x

Piala AFF U-16 2022: Media Vietnam Sentil Menipisnya Stok Kiper Timnas Indonesia U-16

Rabu, 3 Agustus 2022 04:32 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Subhan Wirawan
Media Vietnam menyentil kian menipisnya stok kiper Timnas Indonesia U-16 di ajang Piala AFF U-16 2022.

INDOSPORT.COM - Media Vietnam menyentil soal kian menipisnya stok kiper Timnas Indonesia U-16 di ajang Piala AFF U-16 2022.

Media setempat bahkan menyinggung sosok kiper legendaris Timnas Indonesia yang kini duduk di jajaran staff pelatih yakni Markus Horison.

Baca Juga

Untuk diketahui, Timnas Indonesia U-16 memang tengah mengalami krisis penjaga gawang jelang matchday kedua Piala AFF U-16 2022.

Itu terjadi setelah dua penjaga gawang andalan Bima Sakti mengalami masalah kebugaran. Mulai dari cedera hingga cacar air.

Bahkan, untuk mengatasinya Bima Sakti sampai harus memanggil Andrika Fathir yang baru saja bergabung dengan skuat dengan persiapan yang minim.

Baca Juga

"Untuk kiper, kita memang ada sedikit dapat ujian. Kiper ada empat, dan tiga yang kami daftarkan," ungkap Bima Sakti usai laga Timnas Indonesia U-16 vs Filipina beberapa waktu lalu.

"Satu, Ikram AlGiffari itu cacar air, jadi dia kan termasuk kiper utama juga. Kemudian, Andrika Fathir ini baru, satu lagi kiper itu (Andhika) sempat cedera," jelas Bima.

Krisis kiper yang dialami Timnas Indonesia U-16 rupanya turut ditanggapi oleh media yang berasis di Vietnam, Kenhthethao.vn.

Baca Juga

Media setempat menanggapi sinis hingga menyinggung sosok kiper legendaris Timnas Indonesia yang kini duduk di jajaran staff pelatih yakni Markus Horison.

"Timnas Indonesia U-16 menemui perubahan, mengirim kiper berusia 41 tahun untuk menghadapi Vietnam U-16," tulis Kenhthethao.vn.


1. Media Vietnam Sentil Timnas Indonesia U-16

Penyerang Timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka Putra Purwanto.

Media tersebut juga menyinggung pertemuan Timnas Indonesia U-16 yang bakal bersua Vietnam di matchday ketiga Piala AFF U-16 2022.

Kenhthethao.vn menulis jika Timnas Indonesia U-16 bakal dirugikan dengan fenomena krisis kiper yang dialami oleh skuat Bima Sakti.

Baca Juga

"Pada turnamen Piala AFF U-16, Vietnam U-16 berada di grup yang sama dengan Indonesia U-16," tulisnya.

"Keduanya akan saling berhadapan di babak final penyisihan grup yang akan berlangsung pada 6 Agustus mendatang,"

"Namun, tim U-16 Indonesia menghadapi masalah besar dalam hal kekuatan, ketika terus-menerus menerima kerugian personel yang serius. Khususnya di posisi penjaga gawang Indonesia U-16 saat kiper No. 1 Ikram terkena cacar air dan tidak bisa bermain,"

Baca Juga

"Sementara itu, kiper No. 2 juga mengalami cedera dan harus segera mengucapkan selamat tinggal pada turnamen tersebut. Saat ini, lawan Vietnam U-16 hanya memiliki 1 kiper yang bisa bermain,"

Tak cuma itu, media Vietnam tersebut juga menyentil Markus Horison yang diisukan bakal didaftarkan Bima Sakti untuk mengatasi menipisnya stok kiper.

Bim Sakti sendiri memang sempat berseloroh jika dirinya mengaku hampir mendaftarkan Markus Horison, legenda Timnas Indonesia dan kini menjabat sebagai pelatih kiper di Timnas, untuk menjadi pemain Timnas U-16.

Baca Juga

Rupanya, hal itu menjadi sorotan Kenhthethao.vn. Media tersebut menganggap jika kondisi Timnas Indonesia U-16 terbilang menghawatirkan.

"Bahkan di sesi latihan Indonesia U-16 pun, penjaga gawang tidak cukup untuk berlatih, asisten 41 tahun Pak Markus Horison harus enggan memakai sarung tangan untuk berlatih bersama murid-muridnya,"


2. Piala AFF U-16 2022: Vietnam Mengaku Sudah Kantongi Strategi Timnas Indonesia

Logo Piala AFF U-16.

Pelatih Vietnam, Nguyen Quoc Tuan, mengaku tidak gentar menghadapi Timnas Indonesia U-16 pada pertandingan pamungkas Grup A Piala AFF U-16 2022.

Sebagaimana diketahui, Piala AFF U-16 2022 kini tengah berlangsung. Timnas Indonesia U-16 menjadi tuan rumah dari turnamen sepak bola antar negara di Asia Tenggara (ASEAN) tersebut.

Vietnam sendiri tergabung ke dalam Grup A bersama Timnas Indonesia, Filipina, dan Singapura. Pada pertandingan perdana kemarin, The Golden Star junior berhasil meraih kemenangan telak atas Singapura dengan skor 5-1.

Pada pertandingan berikutnya, pasukan pelatih Nguyen Quoc Tuan akan berhadapan dengan lawan yang cukup berat yaitu Filipina U-16.

Meskipun berada di level lebih tinggi di atas sang lawan, Vietnam tetap berhati-hati dalam bermain dan tetap fokus memperhatikan lawan-lawan mereka.

Baca Juga
VietnamTimnas Indonesia U-16Bola InternasionalPiala AFF U-16 2022

Berita Terkini