x

Blak-blakan, Bintang Muda Manchester United Sebut Taktik Pressing Rangnick Menyulitkan

Minggu, 17 Juli 2022 14:55 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
Bintang muda Manchester United, Anthony Elanga, blak-blakan mengakui tak bisa melakukan pressing yang diusung oleh eks pelatih, Ralf Rangnick.

INDOSPORT.COM – Bintang muda Manchester United, Anthony Elanga, blak-blakan mengakui tak bisa melakukan pressing yang diusung oleh eks pelatih, Ralf Rangnick.

Sebelumnya, Manchester United bisa dibilang hancur lebur saat menjalani Liga Inggris (Premier League) musim lalu.

Baca Juga

Awalnya, para penggemar begitu percaya diri bahwa Man United bisa bersaing untuk gelar juara Liga Inggris mengingat klub kesayangan mereka mampu finis di posisi kedua.

Tambahan pemain, seperti megabintang Cristiano Ronaldo, eks bek bintang Real Madrid, Raphael Varane, dan mantan bintang Borussia Dortmund, Jadon Sancho, membuat para fans makin mendambakan gelar Liga Inggris ke-21 mereka.

Sayangnya, bukan harapan bahagia yang didapat oleh para penggemar, melainkan penderitaan yang serasa tiada berakhir. Pasalnya, Manchester United terseok-seok pada hampir setiap pertandingan.

Baca Juga

Bahkan, setelah dibantai 4-1 oleh Watford, Man United akhirnya memecat Ole Gunnar Solkjaer. Sementara itu, raksasa Inggris tersebut menunjuk Ralf Rangnick sebagai pengganti manajer asal Norwegia itu.

Ralf Rangnick yang terkenal sebagai ‘Father of Gegenpressing’ juga sempat menaikkan harapan para penggemar Man United bahwa timnya setidaknya bisa bersaing untuk tiket Liga Champions musim depan.

Namun, harapan para penggemar pupus usai pelatih asal Jerman itu juga tidak bisa apa-apa untuk menyelamatkan Manchester United dari keterpurukan.

Baca Juga

Malah banyak penggemar sepak bola menyindir Rangnick tidak mengimplementasikan ‘Gegenpressing’, tetapi ‘Gegendepressing’ lantaran permainan MU membuat fansnya depresi.

Anthony Elanga kini mengungkapkan mengapa pressing yang diminta Ralf Rangnick tidak berhasil dijalankan oleh para pemain Manchester United.


1. Kurang Bugar adalah Penyebab Utama

Selebrasi pemain Manchester United, Anthony Elanga usai mencetak gol di Liga Champions. Foto: REUTERS/Juan Medina

Dilansir dari Mirror, Anthony Elanga, mengakui bahwa skuad Manchester United kurang bugar musim lalu kendati eks manajer interim mereka ingin mengubah raksasa Liga Inggris tersebut menjadi ‘pressing monster’.

Anthony Elanga bahkan mengatakan bahwa skuad Manchester United saat ini jauh lebih bugar dari sebelumnya karena mereka juga benar-benar percaya dengan filosofi Erik ten Hag.

Baca Juga

Bahkan pemain asal Swedia ini juga memuji kedatangan Ten Hag atas kemenangan baru-baru ini melawan Liverpool dan Melbourne Victory dengan mengeklaim bahwa seluruh tim dapat melakukan pressing sekarang di bawah manajer baru.

“Kami tahu bahwa kami tak bugar musim lalu,” terang Elanga kepada Mirror, “Saya pikir kami lebih bugar musim ini (sehingga kami bisa) baik lebih bekerja sebagai tim, melakukan pergerakan tanpa bola, maupun menggiring bola.”

“Elemen berlari dan menekan itu memang sangat penting. Itu adalah salah satu hal yang diterapkan oleh pelatih dan kami benar-benar memercayai (filosofinya).”

Baca Juga

“Saya merasa seluruh tim bisa menekan. Semuanya sudah tertanam dalam pikiran - jika Anda ingin melakukannya, Anda bisa melakukannya. Ini adalah gaya baru yang kami miliki. Ini berbeda sekarang (dari yang dahulu)."

Penyerang sayap Setan Merah tersebut sekali lagi memuji pelatih asal Belanda tersebut karena telah mengubah pola piker para pemain di Manchester United. Kini semua pemain ingin memikat hati eks pelatih Ajax Amsterdam tersebut.

“Saya merasa semua pemain ingin tampil mengesankan, terutama sekarang kami memiliki manajer baru, sistem baru, dan gaya baru. Sangat penting bagi semua pemain mencoba untuk memikat hati (Ten Hag) dan hal itu dimulai di pramusim,” kata Anthony Elanga.

Baca Juga

“Saya ingin bisa membawa permainan saya ke level berikutnya. Saya ingin membangun apa yang saya lakukan musim lalu dan membuatnya lebih baik. Ketika saya mengatakan bawa permainan saya ke level berikutnya, saya ingin bisa mencetak lebih banyak gol dan membuat lebih banyak assist,” kata Elanga saat ditanya mengenai apa tujuan pribadinya untuk musim depan.

“Saya ingin berdampak dalam permainan, menjadi pemain berbahaya, menjadi starter untuk United, yang menurut saya adalah mimpi bagi setiap pemain muda yang datang dari akademi.”

“Itulah yang saya coba capai. Saya hanya ingin terus melakukan apa yang saya lakukan, dan bekerja lebih keras lagi,” tutup pemain muda Swedia tersebut.


2. Sosok di Balik Bergabungnya Eriksen dengan Man United

Pemain Brentford, Christian Eriksen saat diperkenalkan kepada penggemar. Foto: Reuters/Peter Cziborra

Di sisi lain, Christian Eriksen mengakui terkesan dengan Erik ten Hag sehingga dirinya tak ragu terima tawaran dari raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United.

Raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United, baru saja mendatangkan Christian Eriksen pada bursa transfer musim panas ini.

Kabar resminya Christian Eriksen berseragam Manchester United diumumkan melalui Instagram klub berjulukan Setan Merah pada Jumat (15/07/22) malam WIB.

"Christian Eriksen is a RED," tulis Instagram resmi Manchester United.

Bergabungnya Christian Eriksen di skuat asuhan Erik ten Hag memang sudah ramai menjadi buah bibir sejak minggu lalu. Sang gelandang akhirnya menolak tawaran kontrak baru yang disodorkan oleh klub Liga Inggris lain, yakni Brentford.

Baca selengkapnya: Ciamik! Ternyata Orang Ini Jadi Alasan Christian Eriksen Mau Gabung Manchester United

Manchester UnitedLiga InggrisRalf RangnickAnthony Elanga

Berita Terkini