☰
x

Liga 1: PSIS Amankan Jasa Eks Timnas Indonesia, Carlos Fortes Bantah Hengkang

Kamis, 4 Agustus 2022 15:05 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
PSIS Semarang mendatangkan eks penyerang Timnas Indonesia, Titus Bonai jelang ditutupnya bursa transfer Liga 1.

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang mengamankan jasa eks penyerang timnas Indonesia, Titus Bonai, untuk bersaing dalam kompetisi Liga 1 Indonesia 2022-2023. Langkah ini bukan berarti bagian dari rencana mengganti Carlos Fortes.

Carlos Fortes sudah absen dalam dua laga awal tim Mahesa Jenar di kompetisi. Fortes absen karena cedera yang dialami saat Piala Presiden 2022 belum 100 persen pulih.

Baca Juga

Absennya Fortes di Liga 1 sempat memunculkan dugaan bahwa penyerang asal Portugal harus absen lama karena cedera hamstring.

Rumor pun kemudian berhembus bahwa Fortes akan digantikan penyerang lain. Sembari menunggu proses datang, maka datanglah Titus Bonai.

Namun, rumor itu segera dibantah PSIS Semarang. Justru Titus Bonai didatangkan untuk menambah kekuatan barisan depan, bersama Fortes di Liga 1.

Baca Juga

"Tibo kami datangkan untuk menambah kedalaman skuat di lini depan. Semoga yang bersangkutan segera beradaptasi dan nyetel dengan tim supaya segera berkontribusi," kata Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi, Kamis (04/08/22).

Yoyok Sukawi memaparkan, Titus Bonai direkrut dengan proses yang panjang, bukan hanya berdasar pada track record sebagai penggawa Timnas Indonesia.

Sebelum gabung PSIS, Tibo, sapaan akrabnya, pernah menjadi andalan tim Persipura Jayapura, Borneo FC, PSM Makassar, Sriwijaya FC hingga Semen Padang.

Baca Juga

"Sebelum kami kontrak, Tibo juga telah melakukan tes medis dan tes fisik yang hasilnya cukup baik," tutur Yoyok Sukawi.

Kehadiran Tibo membuat kekuatan lini depan PSIS di Liga 1 semakin kuat. Sebelum ini, sudah ada Hari Nur Yulianto dan Wawan Febrianto yang sama-sama berkualitas.


1. Bantahan Fortes

Striker PSIS Semarang, Carlos Fortes menegaskan ia masih membela PSIS Semarang di Liga 1 musim ini.

Sebelum PSIS resmi mengumumkan kehadiran Titus Bonai, bantahan rumor Fortes akan digantikan pemain asing lain sudah dibuat.

Bantahan ini langsung dilakukan Fortes melalui akun instagram pribadinya. Ia membantah isu soal cedera yang membuatnya absen tiga bulan.

Baca Juga

"Guys, jangan panik. Aku baik-baik saja! saya membaca sesuatu yang mengatakan bahwa 'keluar 3 bulan' Tidak Benar!," tulis Fortes.

Bahkan, penyerang eks Arema FC memberi sinyal segera meramaikan barisan depan PSIS pada laga lanjutan kompetisi Liga 1 2022/2023.

"Mungkin game berikutnya kita punya kejutan #PredatorIsBack," lanjut Fortes.

Baca Juga

2. Sempat Ganti Strategi

Pertandingan antara PSIS Semarang vs RANS Nusantara FC di Liga 1, Sabtu (23/07/22). Foto: ligaindonesiabaru

Absennya Carlos Fortes memang membuat PSIS Semarang pusing. Dalam dua laga ini, PSIS baru mencatatkan dua gol lewat Taisei Marukawa.

Bahkan, saat melawan Arema FC, pelatih Sergio Alexandre sempat membuat strategi baru dengan memasang penyerang bayangan.

"Kita kehilangan Fortes, pemain yang bagus. Kita coba beberapa taktik lain dan hal itu membutuhkan waktu untuk menjadi rencana terbaik. Tentu kami berharap Fortes segera kembali, karena saat kehilangan striker utama itu sangat sulit," papar Sergio.

Taktik lain yang dimaksud adalah strategi false nine dengan menempatkan pemain berposisi gelandang sebagai penyerang bayangan.

"Kita mainkan gelandang sebagai false nine atau striker. Secara keseluruhan tidak buruk, tapi secara tim belum padu karena posisi aslinya bukan disitu," kata Sergio.

PSIS SemarangTitus BonaiLiga IndonesiaLiga 1Carlos Manuel Dos Santos Fortes

Berita Terkini