x

Bukan Hanya Lisandro Martinez, 5 Bek Ini Juga Tampil Brilian Meski Berpostur Mungil

Senin, 25 Juli 2022 16:53 WIB
Editor: Isman Fadil
Pemain Baru Manchester United di Liga Inggris (Premier League), Lisandro Martinez

INDOSPORT.COM - Lisandro Martinez menjadi rekrutan anyar klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United usai direkrut dari Ajax Amsterdam dengan bandrol senilai 50 juta euro atau sekitar Rp764 miliar.

Sempat bersaing dengan Arsenal dalam perburutan tanda tangannya, akhirnya bek mungil ini berlabuh ke Old Trafford dikarenakan faktor kehadiran Erik ten Hag sebagai pelatih.

Baca Juga

Kehadiran Martinez diyakini Erik ten Hag akan membuat pertahanan Manchester United akan menjadi jauh lebih solid.

Namun, bek asal Argentina ini menjadi obrolan di media sosial. Bagaimana tidak, dengan stigma bahwa bek harus berpostur tinggi, Lisandro Martinez hanya memilik tinggi badan 175 cm.

Baca Juga

Dengan tinggi badannya tersebut, Lisandro Martinez menjadi salah satu bek tengah yang bertubuh mungil di Liga Inggris.

Memiliki postur yang mungil bukan berarti akan kesulitan bermain sebagai bek tengah yang sering dianggap harus memiliki postur tinggi.

Baca Juga

Beberapa bek ini telah membuktikannya terlebih dahulu, bahkan ada yang berhasil menyabet penghargaan Ballon d’ Or. Siapa saja mereka?


1. 1. Fabio Cannavaro

Fabio Cannavaro saat menjuarai Piala Dunia 2006 bersama Timnas Italia.

Fabio Cannavaro bukan hanya menjadi bek tengah berpostur mungil yang sukses, tetapi juga dianggap sebagai legenda sepak bola Italia.

Dengan postur badannya yang hanya memiliki tinggi 176 cm, Fabio Cannavaro justru sukses menjadi kapten Timnas Italia dan menjuarai Piala Dunia 2006.

Baca Juga

Pemain kelahiran kota Napoli ini juga diminati dan membela klub-klub besar selama masa karirnya, seperti Juventus, Real Madrid, dan Inter Milan.

Karena permainannya yang luar biasa saat membela Timnas Italia di Piala Dunia 2006, Canavaro berhasil menyabet lebih dari 10 penghargaan individual.

Penghargaan yang berkesan baginya adalah FIFA World Player of The Year dan Ballon d’Or, sebuah penghargaan yang jarang diraih oleh seorang bek.

Hingga saat ini, Cannavaro menjadi bek tengah yang terakhir kali mendapatkan penghargaan Ballon d’Or yang saat ini lebih banyak dimenangkan oleh penyerang.

Baca Juga

2. Carles Puyol

Mantan bek Timnas Spanyol dan Barcelona ini dianggap sebagai salah satu bek tengah terbaik dunia dan juga legenda sepak bola.  

Dengan tinggi hanya 178 cm, Carles Puyol didaulat menjadi kapten Timnas Spanyol dan juga Barcelona sepanjang masa kariernya.

Komitmennya dalam mengomandoi lini belakang Timnas Spanyol berhasil membawa timnya menjuarai Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Momen yang juga tak akan terlupakan saat Piala Dunia 2010 adalah saat ia menjadi penentu kemenangan saat semifinal melawan Jerman dengan gol sundulannya dari skema corner kick.

Pada level klub, Charles Puyol berhasil meraih 20 gelar Bersama Barcelona. Gelar ini berupa 5x juara La Liga Spanyol, 3 Champions League, dan 2x FIFA Club World Cup.

Baca Juga

3.  Javier Mascherano

Bek asal Argentina ini juga disebut sebagai bek tengah tersukses meski hanya memiliki postur badan yang mungil.

Saat menjalani musimnya di Liverpool pada tahun 2007-2010, Mascherano menjalani karir yang menjanjikan saat ia ditempatkan sebagai gelandang tengah.

Namun ketika ia menginjakkan kakinya di Barcelona pada tahun 2010, ia justru ditempatkan sebagai bek tengah dikarenakan kebutuhan pelatih pada masa itu.

Dengan tinggi hanya 174 cm, Mascherano bermain sebagai bek tengah saat mengalahkan Manchester United pada final Liga Champions tahun 2011.

Bersama dengan Barcelona, ia berhasil mempersembahkan 19 gelar, berupa 5 trofi LaLiga dan 2 trofi Liga Champions.

Javier Mascherano memutuskan untuk gantung sepatu pada 2020 usai terakhir memperkuat klub asal Argentina, Estudiantes De La Plata.


2. 4. Federico Dimarco

Duel Federico Dimarco dengan Mario Pasalic

Federico Dimarco merupakan bek sayap mungil asal Italia yang juga merupakan jebolan dari akademi Inter Milan. Dia menjalani debutnya sebagai pemain profesional pada tahun 2014.

Sempat dipinjamkan ke beberapa klub seperti Ascoli, Empoli, Parma, hingga Hellas Verona, Dimarco akhirnya kembali ke Inter Millan dan dipercaya untuk mengisi lini bertahan Inter Milan.

Memiliki tinggi badan 17 cm, pemain kidal ini telah menorehkan prestasi sejak menjalani karirnya di level junior.

Bersama dengan Inter Milan, Federico Dimarco berhasil meraih title Coppa Italia pada musim 2021-2022.

5. Franco Baresi

Legenda timnas Italia ini juga dikenal sebagai pemain belakang berpostur mungil dengan hanya memiliki tinggi badan 176 cm.

Franco Baresi menghabiskan 20 tahun karirnya untuk membela AC Milan untuk menjaga lini tengah, bersama dengan Paolo Maldini, Alessandro Costacurta, dan Mauro Tassotti.

Selama berseragam AC Milan, dia berhasil menorehkan 18 gelar bagi AC Milan dan juga satu gelar Piala Dunia pada tahun 1982, meski ia tidak dimainkan pada laga final saat itu.

Di kategori individu, Franco Baresi meraih Ballon d’Or tahun 1989, pemain terbaik Serie A 1989-1990, serta kehormatan sebagai World Soccer the Greatest Players of the 20th Century.

Penulis: Triyoga Sandi Pamungkas.

Manchester UnitedCarles PuyolJavier MascheranoFabio CannavaroFranco BaresiBola InternasionalLisandro Martinez

Berita Terkini