-off pertandingan skuat Maung Bandung di kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Sebagai informasi, dalam draf jadwal pertandingan kompetisi Liga 1 2022-2023, dari 20 pekan Persib lebih banyak bermain pada malam hari yakni 17 laga, dengan waktu kick-off mulai pukul 20.00 hingga 20.45 WIB.

Baca Juga

Menurut pelatih asal Belanda ini, jadwal kick-off pertandingan tersebut sangat tidak logis dan tidak adil, pasalnya pada musim 2021-2022 Persib juga lebih sering bermain pada malam hari.

"Ini isu lain yang perlu dibahas. Jika melihat kami di liga dalam sistem bubble, kami tim yang paling sering bermain malam di Bali

"Kami bisa bermain pukul 10 atau 9.30 malam (WITA) dan itu tidak logis," kata Robert Alberts setelah memimpin latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Rabu (06/07/22).

Baca Juga

Robert Alberts menuturkan, seharusnya dalam menyusun jadwal pertandingan, PT Liga Indonesia Baru (LIB) bisa membagi rata jadwal kick-off, sehingga tidak hanya klub tertentu saja yang bermain pada malam hari.

"Jika tim bermain di kompetisi, waktu kick-off harus dibagi rata setiap timnya. Harus ada azas fair play bagi setiap tim," ungkap Robert Alberts.

Menurut Robert Alberts, ada kerugian yang dialami timnya jika harus bermain pada malam hari, di antaranya waktu istirahat pemain, sehingga recovery pasukannya bakal terganggu.

Baca Juga

Pasalnya, setelah melakoni pertandingan, pemain bakal tiba di hotel pada tengah malam, hal itu berkaca dari pengalaman sebelumnya di kompetisi Liga 1 musim 2021-2022.

"Apa yang terjadi jika di setiap laga bermain 8.30 atau bahkan 8.45 di laga pembuka, kami harus kembali larut malam ke hotel dan keesokan harinya melakukan perjalanan, tentu pemain akan merasa kelelahan," ujarnya.

"Proses recovery-nya akan menderita, dan jika melihat liga kita, pemain harus bertanding pada 4-5 hari berikutnya," jelas Robert Alberts.


1. Harusnya Belajar dari Jadwal Terdahulu

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, menyoroti jadwal kick-off pertandingan skuat Maung Bandung di kompetisi Liga 1 musim 2022-2023. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT.

Jadwal pertandingan pada kompetisi Liga 1 musim 2021-2022, menurut Robert Alberts harusnya menjadi pembelajaran bagi operator kompetisi.

Oleh sebab itu, Robert Alberts menyoroti jadwal pertandingan kick off kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 yang berlangsung pada malam hari dan akan berdiskusi dengan manajemen terkait hal tersebut.

Baca Juga

"Kami sudah melihat dampaknya di Bali. Memang di Bali kami tidak perlu melakukan perjalanan, tapi saat kembali ke hotel, pemain baru mulai bisa tidur jam 3-4," tegasnya.

Sebelumnya, pada turnamen pramusim Piala Presiden 2022, skuat Maung Bandung juga mendapatkan jadwal pertandingan pada malam hari.

Baca Juga

Sementara itu, skuat Maung Bandung setelah tersingkir dari trnamen pramusim Piala Presiden 2022, mulai fokus mempersiapkan diri untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 dengan menggelar latihan.


2. Agenda Uji Coba

Persib juga mengagendakan pertandingan uji coba sebelum tampil di kompetisi Liga 1 musim 2022-2023. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT.

Selain berlatih, tim kebanggaan Bobotoh juga mengagendakan pertandingan uji coba sebelum tampil di kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Robert Alberts menambahkan, beberapa tim yang dibahas dan rencananya bakal menjadi lawan tanding skuat Maung Bandung yakin berasal dari Liga 1 2022-2023, diantaranya Dewa United dan RANS Nusantara.

Meski demikian, mantan pelatih PSM Makassar ini belum menyebutkan jadwal pertandingan uji coba pasukannya di masa persiapan menghadapi kompetisi Liga 1.

"Klub yang kami diskusikan untuk beruji coba adalah Dewa, Persita, Persikabo dan RANS," jelas Robert Alberts.

Lebih lanjut Robert Alberts menuturkan, belum bisa menyebutkan jumlah uji coba yang bakal digelar oleh skuat Maung Bandung sebelum kick-off kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Pasalnya, dia akan melihat dulu tim yang siap beruji coba dengan pasukannya.

"Kami harus melihat dulu berapa tim yang bersedia untuk beruji coba dengan kami. Dan kami juga harus menentukan kapan pertandingan tersebut akan digelar," ujarnya.

"Tapi yang pasti kami menjalin komunikasi dengan klub-klub tersebut dan besar harapannya kami bisa mendapat dua sampai tiga tim untuk tampil pada laga persahabatan," jelas Robert Alberts.

Baca selengkapnya: Liga 1: Persib Bandung Agendakan Uji Coba, Lawan RANS hingga Persita

Persib BandungRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1Robert AlbertsBola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini