x

Kejutan! Indonesia Junior Soccer League Bekuk Tim Terbaik Swedia di Gothia Cup U-12

Selasa, 19 Juli 2022 10:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Skuat Indonesia Junior Soccer League (IJSL) yang berkompetisi di Gothia Cup Swedia U-12.

INDOSPORT.COM - Skuat Indonesia Junior Soccer League (ISJL) sukses membekuk tim kasta teratas Liga Swedia, Helsingborgs IF, dalam kompetisi Gothia Cup Swedia U-12.

Indonesia Junior Soccer League (ISJL) membuat kejutan di laga perdana mereka di Gothia Cup Swedia U-12. Mereka berhasil mengandaskan tim kasta teratas Swedia.

Baca Juga

Tampil menghadapi tuan rumah, Senin (18/7/22) kemarin, skuat asal Indonesia justru tampil dominan dan menang 4-1.

Ilham Bakti Riskiawan yang membuka keunggulan, kemudian disusul oleh Rifky Ahmad Khadafi, dan Oksal Kristian Gani.

Ilham Bakti Riskiawan kembali melengkapi keunggulan dengan satu gol penutup, dan skuat Merah Putih akhirnya menang 4-1 atas tim terbaik Swedia, Helsingborgs IF.

Baca Juga

Sekadar informasi, Ilham Bakti Riskiawan adalah gelandang jebolan klub Satria Cipta FC. Sedangkan Rifky Ahmad Khadafi ialah winger jebolan klub Jak Soccer di Jakarta.

Hanya Oksal Kristian Gani yang berposisi sebagai striker murni, dan menjebloskan golnya ke gawang tim Swedia itu. Oksal merupakan pemain jebolan Sentul City SS.

Baca Juga

Sebagai catatan, hanya ada 15 pemain muda yang lolos seleksi ketat dan akhirnya dapat berseragam Indonesia Junior Soccer League (ISJL) di Gothia Cup Swedia U-12.

Mereka didampingi oleh pelatih berlisensi, Gilang Ramadhan, dan dilepaskan menuju Swedia oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, Selasa (12/07/22) kemarin.


1. Menpora: Mereka Bibit Timnas Indonesia

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali saat Kongres Biasa PSSI 2022 di The Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Senin (30/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Dalam laporan Wunderkid, skuat Indonesia Junior Soccer League (ISJL) yang tampil di Gothia Cup Swedia U-12, harus melakoni seleksi ketat sampai akhirnya terpilih.

"15 pemain ini merupakan hasil dari proses seleksi dari 56 kandidat yang bermain di Indonesia Junior Soccer League U-12."

Baca Juga

"Kriteria penilaian cukup ketat, termasuk kebugaran, pemahaman taktik hingga teknik menjadi salah satu dari banyaknya faktor penilaian talent scout di lapangan."

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali juga berharap pemain ini terus dijaga, karena merekalah yang akan menjadi tulang punggung Timnas Indonesia di masa depan.

Baca Juga

"Usianya masih relatif muda 11-12 tahun sehingga kira-kira sepuluh tahun kedepan anak-anak ini bisa jadi bagian dari Timnas Indonesia," ungkap Zainudin Amali.

Menpora juga turut mengapresiasi pihak Indonesia Junior Soccer League (ISJL) yang ikut mendorong pembinaan sepak bola usia muda dan langganan main di Gothia.

Baca Juga

"Terima kasih kepada Pak Bob Hippy dan semua tim IJSL yang tidak henti-hentinya melakukan pembinaan dan mendorong, menemukan talenta muda dari Tanah Air."

Pada ajang Gothia Cup Swedia U-12 yang berlangsung pada 17-23 Juli, tim Indonesia Junior Soccer League tergabung di grup R bersama satu tim Jerman dan dua tim tuan rumah.


2. Skuat IJSL di Gothuia Cup U-12

Skuat Indonesia Junior Soccer League (IJSL) yang berkompetisi di Gothia Cup Swedia U-12.

Kiper:
Anthony Dominic - EDF La Liga VamosKiper
Hesyam Rusyidi - Putra Pakuan

Bek:
Azka Ghaisan Prayogi - Farmel Isvil FA
Abdullah Azzam - Saint Prima
Fathoni Mada Jaya Rusmana - BIMBA FC
Awaludin Apriansyah Pratama - Tambelang
Muhammad Fatih Fadillah - Cibinong Raya

Gelandang:
Razlya Putra Setiawan - Sukabumi FA
Ilham Bakti Riskiawan Satria - Cipta FC

Winger:
Muhamad Bilal Hidayatullah - Oneway SS
Rifky Ahmad Khadafi - Jak Soccer
Risman Umasugi - Kabomania Muda SS
Moh Ramadhani Albisri - Akademi Persib Bogor

Striker:
Oksal Kristian Gani - Sentul City SS
Raushan Dzakhwan Fakhrizi - Saint Prima

SwediaKementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)MenporaBola InternasionalGothia CupBakat Muda IndonesiaPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriZainudin Amali

Berita Terkini