x

Piawai! Tak Seperti Bos Manchester United Sebelumnya, Ten Hag Ungkap Kekuatan Besar Van De Beek

Kamis, 14 Juli 2022 15:34 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
Pemain Manchester United, Donny van de Beek dan Jadon Sancho.

INDOSPORT.COM – Bos baru klub Liga Inggris (Premier League) Manchester United, Erik ten Hag, mengungkapkan kekuatan besar yang dipunyai pesepakbola asal Belanda, Donny van de Beek.

Donny van de Beek kurang waktu bermain sejak didatangkan ke Manchester United pada 2020 lalu. Faktanya hingga saat ini, pemain asal Belanda tersebut hanya tampil sebanyak 50 kali dalam seluruh kompetisi.

Baca Juga

Lebih ngenesnya lagi, Van de Beek hanya mencatatkan 1.836 menit dari 50 kali penampilannya tersebut. Jumlah tersebut terlalu sedikit jika dibandingkan bahkan dengan saat sang pemain masih membela Ajax Amsterdam U-21.

Bersama Ajax U-21, pemain bertinggi 184 cm itu mengoleksi 34 kali penampilan dengan waktu bermain sebanyak 2.603.

Oleh sebab itu, kepindahan Van de Beek ke Manchester United bahkan dianggap oleh publik sebagai penurunan kariernya sendiri.

Baca Juga

Pergantian pelatih dari era Ole Gunnar Solkjaer hingga Ralf Rangnick pun tidak menyelamatkan kariernya yang mana waktu bermain gelandang tengah tersebut tetap saja masih kurang.

Oleh sebab itu, Rangnick bahkan sampai meminjamkan sang pemain ke Everton saat bursa transfer musim dingin. Sayangnya, di bawah asuhan Frank Lampard pun Van de Beek juga kurang waktu bermain di Liga Inggris.

Van de Beek hanya turun dalam tujuh pertandingan selama setengah musim dan hanya mencetak satu gol di pertandingan penutup saat Everton bersua dengan Arsenal.

Baca Juga

Kini, setelah Erik ten Hag ditunjuk sebagai manajer baru Man United, Van de Beek berharap bahwa eks pelatihnya saat di Ajax Amsterdam itu bisa menjadi malaikat penyelamat kariernya.

Di sisi lain, Erik ten Hag mengungkapkan ‘cara menggunakan’ Van de Beek yang mana pelatih Manchester United sebelumnya di Liga Inggris gagal dalam menggunakan potensi bakatnya dengan maksimal. 


1. Bukan sebagai Playmaker Layaknya Bruno Fernandes

Erik ten Hag, pelatih Manchester United. Foto: Reuters/John Sibley

Erik ten Hag akhirnya bereuni kembali dengan mantan anak didiknya, Donny van de Beek, semasa di Ajax Amsterdam. Keduanya pernah bekerja sama sejak tahun 2017-2020 sebelum sang gelandang berlabuh terlebih dahulu ke Old Trafford.

Memang saat dipinjamkan ke Everton, harapan Manchester United bahwa Donny van de Beek bakal lebih banyak mendapatkan waktu bermain di Goodison Park. Sayangnya, harapan Setan Merah dan sang pemain juga tak terkabul.

Baca Juga

Saat ini, gelandang asal Belanda tersebut diikut sertakan oleh Erik ten Hag dalam tur pramusim Manchester United ke Bangkok dan Australia.

Dengan hengkangnya Nemanja Matic, Paul Pogba, Juan Mata, dan Jesse Lingard, seorang jurnalis memberi pertanyaan ke Ten Hag apakah sang pelatih melihat Van de Beek sebagai deep-lying playmaker atau lebih sebagai gelandang serang.

“Dia bisa keduanya. Saya sudah tahu (kemampuannya) itu sebelumnya,” tutur Ten Hag pada konferensi pers di Melbourne.

Baca Juga

“Akan tetapi, kemampuan dan posisi terbaiknya berada di kotak penalti lawan,” sambung Erik ten Hag.

“Bermain sedikit di belakang striker, itulah posisi terbaik nan tepat baginya,” tutup pelatih baru Manchester United tersebut.

Van de Beek sendiri bermain di babak kedua saat Man United mengandaskan Liverpool di tur pramusim yang dihelat di Bangkok, Thailand. Gelandang asal Belanda tersebut bermain lebih berada di depan dari gelandang muda, Charlie Savage dan Zidane Iqbal.


2. 5 Taktik Ten Hag ini Antarakan Man United Menang Atas Liverpool

Erik ten Hag, pelatih Manchester United. Foto: Reuters/John Sibley

Di sisi lain, Erik ten Hag dirasa membawa perubahan di dalam lapangan Manchester United yang mana tidak dapat dihadirkan oleh pelatih Setan Merah sebelumnya.

Manchester United baru saja menang atas rivalnya di Liga Inggris (Premier League), Liverpool dengan skor 4-0 pada laga tur pramusim yang dihelat di Bangkok, Thailand, Selasa (12/0722) malam.

Kemenangan tersebut sekaligus menjadi kemenangan pertama Erik ten Hag setelah didapuk menjadi manajer baru Manchester United.

Erik ten Hag memang dirasa sudah membuat perubahan dasar bagi Manchester United, baik itu di dalam lapangan maupun di luar lapangan.

Ten Hag sendiri dikenal sebagai orang yang cermat dan memiliki manajemen mikro yang bagus pada pemainnya. Serangkaian aturan yang diterapkannya ini diharapkan bakal dipatuhi oleh seluruh anak asuhnya.


Baca selengkapnya: 5 Perubahan Taktik Erik ten Hag Bawa Manchester United Menang Mulus Atas Liverpool

Manchester UnitedLiga InggrisDonny van de BeekErik ten Hag

Berita Terkini