x

Daftar Tim yang Jadi Supplier Mengirim Pemain Terbanyak ke Timnas U-16 di Piala AFF U-16

Minggu, 17 Juli 2022 22:46 WIB
Editor: Juni Adi
Timnas U-16. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Berikut tim-tim yang menyumbang pemain mudanya ke Timnas Indonesia U-16 untuk Piala AFF U-16 2022. Siapa paling terbanyak?

Publik sepak bola Indonesia akan kembali dimanjakan tontonan menarik dari sektor olahraga. 

Baca Juga

Setelah gelaran Piala AFF U-19 2022, Indonesia akan kembali menggelar turnamen sepak bola antar negara Asia Tenggara kelompok umur lebih muda, Piala AFF U-16 2022.

Rencananya Piala AFF U-16 2022 akan digelar mulai Minggu (31/07/22) hingga Jumat (12/08/22) mendatang. Yogyakarta ditunjuk oleh pihak penyelenggara sebagai tempat pertandingan.

Dua stadion yang akan digunakan adalah Stadion Maguwoharjo (Sleman) dan Stadion Sultan Agung (Bantul).

Baca Juga

Ini merupakan kali kedua bagi Indonesia menjadi tuan rumah Piala AFF U-16 sejak empat tahun lalu. Terakhir kali menjadi tuan rumah pada edisi 2018.

Kala itu Timnas Indonesia U-16 asuhan Fakhri Husaini keluar sebagai juara usai menggalahkan Thailand di final dengan skor 4-3 di Kota Sidoarjo, Jawa Timur.

Setelah itu, Timnas U-16 Indonesia belum mampu lagi jadi kampiun. Pada edisi 2019, Timnas Indonesia U-16 hanya mampu finis di peringkat ketiga.

Baca Juga

Diharapkan tuah tuan rumah empat tahun lalu kembali menaungi Timnas Indonesia U-16 asuhan pelatih Bima Sakti.

Agar bisa lagi merebut gelar juara dan menghapus luka masyarakat Tanah Air, yang kecewa dengan kegagalan Timnas Indonesia U-19.

Timnas Indonesia U-16 sendiri tergabung di Grup A Piala AFF U-16 2022 bersama Vietnam, Singapura, dan Filipina.

Pertandingan perdana Timnas Indonesia U-16 akan bergadapan dengan Filipina, kemudian di laga kedua melawan Singapura, dan pamungkas melawan Vietnam.

Seluruh pertandingan Timnas U-16 Indonesia bakal digelar pada malam hari di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Bima Sakti selaku pelatih kepala juga sudah melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari. Sebanyak 30 nama dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan di Yograyakarta sebelum ajang Piala AFF U-16 2022 dimulai.


1. Persija Sumbang Paling Banyak

Timnas U-16. Foto: PSSI

30 pemain disiapkan oleh pelatih Bima Sakti dalam TC bulan Juli ini, mereka rata-rata adalah para pemain yang juga pernah mengikuti TC di bulan sebelumnya.

Untuk diketahui, tim ini terakhir melaksanakan TC pada bulan April 2022 di Stadion Madya, Senayan dengan menggunakan 40 pemain.

Baca Juga

“Alhamdulillah tim U-16 bisa kembali mengadakan pemusatan latihan lanjutan di bulan Juli," tutur Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

"Saya berpesan kepada pemain, untuk selalu semangat dan kerja keras dalam latihan. Ini juga sebagai persiapan jelang AFF U-16, jadi saya mau mereka maksimal,” sambungnya.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada UNY karena sudah menyiapkan lapangan latihan bagi anak-anak saya ini,” lanjutnya.

Baca Juga

Untuk edisi Piala AFF U-16 kali ini, skuad Timnas Indonesia U-16 telah berganti era dari pemain-pemain terakhir di bawah komando Fakhri Husaini.

Beberapa nama di antaranya bahkan menjadi debutan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-16 salah satunya adalah Ji Da Bin.

Sementara itu untuk tim yang paling banyak menyumbang pemainnya ke Timnas Indonesia U-16, di tempati oleh Persija Jakarta di urutan teratas.

Baca Juga

Macan Kemayoran total menyumbang lima pemain. Mereka adalah Ibnu Yazid Al Mustaufiz, Figo Dennis Saputrananto, Femas Aprian Crespo, Muhammad Sultan Akbar, dan Wally Ma’rifat.

Kelima pemain tersebut saat ini sedang mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-16 di Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). TC berlangsung sejak Senin (11/7) kemarin, dan akan rampung pada 28 Juli 2022.

Posisi bermain Figo Dennis, Femas Aprian Crespo, dan Muhammad Sultan Akbar adalah gelandang. Sementara Yazid Al Mustaufiz beroperasi sebagai bek, dan Wally Ma’rifat merupakan striker.

Kelima pemain tersebut sebelumnya juga dipanggil pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman ke TC periode April 2022, di Stadion Madya, Senayan, Jakarta. Ketika itu, juru taktik berusia 46 tahun tersebut memanggil 40 pemain.

“Saya sangat bersyukur bisa dipercaya kembali untuk membela Timnas Indonesia U-16. Saya sangat siap untuk mengikuti TC," tutur Figo Dennis, disadur dari laman klub.

"Mudah-mudahan bisa memberikan yang terbaik dan mengharumkan nama Indonesia,” imbuhnya.


2. Disusul Borneo FC

Timnas U-16. Foto: PSSI

Selain Persija, ada Borneo FC. Tim berjuluk Pesuta Etam itu menyumbang total lima pemain ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16 untuk Piala AFF U-16 2022.

Mereka adalah Ridzar Nurviat Subagja, Narendra Tegas Islami, Muhammad Yanuar Sanusi serta Muhammad Kafiatur Rizky, dan M. Ridho Al Ikhsan.

Baca Juga

Lima pemain itu akan bersaing dengan 36 nama lainnya agar bisa masuk tim utama yang tampil di Piala AFF U-16 2022 dan Kualifikasi Piala Asia U-17.

"Jelas kami bangga dengan pemanggilan para pemain muda tersebut. Sebab ini membuktikan pembinaan yang kami lakukan tak pernah sia-sia,” ujar Presiden Borneo FC, Nabil Husein.  

Baca Juga

Nabil Husein mengapresiasi kesempatan yang didapat empat anak muda itu. Dia berpesan, agar pemain masa depan Pesut Etam menampilkan yang terbaik selama pemusatan latihan Timnas U-16.

"Paling tidak pemain yang dipanggil menjalani seleksi, akan mendapatkan pengalaman berharga. Mereka bisa melihat ketatnya persaingan di level nasional jika ingin menjadi pemain profesional," imbuhnya.

Baca Juga

Lebih lanjut, pengusaha batu bara itu menegaskan tak masalah apabila empat pemain itu belum bisa tembus tim utama Timnas U-16.

Panggilan ikut pemusatan latihan saja sudah merupakan kesempatan emas bagi Yanuar Sanusi dkk.

"Paling tidak ada satu atau dua pemain terpilih. Itu sih harapan saya," harap Nabil.

 Berikut Daftar Tim yang Menyumbang Pemainnya ke Timnas Indonesia U-16:

Persija Jakarta: 5 Pemain

Borneo FC: 5 Pemain

Persib Bandung: 3 Pemain

PSM Makassar: 2 Pemain

Bali United: 2 Pemain

Golden Soccer Blitar: 1 Pemain

PPLOP Jawa Tengah: 1 Pemain

PSS Sleman: 1 Pemain

Golden Soccer Blitar: 1 Pemain

PPLOP Jawa Tengah: 1 Pemain

Madura United: 1 Pemain

Persis Solo: 1 Pemain

PPLP Sumbar: 1 Pemain

ASIOP Football Academy: 1 Pemain

PSSA Asahan: 1 Pemain

Bhayangkara FC: 1 Pemain

Bandung Pro United: 1 Pemain

PPSP Punggur United: 1 Pemain

Cipta Cendekia: 1 Pemain

Asifa Malang: 1 Pemain

Persija JakartaBorneo FCTimnas Indonesia U-16Bima SaktiBola InternasionalPiala AFF U-16 2022

Berita Terkini