x

Daebak! Klub Raksasa Korea Selatan, Jeonbuk Hyundai Bidik Asnawi Mangkualam

Selasa, 26 Juli 2022 09:11 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Performa tajam bintang timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar, bersama Ansan Greeners rupanya memancing minat klub raksasa Korea Selatan, Jeonbuk Hyundai.

INDOSPORT.COM – Performa tajam bintang timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar, bersama Ansan Greeners rupanya memancing minat klub raksasa Korea Selatan, Jeonbuk Hyundai.

Setelah setahun lebih membela Ansan Greeners, kini peluang terbuka lebar bagi Asnawi Mangkualam untuk manggung di kasta tertinggi Liga Korea Selatan, K League.

Baca Juga

Ya. Peluang ini muncul setelah salah satu klub klub terbesar di Negeri Gingseng dikabarkan tertarik untuk memanfaatkan tenaga mantan pemain PSM Makassar itu.

Klub yang dimaksud ini adalah Jeonbuk Hyundai Motos. Klub yang saat ini duduk di peringkat kedua klasemen sementara K-League tiba-tiba saja  tertarik dengan potensi serba bisa yang dimiliki Asnawi.

Hal ini dibocorkan langsung oleh media Sports Chosun melalui jurnalisnya, Bolmanchan, yang menyatakan bahwa Jeonbuk Hyundari mempertimbangkan merekrut Asnawi.

Baca Juga

Ketertarikan Jeonbuk Hyundai terhadap Asnawi ini dimulai setelah bek kanan andalan mereka, Lee Yong memutuskan hengkang dari Jeonbuk secara tiba-tiba.

“Dilansir dari Journalist Sports Chosun (Bolmanchan), Jeonbuk Hyundai sempat terpikir untuk ‘merekrut’ Asnawi, setelah Lee Yong (Right Back) keluar dr Jeonbuk secara tiba-tiba,” dikutip dari akun K League Indonesia di Twitter.

Kepergian Lee Yong dengan alasan yang belum jelas ini membuat slot bek kanan di kubu Jeonbuk Hyundai bolong. Salah satu upaya untuk menambalnya dengan merekrut Asnawi.

Baca Juga

Tak hanya sekadar tertarik, Jeonbuk Hyundai nampaknya juga sudah melakukan kontak dengan Ansan Greeners, klub yang dibela Asnawi, demi mewujudkan kepindahan sang pemain.

Ketertarikan Jeonbuk Hyundai terhadap Asnawi sendiri tak lepas dari performa apik yang ditampilkan sang bek kanan bersama Ansan Greeners.


1. Performa Apik Asnawi di Ansan Greeners

Asnawi Mangkualam di TC Timnas U-23

Terlebih, Asnawi juga tengah berada di momen di mana permainannya mulai matang sejak direkrut Ansan Greeners pada Februari 2021 lalu.

Asnawi tercatat sudah mencicipi kesempatan sebagai starter dalam empat laga terakhir secara beruntun. Dia bahkan mampu mencetak gol perdana di laga terakhirnya.

Baca Juga

Gol itu tercipta saat menghadapi Gimpo FC yang bertengger di urutan ketujuh. Di laga tersebut, pelatih Ansan Greeners memainkan Asnawi Mangkualam sebagai starter.

Bermain dalam formasi 4-3-3, Asnawi Mangkualam akhirnya berada di posisi terbaiknya yakni sebagai wingback sebelah kanan dan bertandem dengan Jun-Hee Lee di sebelah kiri.

Baca Juga

Gol tersebut tercipta selepas Asnawi menerima umpan dari Kim Kyung Jun di menit ke-88. Dia menyambut bola dan melakukan dribel pendek di sisi kanan sebelum melepas tembakan kaki kiri.

Asnawi sempat dijegal pemain lawan saat menenang bola, namun pada akhirnya bola tetap mampu bersarang di gawang Gimpo Citizens yang dikawal oleh Lee Sang-wok.

Baca Juga

Ini merupakan gol perdana Asnawi untuk Ansan Greeners setelah melalui 31 penampilan sejak membela tim asal Korea selatan tersebut sejak Februari 2021 lalu.

Pada musim ini, Asnawi sudah mencatatkan 15 penampilan di liga bersama klubnya. Asnawi sendiri merupakan satu-satunya bintang bola sepak Indonesia yang melebarkan sayap di Korea Selatan.


2. Shin Tae-yong Titip Pesan ke Asnawi Mangkualam

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bersama Asnawi Mangkualam

Ansan Greeners yang diperkuat Asnawi baru saja meraih kemenangan 3-1 atas Gimpo Citizen pada lanjutan pekan ke-28 K-League 2 atau kasta kedua Liga Korea Selatan, Sabtu (23/07/22).

Laga ini disaksikan langsung Shin Tae-yong. Shin Tae-yong kebetulan sedang pulang di Korea Selatan setelah mengajukan cuti sebulan dari tugasnya di Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong diketahui menyaksikan laga Ansan Greeners vs Gimpo Citizens ditemani salah satu putranya, Shin Jae-hyuk.

Kedatangan pelatih berusia 51 tahun ini tidak sia-sia. Sebab, dia bisa menyaksikan murid kesayangan mencetak gol bersejarah untuk Ansan Greeners.

Penggawa timnas Indonesia itu mencetak gol ketiga buat Ansan. Sebelumnya, Ansan sudah unggul 2-1 berkat dua gol dari Song Jin-kyu dan Geon Joo Choi.

Baca selengkapnya: Nonton Langsung Laga Ansan Greeners, Shin Tae-yong Titip Pesan ke Asnawi Mangkualam

Bursa TransferAsnawi Mangkualam BaharJeonbuk Hyundai MotorsK-LeagueBakat Muda IndonesiaAnsan Greeners

Berita Terkini