x

5 Perubahan Taktik Erik ten Hag Bawa Manchester United Menang Mulus Atas Liverpool

Kamis, 14 Juli 2022 00:07 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
Pemain Manchester United, Fred merayakan gol kedua ke gawang Liverpool di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Thailand, Selasa (12/07/22).

INDOSPORT.COM – Manchester United baru saja menang atas rivalnya di Liga Inggris (Premier League), Liverpool dengan skor 4-0 pada laga tur pramusim yang dihelat di Bangkok, Thailand, Selasa (12/0722) malam.

Kemenangan tersebut sekaligus menjadi kemenangan pertama Erik ten Hag setelah didapuk menjadi manajer baru Manchester United.

Baca Juga

Erik ten Hag memang dirasa sudah membuat perubahan dasar bagi Manchester United, baik itu di dalam lapangan maupun di luar lapangan.

Ten Hag sendiri dikenal sebagai orang yang cermat dan memiliki manajemen mikro yang bagus pada pemainnya. Serangkaian aturan yang diterapkannya ini diharapkan bakal dipatuhi oleh seluruh anak asuhnya.

Pelatih asal belanda tersebut mengingatkan para penggemar Manchester United dengan pelatih legenda mereka, Sir Alex Ferguson, yang begitu disiplin mengatur anak didiknya.

Baca Juga

Sejak Fergie pensiun, kedisiplinan tersebut perlahan menghilang dalam kubu Manchester United. Penunjukkan ten Hag sendiri diharapkan mampu mengembalikan kedisiplinan yang hilang tersebut.

Ten Hag bahkan sudah memberi tahu para pemainnya jika ada pemain yang kedapatan membocorkan informasi di dalam ruang ganti, sang pelatih tak segan-segan bakal membuangnya dari Old Trafford.

Bahkan, eks pelatih Ajax Amsterdam tersebut sudah membuat lima titah yang harus dipatuhi oleh para pemainnya.

Baca Juga

Titah tersebut, antara lain pemain akan ditepikan jika terlambat latihan atau pertemuan tim, pemain dilarang minum alkohol, harus makan sesuai yang disediakan klub, Indeks Massa Tubuh (BMI) harus dicek setiap bulan, dan jika ingin komplein harus ke Ten Hag, bukan ke agen.

Hal itu adalah perubahan yang diterapkannya di luar lapangan. Selain itu, Ten Hag juga membuat perubahan di dalam lapangan saat melawan Liverpool yang bahkan mengejutkan para penggemar Setan Merah.

Lantas apa sajakah perubahan taktik yang diterapkan Erik ten Hag kala menjamu Liverpool pada tur pramusim kemarin?


1. 5 Transformasi Taktik ala Erik ten Hag

Erik ten Hag, pelatih Manchester United. Foto: Reuters/John Sibley

Pertama adalah formasi yang tetap, tetapi cair. Tidak kaget bila Ten Hag menggunakan formasi 4-2-3-1 - variasi dari 4-3-3 ala Belanda.

Formasi tersebut berjalan dengan Bruno Fernandes didorong lebih maju daripada gelandang bertahan Fred dan Scott McTominay. Sementara itu, penyerang sayap, Marcus Rashford dan Jadon Sancho, bermain lebih dalam dari Anthony Martial.

Baca Juga

Sedangkan formasi yang cair tersebut bekerja dengan cara berganti posisi. Hasilnya, gol Sancho datang dari sayap kiri dan gol solo Martial yang ciamik datang dari lari cepat di sayap kanan. Pemain didorong untuk lebih mudah beradaptasi dan berganti posisi.

Kedua adalah pressing tim yang merupakan isu yang dihadapi Man United selama bertahun-tahun. MU hampir tidak pernah melakukan press secara tim dan malah dua atau tiga orang saja yang melakukannya.

Memang pressing sangat sulit dilakukan dan membutuhkan tingkat kebugaran yang tinggi. Namun, hal tersebut bakal berguna untuk melawan Liverpool ataupun Manchester City nantinya di Liga Inggris.

Baca Juga

Pressing memang penting dilakukan karena taktik tersebut dapat meningkatkan peluang kesalahan pemain lawan sehingga dapat menciptakan peluang gol yang lebih besar.

Namun, sistem ini tetap saja memiliki risiko atau kelemahan tersendiri dengan turn-over cepat dan permainan bola panjang. Akan tetapi, sistem ini tetap dibilang efektif asal dilakukan dengan benar.

Ketiga adalah garis pertahanan yang tinggi. Di mana ada pressing akan selalu ada juga garis pertahanan yang tinggi yang memungkinkan tim untuk menekan sebagai satu dan berlari bersama. Ini terbukti terutama di babak pertama, dengan Raphael Varane memenangkan tekel di tengah lapangan.

Baca Juga

Sebuah indikasi bahwa pemain belakang memang didorong untuk maju. Namun, taktik itu membuat tim berpotensi rentan terhadap bola tinggi dari lawan.

Terlebih lagi, taktik tersebut membutuhkan kewaspadaan penjaga gawang untuk segera menyapu bola serangan balik, sementara juga membutuhkan kecepatan dan kesadaran dari para pemain bertahan.

Selain itu, sistem tersebut akan membantu memungkinkan United untuk mendominasi wilayah selama pertandingan.

Baca Juga

Keempat adalah pergerakan yang kompak. Didorong oleh lini pertahanan yang tinggi, MU lebih kompak sebagai satu kesatuan. Secara alami, ketika pertahanan didorong, garis di antara setiap lini tim berkurang sehingga mereka bisa bermain lebih lancar.

Tekel Varane tadi menghasilkan lemparan ke dalam untuk Man United dan semua 10 pemain mereka maju lebih tinggi dari garis tengah lapangan.

Ini memastikan bahwa lawan mereka tidak akan memiliki waktu untuk menguasai bola dan lebih sedikit ruang untuk bermain di dalam.

Baca Juga

Kelima adalah main dari belakang. Pada saat goal kick terjadi, David De Gea lebih sering melakukan umpan pendek daripada umpan panjang saat MU membangun serangan.

Sebuah hal yang umum bahwa bek bakal berada di dekat kipernya untuk menerima umpan pendek dan bakal mulai membangun serangan dari belakang.


2. Berikut 4 Pemain yang Dirasa Bersinar saat Melawan Liverpool

Pemain Manchester United, Fred merayakan gol kedua ke gawang Liverpool di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Thailand, Selasa (12/07/22).

Dua klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United dan Liverpool berhadapan di laga uji coba pramusim, sejumlah pemain tampil bersinar.

Siapa saja? Manchester United sukses meraih kemenangan telak saat berhadapan dengan Liverpool di laga perdana pramusim keduanya.

Bermain di Rajamangala Stadium, Bangkok, Thailand, Selasa (12/07/22) Manchester United menang dengan skor 4-0. 

Kedua tim langsung menerapkan permain tempo cepat sejak menit awal babak pertama di mulai. Jual beli serangan menghiasi laga panas itu.

Liverpool mendapat peluang pertamanya melalui sepakan keras Luis Diaz dari sisi kiri pertahanan Manchester United menit ke-10.

Baca selengkapnya: 4 Pemain Manchester United yang Tampil Bersinar di Laga Pramusim Lawan Liverpool

Manchester UnitedLiverpoolLiga InggrisTur PramusimErik ten Hag

Berita Terkini