x

Leeds United Resmi Rekrut Bintang Muda RB Leipzig untuk Gantikan Kalvin Phillips

Jumat, 8 Juli 2022 02:30 WIB
Penulis: Reni Nur Arifah | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Tyler Adams, pemain RB Leipzig resmi ke Leeds United. Foto: Instagram@tyler.adams

INDOSPORT.COM – Klub Liga Inggris, Leeds United baru saja resmi mendaratkan bintang muda RB Leipzig bernama Tyler Adams di bursa transfer musim panas 2022 ini.

Leeds United menyetujui kontrak berbiaya 20 juta pounds atau sekitar Rp360 miliar dengan RB Leipzig. Tyler Adams akan menggantikan Phillips yang telah bergabung dengan Manchester City dengan biaya sekitar 45 juta pounds atau setara dengan Rp808 miliar.

Baca Juga

Pesepakbola asal New York itu adalah penandatanganan kelima The Whites di jendela transfer musim panas ini. Dirinya telah menghabiskan empat musim terakhirnya.

Baca Juga

Gelandang berusia 23 tahun itu telah membantu Rb Leipzig mencapai semifinal Liga Champions pada tahun 2020 sebelum kalah dari Paris Saint-Germain.

Adams baru reuni dengan bos Leeds, Jesse Marsch, yang memberinya debut senior dalam pertandingan persahabatan pra-musim melawan Chelsea. Ia masih berusia 16 tahun ketika Marsch menjadi kepala pelatih New York Red Bulls.

Mantan pemain New York Red Bulls tersebut menjadi rekrutan musim panas kelima Leeds setelah pembelian Brenden Aaronson sebesar 24.7 juta pounds atau sekitar Rp444 miliar.

Baca Juga

Sebelumnya, Leeds United sudah membeli Marc Roca dari Bayern Munich, Rasmus Kristensen dari Salzburg, dan Darko Gyabi dari Manchester City.


1. Sudah Dekat dengan Sang Pelatih

Jesse Marsch, eks pelatih RB Leipzig. Foto: Reuters/Red Bull Media House

Belum lama ini, The Whites juga sempat mendekati kesepakatan untuk pemain sayap Feyenoord, Luis Sinisterra.

Akan tetapi, ketertarikan mereka dalam mengontrak Adams sangat bisa diprediksi karena pemain asal Amerika Serikat itu lebih dari sekadar mantan pemain Marsch saja.

Ikatan di antara mereka sudah kuat karena ditempa sedari bertahun-tahun yang lalu.

Baca Juga

Hal ini jelas terlihat saat Marsch diwawancarai SkySports pada tahun 2020 silam. Saat itu, ia masih bertanggung jawab atas Red Bull Salzburg.

Topik pembicaraan mau tidak mau bergeser ke Erling Haaland. Namun Marsch segera mengalihkannya dan justru membahas soal Tyler Adams.

“Saya telah bekerja dengan banyak pemain berbakat,” katanya kepada SkySports.

Baca Juga

Marsch menilai bahwa Adams memiliki semangat dan daya saing yang luar biasa. Ia memiliki mental yang tangguh.

"Sejujurnya, pemain pertama yang pernah saya latih dan saya lihat memiliki potensi adalah Tyler Adams. Saat itu ia berusia 15 tahun,”

“Saya melihatnya bermain. Lalu saya berbincang sebentar dengannya setelah pertandingan, dan di situlah saya tahu bahwa ia akan menjadi orang besar.”

Baca Juga

"Ia (Adams) memiliki bakat, memiliki mental dan kecerdasan yang luar biasa. Jelas, ia perlu mendalami bakatnya. Namun setidaknya ia sudah memiliki pola pikir yang matang,” tutup Marsch.


2. Manchester United Kalah dari Leeds untuk Rekrut Adams

Tyler Adams, pemain RB Leipzig. Foto: Instagram@tyler.adams

Manchester United tidak dipungkiri sedang butuh gelandang bertahan baru di bursa transfer musim panas 2022 usai melepas Nemanja Matic ke AS Roma.

Sayangnya salah satu target mereka, Tyler Adams, ditenggarai sudah sangat dekat dengan Leeds United yang notabene adalah rival dan tetangga mereka.

Adams adalah salah satu pemain yang tengah naik daun di posisi 'nomor 6'. Usianya baru 23 tahun dan sudah menunjukkan prospek bagus.

Ia bermain untuk RB Leipzig dan pada musim 2021/2022 lalu membantu Die Roten Bulen menjuarai DFB-Pokal yang jadi trofi pertama klub tersebut sejak 2009.

Saat Manchester United masih mempekerjakan Ralf Rangnick sebagai manajer interim, Tyler Adams sempat diisukan akan mendarat di Old Trafford atas instruksinya.

Baca selengkapnya: Bursa Transfer: Ulah Orang Dalam, Man United Kalah dari Rivalnya untuk Rekrut Penerus Nemanja Matic

Bursa TransferManchester UnitedLeeds UnitedRB LeipzigLiga InggrisBerita TransferBerita Bursa TransferTransfer PemainTyler Adams

Berita Terkini

Berita Terpopuler