x

Tersingkir Dramatis, Ini 3 Catatan Positif Timnas Indonesia Usai Gagal di Piala AFF U-19

Senin, 11 Juli 2022 09:34 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Melihat tiga catatan positif Timnas Indonesia U-19 meski tersingkir secara dramatis dan gagal lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022.

INDOSPORT.COM – Melihat tiga catatan positif Timnas Indonesia U-19 meski tersingkir secara dramatis dan gagal lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022.

Dalam pertandingan terakhir babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022, terdapat dua partai sengit sekaligus penentuan tim yang lolos ke semifinal yakni Vietnam vs Thailand dan Timnas Indonesia U-19 kontra Myanmar, Minggu (10/07/22).

Baca Juga

Timnas Indonesia yang menghadapi Myanmar di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi tersebut berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor telak 5-1.

Gol yang diciptakan oleh pasukan Garuda Nusantara disumbangkan oleh Muhammad Ferrari di menit 18 dan 30, Arkhan Fikri di menit 25, Rabbani Tasnim di menit ke-33, dan Ronaldo Kwateh di menit 72.

Sedangkan satu-satunya gol yang diciptakan oleh Myanmar terjadi di babak pertama melalui kaki dari La Min Htwe di menit ke-7.

Baca Juga

Catatan tersebut terbilang apik, pasalnya Thailand sendiri hanya mampu mencetak tiga gol ke gawang Myanmar dalam laga kedua Grup A Piala AFF U-19 2022.

Namun hasil tersebut tidak bisa membuat skuad Garuda lolos ke fase semifinal ajang tahunan. Hal tersebut karena di laga lain, Thailand dan Vietnam berakhir imbang, dengan skor 1-1.

Satu gol yang diciptakan oleh Thailand dicetak oleh Kroekphon Abram. Sedangkan Khuat Van Khang merupakan pemain yang menyumbangkan satu gol untuk Vietnam.

Baca Juga

Dengan hasil imbang 1-1 tersebut, membuat Thailand dan Vietnam berhak lolos ke semifinal lantaran unggul head to head kontra Timnas Indonesia.

Sementara skuat Garuda Nusantara harus puas finish di peringkat ketiga, meski sama-sama memiliki poin 11 bahkan punya produktivitas gol lebih banyak dari Thailand atau Vietnam.

Meski tersingkir dari Piala AFF U-19 2022, namun perjuangan Timnas Indonesia U-19 tetap layak mendapat apresiasi.

Bahkan selama tampil di babak penyisihan grup, terdapat sejumlah catatan positif yang ditorehkan skuat arahan Shin Tae-yong tersebut. Lantas apa sajakah itu? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:


1. Regenerasi Kiper Berjalan

Para pemain Timnas Indonesia U-19 usai pertandingan melawan Myanmar U-19 di Stadion Patriot, Minggu (10/07/22).

Catatan positif pertama datang dari sektor penjaga gawang Timnas Indonesia yang tampaknya sudah memiliki penerus dari Nadeo Argawinata.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia saat ini mempunyai sejumlah penjaga gawang muda bertalenta dan sukses membawa skuat Garuda bersinar di panggung internasional.

Baca Juga

Selain Nadeo Argawinata yang jadi kiper utama, Timnas Indonesia juga memiliki Muhammad Riyandi, pemain berusia 22 tahun yang sudah catatkan caps senior buat Merah Putih.

Tak cuma dua nama diatas, kehadiran Cahya Supriadi yang masih berusia 19 tahun diprediksi bakal memperpanjang masa regenerasi kiper tangguh Timnas Indonesia.

Selama gelaran Piala AFF U-19 2022, Cahya Supriadi tampil sangat superior di bawah mistar gawang dan membantu Timnas Indonesia tak kebobolan saat hadapi Thailand serta Vietnam.

Baca Juga

Selain itu, Cahya Supriadi juga membawa Timnas Indonesia U-19 jadi salah satu negara yang jumlah kebobolannya paling sedikit di Piala AFF U-19 2022.

Produktivitas Gol
Catatan positif berikutnya datang dari jumlah gol yang dibuat Timnas Indonesia U-19.

Sempat dikritik lantaran gagal menjebol gawang Vietnam dan Thailand, namun selama lima pertandingan penyisihan grup Piala AFF U-19 2022, skuat Garuda Nusantara mampu membuktikan betapa berbahayanya mereka di kotak penalti lawan.

Baca Juga

Total dari lima laga, Ronaldo Kwateh cs berhasil menciptakan 17 gol alias tim yang paling produktif sejauh ini di Piala AFF U-19 2022.

Bahkan Vietnam yang jadi pemuncak klasemen Grup A saja, hanya bisa mencetak 12 gol alias masih kalah lima gol dari Timnas Indonesia U-19.

Hokky Caraka dan Rabbani Tasnim jadi temuan berharga Shin Tae-yong pasca kegagalan Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 kali ini. Pasalnya, dua pemain tersebut mampu mencetak masing-masing 4 gol dan bertengger di puncak top skor sementara.

Dengan kehadiran Hokky Caraka dan Rabbani Tasnim, tampaknya keresahan Shin Tae-yong akan minimnya opsi striker berkualitas di Timnas Indonesia akan bisa terjawab.


2. Tak Pernah Kalah dari Vietnam dan Thailand

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong.

Catatan positif terakhir adalah rekor pertemuan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia saat hadapi Thailand dan Vietnam dalam sebuah kompetisi.

Meski gagal lolos ke semifinal, namun Shin Tae-yong untuk kali pertama sukses membawa Timnas Indonesia tak terkalahkan kala bertemu dua tim kuat ASEAN tersebut.

Baca Juga

Sebagai informasi, Shin Tae-yong yang mengemban jabatan sebagai pelatih Timnas Indonesia di tiga kelompok umur, memang sempat beberapa kali berhadapan dengan Thailand atau Vietnam.

Tercatat, Shin Tae-yong sudah bertemu dengan Thailand dan Vietnam di ajang Piala AFF 2020, SEA Games 2021 serta Piala AFF U-19 2022.

Apesnya, dari dua turnamen pertama Timnas Indonesia besutannya tak sekalipun bisa menghindarkan diri dari kekalahan.

Pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia misalnya, Timnas Indonesia kalah 0-4 dari Vietnam. Tak berselang lama, Timnas Indonesia juga kalah 0-4 dari Thailand di final Piala AFF 2020.

Terakhir pada ajang SEA Games 2021, skuat Timnas Indonesia U-23 juga telan kekalahan 0-3 dari Vietnam di laga perdana fase grup serta 0-1 atas Thailand di babak semifinal.

Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-19TRIVIAPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini