x

Pelatih Ansan Greeners Beri Respons Mengejutkan Usai Lihat Gol Debut Asnawi di Korea

Minggu, 24 Juli 2022 11:55 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Ansan Greeners, Lim Jong Heon, melemparkan pujian kepada Asnawi Mangkualam yang mencetak gol debut saat mengalahkan Gimpo FC, Sabtu (23/07/22).

INDOSPORT.COM – Pelatih Ansan Greeners, Lim Jong Heon, melemparkan pujian kepada Asnawi Mangkualam yang mencetak gol debut saat mengalahkan Gimpo FC dalam laga lanjutan K-League 2, Sabtu (23/07/22).

Asnawi berhasil mencetak gol perdana bersama Ansan Greeners saat mereka menang 3-1 atas Gimpo FC di Stadion Ansan Wa.

Baca Juga

Keberhasilan Asnawi Mangkualam mencetak gol pada laga tersebut membuat Ansan berhasil menggaransi tiga poin tuan rumah.

Pada laga tersebut, Asnawi sendiri bermain penuh. Artinya, Asnawi bermain sepanjang 90 menit pertandingan berjalan.

Penampilan apiknya menjadi istimewa karena disaksikan banyak pencinta sepak bola asal Indonesia yang datang langsung ke stadion.

Baca Juga

Tak hanya pendukung asal Indonesia saja. Sosok spesial juga turut hadir mnyaksikan pertandingan tersebut, yakni pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

“Banyak fans Indonesia yang datang. Asnawi mencetak gol dan menikmati permainan dalam suasana yang meriah. Sebuah kemenangan yang bagus,” ujar Jong Heon usai laga dikutip dari Sportal Korea.

Lim Jong Heon juga mengatakan bahwa Asnawi memang bekerja keras selama sesi latihan. Kerja keras itu terbayar dengan penampilan bagus di lapangan.

Baca Juga

Wakil kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 itu bahkan terus dipercaya Jong Heon bermain sejak menit pertama.

“Dia banyak berlatih. Dia berlatih posisi bertahan atau saat duel satu lawan satu. Posisinya juga memungkinan untuk aktif berpartisipasi membantu serangan. Saya juga mengatakan bahwa posisi bek sayap di posisi dia bisa mencetak gol,” kata Jong Heon.


1. Tak Hanya Pelatih, Media Malaysia Turut Puji Asnawi

Pemain Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar gagal mencetak dalam adu penalti. Foto: REUTERS/Chalinee Thirasupa

Gol perdana yang dicetak bintang Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualan untuk K-League 2, Ansan Greeners, tak hanya membuat sang pelatih terpukau.

Dikabarkan media Malaysia, Main Bola, juga turut terpukai atas prosesi gol yang berhasil disarangkan oleh Asnawi Mangkualam.

Baca Juga

Dalam judul pemberitaan mereka yang terbit selepas laga, media itu menulis “Asnawi Hebat, Cetak Gol Pertamanya di Korea Selatan.”

Media asal Malaysia tersebut juga memaparkan proses gol yang dicetak Asnawi pada liga tersebut. Asnawi sendiri mencetak golnya pada menit ke-88.

“Asnawi yang beraksi di posisi sayap kanan membuat Ansan Greeners menjaringkan gol tersebut pada menit ke-88 permainan yang seterusnya menentukan kemenangan 3-1 Ansan Greeners ke atas Gimpo FC,” tulis media tersebut.

Baca Juga

“Gol tersebut tercipta selepas Asnawi menerima umpan dari Kim Kyung Jun. Dia kemudian melakukan dribel pendek di sisi kanan sebelum melepas tembakan kaki kiri,” lanjut Main Bola dalam ulasannya.

Seperti diketahui, pada Sabtu (23/07/22) malam WIB, Ansan Greeners yang diperkuat Asnawi meraih kemenangan 3-1 atas Gimpo FC pada lanjutan pekan ke-28 K-League 2 atau liga divisi kedua di Korea Selatan.

Menghadapi Gimpo FC yang bertengger di urutan ke tujuh klasemen, Asnawi Mangkualam langsung dipasang sebagai starter.

Baca Juga

Bermain dengan formasi 4-3-3, Asnawi akhirnya berada di posisi terbaiknya yakni sebagai bek sayap kanan dan bertandem dengan Jun-Hee Lee di sisi sebaliknya.


2. Asnawi Susul Jejak Legenda Timnas Indonesia

Irfan Bachdim saat bermain di J. League

Ricky Yacobi memang bisa bikin satu gol dari enam penampilannya namun kala itu liga Jepang statusnya baru semi-pro. Label profesional baru bisa dipamerkan J.League pada 1992 silam.

Kemudian ada juga Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly yang masih sama-sama aktif merumput hingga kini.

Keduanya pernah berbaju Consadole Sapporo, khusus Irfan ditambah Ventforet Kofu, dan mendapat menit bermain juga tetapi gol gagal disarangkan.

Baca Selengkapnya: Media Malaysia Terpukau Lihat Gol Perdana Asnawi Mangkualam di Korea Selatan

Korea SelatanBola InternasionalAsnawi Mangkualam BaharK-LeagueAnsan GreenersOne Football

Berita Terkini