x

Performa 6 Klub Papan Atas Liga Inggris di Pramusim, Siapa yang Paling Siap untuk Musim Baru?

Jumat, 29 Juli 2022 14:41 WIB
Editor: Juni Adi
Logo Liga Inggris / Premier League

INDOSPORT.COM - Berikut performa enam klub papan atas Liga Inggris (Premier League) selama ajang pramusim sebelum tampil di kompetisi resmi. 

Kurang dari beberapa hari lagi, sejumlah kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Eropa akan segera memulai musim baru, salah satunya adalah Liga Inggris.

Baca Juga

Saat ini seluruh klub sedang mematangkan persiapan mereka dalam pertandingan pramusim, guna meraih hasil bagus dan bisa bersaing merebut gelar juara musim depan.

Selain menjajal kekuatan di tur pramusim, klub-klub peserta juga bergerak aktif di lantai bursa transfer demi mendatangkan pemain incaran yang dibutuhkan pelatih.

Mendatangkan pemain baru memang menjadi aktivitas klub saat ini, untuk menambah kekuatan tim. 

Baca Juga

Begitu juga melakukan evaluasi performa pemain. Siapa yang kurang berkontribusi akan dijual oleh klub, mumpung bursa transfer masih dibuka.

Salah satunya adalah Manchester United. Tim berjuluk Setan Merah ini memang jadi salah satu klub Inggris yang sangat aktif di bursa transfer.

Sebab mereka punya rencana jangka panjang yang baru bersama pelatih baru juga, Erik ten Hag.

Pria asal Belanda itu ingin membangun ulang skuat Manchester United, yang tampil buruk dalam beberapa musim terakhir.

Baca Juga

Beberapa pemain baru didatangkan, dan pemain lama yang kurang performa dibuang. Hingga saat ini, mereka masih bergerak mencari pemain tambahan baru.

Tetapi sebelum dimulai Liga Inggris musim 2022/23, FA selaku federasi sepak bola Inggris, selalu menggelar ajang pembuka yang mempertemukan dua klub jawara.

Ajang tersebut bernama Community Shield, yang mempertandingkan Liverpool melawan Manchester City. The Reds adalah pemenang Piala FA, dan The Citizens pemenang Liga Inggris musim lalu.

Lantas bagaimana persiapan para klub papan atas untuk menyambut kompetisi Liga Inggris musim depan? berikut kiprahnya.


1. Liverpool

Para pemain Liverpool merayakan gol Mohamed Salah di laga pramusim kontra RB Leipzig (22/07/22). (Foto: REUTERS/Matthias Rietschel)

Liverpool musim depan tampaknya masih akan masuk dalam daftar klub yang difavoritkan sebagai juara Liga Inggris.

Meski mereka secara kekuatan berbeda, usai melepas sejumlah pemain bintang andalannya salah satunya adalah Sadio Mane.

Baca Juga

Seperti diketahui, Sadio Mane merupakan penyerang andalan mereka dalam beberapa musim terakhir bersama Mohamed Salah dan Roberto Firmino.

Trio Salah, Mane dan Firmino menjadi yang menakutkan di Liga Inggris. Sayang ketiganya harus berpisah musim depan.

Selain Sadio Mane, Liverpool juga terancam kehilangan Firmino yang kabarnya tengah diincar Juventus.

Baca Juga

Kendati demikian, The Reds bukan klub yang menerima begitu saja. Ambisi merebut gelar musim depan menjadi prioritas, sehingga mereka membeli penyerang baru setelah kehilangan penyerang lama.

Darwin Nunez didatangkan dari Benfica di bursa transfer musim panas ini. Ketajamannya yang sudah dibuktikan di Liga Portugal, membuat para pendukung The Reds berharap sang pemain bisa membawa tim tampil apik.

Baca Juga

Liverpool sendiri sudah menjajal beberapa kekuatan pemain barunya dalam pertandingan pramusim. Hasilnya memang masih belum memuaskan, karena mereka baru bisa meraih dua kemenangan dari empat pertandingan.

Terlepas dari hasil di atas, Liverpool sebagai salah satu tim unggulan tentu sudah mengevaluasi performanya sebelum tampil di Liga Inggris musim depan.

Manchester City

Manchester City menjadi salah satu tim yang tak banyak melakukan pertandingan pramusim untuk menjajal kekuatannya. Tercatat sejauh ini mereka baru menjalankan dua pertandingan.

Melawan Club America dan Bayern Munchen. Kedua pertandingan itu disapu dengan kemenangan. Menang 2-1 atas Club America dan menang tipis 1-0 atas Bayern Munchen.

Pemain yang paling disorot adalah Erling Haaland. Pemain asal Norwegia itu langsung tampil impresif di laga 'debutnya' berseragam Man City, dengan mencetak gol tunggal ke gawang Munchen.

Menarik dinantikan performa Manchester City musim depan bersama Erling Haaland di Liga Inggris.

Jika mereka mampu memenangkan laga Community Shield melawan Liverpool nanti, maka sudah bisa dipastikan Manchester City berpeluang besar mempertahankan gelar Liga Inggris musim depan.

Arsenal

Musim depan Arsenal akan tampil di pentas Eropa sehingga mereka sangat aktif sekali di bursa transfer kali ini, untuk menambah kekuatan tim musim depan.

Beberapa transfer besar berhasil mereka datangkan seperti memboyong Gabriel Jesus dari Manchester City. Bersama The Gunners, pemain asal Brasil itu tampil cukup baik di laga pramusim.

Empat gol berhasil ia bukukan untuk Arsenal dari empat pertandingan pramusim, yang membuat Arsenal belum terkalahkan dalam empat laga terakhir pramusim.

Mereka diprediksi akan tampil lebih baik dari musim lalu, dan meraih hasil yang baik pula. Ya minimal bisa kembali bersaing di top big four.


2. Manchester United

Pemain Manchester United, Fred merayakan gol kedua ke gawang Liverpool di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Thailand, Selasa (12/07/22).

Manchester United jadi salah satu klub Liga Inggris yang sangat dinantikan kiprahnya musim depan. 

Bagaimana tidak, mereka saat ini tengah membangun skuad ulang dari musim lalu dengan mendatangkan beberapa pemain baru dan pelatih baru Erik ten Hag.

Baca Juga

Sejauh ini, transisi Manchester United berjalan memuaskan di pramusim. Dalam empat pertandingan, mereka mampu meraih tiga kemenangan dan satu kali imbang.

Performa apik di atas bisa jadi landasan bagi Manchester United apakah mereka serius untuk bersaing di papan atas atau tidak. 

Menarik dinantikan Setan Merah bersama Erik ten Hag musim depan. Bisa dibilang mereka cukup siap.

Baca Juga

Chelsea

Chelsea jadi satu-satunya tim di papan atas yang performanya di pramusim bisa dibilang buruk. Bagaimana tidak, dari tiga pertandingan yang sudah dilakoni, mereka hanya bisa memenangkan satu pertandingan.

Dua pertandingan lainnya berakhir dengan kekalahan. Persiapan buruk juga tidak lepas dari kondisi internal Chelsea, yang gonjang ganji sejak pertengahan musim lalu imbas isu sang pemilik Roman Abramovich.

Menarik dinantikan bagaimana Chelsea tampil musim depan, setelah banyak ditinggal bintang utamanya seperti Antonio Rudiger dan Romelu Lukaku.

Baca Juga

Tottenham Hotspur

Terakhir ada Tottenham Hotspur. Tim besutan Antonio Conte itu disebut-sebut bisa jadi penantang serius tim-tim besar Liga Inggris dalam memperebutkan juara.

Kedatangan sejumlah pemain baru dan persiapan Antonio Conte lebih matang, bisa membawa Tottenham Hotspur tampil lebih baik musim depan.

Son Heung-min dan Harry Kane masih akan jadi andalan Tottenham Hotspur musim depan. Menarik dinantikan performa The Liliwhite musim depan, meski dalam empat pertandingan pramusim terakhir kurang memuaskan.

Manchester UnitedLiverpoolChelseaArsenalManchester CityTottenham HotspurLiga InggrisTRIVIA

Berita Terkini