x

3 Fakta Menarik Marc Cucurella: Disia-siakan Barcelona hingga Jadi Fullback Termahal Dunia

Jumat, 5 Agustus 2022 20:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pemain Brighton & Hove Albion, Marc Cucurella yang baru bergabung Chelsea. Foto: Instagram@cucurella3

INDOSPORT.COM – Berikut tiga fakta menarik Marc Cucurella, bek andalan Brighton yang baru saja diumumkan sebagai rekrutan teranyar raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea.

Chelsea baru saja meresmikan rekrutan anyarnya, Marc Cucurella yang diboyong dari Brighton dengan mahar total 62 juta poundsterling.

Baca Juga

Pemain berusia 24 tahun itu menjadi pemain kelima yang didatangkan Chelsea di bursa transfer musim panas ini.

Cucurella datang usai Chelsea memboyong Raheem Sterling, Kalidou Koulibaly, Gabriel Slonina, dan juga Carney Chukwuemeka.

Kedatangan Cucurella ke Chelsea pun terbilang mengejutkan. Sebab, pemain berkebangsaan Spanyol ini sebelumnya dikaitkan dengan Manchester City.

Baca Juga

Namun usaha Man City mendatangkan Cucurella terbentur permintaan Brighton yang meminta mahar lebih dari 50 juta poundsterling.

Alhasil, Man City yang hanya berani menawar 40 juta poundsterling, lantas mundur dan membuat Chelsea masuk ke dalam perburuannya.

Chelsea pun kemudian berani memberikan mahar 55 juta poundsterling dan bonus 7 juta poundsterling serta pemain mudanya, Levi Colwill, dengan status pinjaman demi mendapatkan Cucurella.

Baca Juga

Kini Cucurella telah resmi berseragam Chelsea, dan kemungkinan akan tampil bagi The Blues saat laga perdana Liga Inggris 2022/23 kontra Everton.

Untuk mengenal lebih jauh sosok Cucurella, ada baiknya melihat tiga fakta menarik mengenai rekrutan teranyar Chelsea tersebut.


1. 1. Pemain Futsal yang Dibuang Barcelona

Marc Cucurella kala berseragam Getafe CF.

Marc Cucurella merupakan pesepak bola asal Catalan. Sebagai warga asli Catalan, dirinya pun tak lepas dari klub bernama Barcelona.

Pemain kelahiran 22 Juli 1998 itu sejatinya bukanlah pesepak bola. Dulunya, ia mengawali karier sebagai pemain futsal.

Baca Juga

Namun pada 2006, Cucurella bergabung dengan Espanyol sebelum akhirnya membelot ke akademi Barcelona enam tahun berselang.

Di Barcelona lah Cucurella mendapat kesempatan untuk berkembang. Ia sempat membela Barcelona B dan bahkan menembus tim senior.

Debutnya bagi tim senior terjadi di ajang Copa Del Rey 2017/18, saat masuk sebagai pemain pengganti menggantikan Lucas Digne kala Barcelona melawan Real Murcia.

Baca Juga

Usai bermain untuk tim utama Barcelona, Cucurella kemudian dipinjamkan dan dipermanenkan SD Eibar dan kemudian Getafe, sebelum akhirnya dilepas ke Brighton.

Kini Barcelona yang membutuhkan bek kiri, malah harus melihat pemain buangannya itu menapaki karier cemerlang dan mampu berseragam Chelsea.


2. 2. Pecahkan Rekor Transfer

Marc Cucurella dari Brighton & Hove Albion merayakan gol kedua mereka bersama rekan satu timnya REUTERS-Ian Walton

Kepindahan Marc Cucurella dari Brighton ke Chelsea, langsung membuatnya memecahkan dua rekor transfer sekaligus.

Rekor transfer pertama adalah penjualan. Kepindahan Cucurella ke Chelsea menjadikannya pemain termahal yang pernah dijual Brighton.

Baca Juga

Brighton melepas Cucurella dengan harga total 62 juta poundsterling. Nilai itu cukup untuk mengalahkan rekor penjualan termahal yang dipegang Ben White yang dijual ke Arsenal musim lalu.

Sedangkan harga 62 juta poundsterling yang dikeluarkan Chelsea membuat Cucurella sah menjadi Fullback termahal di dunia sepak bola sepanjang sejarah.

Dilansir dari Squawka, harga Cucurella itu membuatnya mengalahkan rekor Fullback termahal di dunia yang selama ini dipegang Joao Cancelo.

Baca Juga

Adapun biaya transfer Joao Cancelo yang diboyong Manchester City dari Juventus memakan dana sebesar 60 juta poundsterling.

Secara keseluruhan, Cucurella menjadi bek termahal ke-7 sepanjang sejarah sepak bola berkat kepindahannya dari Brighton ke Chelsea.


3. 3. Pemain Versatile

Pemain Brighton & Hove Albion, Marc Cucurella. Foto: Instagram@cucurella3

Meski dikenal sebagai Fullback atau bek sayap, Marc Cucurella ternyata merupakan pemain Versatile atau mampu beroperasi di banyak posisi.

Dalam kariernya, Cucurella tercatat memainkan empat posisi, yakni gelandang serang kiri, penyerang sayap, bek kiri, dan bahkan bek tengah.

Baca Juga

Ia bermain sebagai gelandang serang kiri dan penyerang sayap saat bermain bagi SD Eibar dan juga Getafe. Bahkan di Brighton pun, ia pernah memainkan posisi ini.

Namun posisi menyerang ini kemudian bertransformasi ke posisi bek kiri, di mana posisi ini membuat nama Cucurella dikenal di kancah sepak bola.

Hingga akhirnya, Brighton sempat memainkannya sebagai bek tengah kiri dalam formasi tiga bek. Rumornya, posisi ini juga akan dimainkannya bersama Chelsea.

Baca Juga

Thomas Tuchel selaku pelatih Chelsea mengakui bahwa alasan terbesarnya merekrut Cucurella adalah kemampuannya menempati beragam posisi tersebut.

Sehingga, kehadiran Cucurella akan memberikannya banyak opsi ketika pemainnya cedera atau membutuhkan variasi lain dalam permainan.

ChelseaManchester CityBrighton & Hove AlbionLiga InggrisOne FootballMarc Cucurella

Berita Terkini