x

5 Pemain Liga 1 yang Pernah Tampil di Piala Dunia, Ada Eks Persib

Minggu, 14 Agustus 2022 06:32 WIB
Editor: Juni Adi
Trofi Piala Dunia.

INDOSPORT.COM - Para pemain asing yang pernah merumput di Liga 1 ternyata pernah juga merasakan tampil di turnamen paling bergengsi, Piala Dunia. Siapa saja mereka?

Kurang dari beberapa bulan lagi, publik akan disuguhkan pesta olahraga sepak bola terbesar Piala Dunia 2022 akan segera dimulai akhir tahun ini.

Baca Juga

Qatar ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan event empat tahunan tersebut oleh FIFA, yang akan dimulai pada 21 November hingga 18 Desember 2022 mendatang.

Ini merupakan pertama kalinya Piala Dunia digelar di musim dingin untuk Eropa. Biasanya FIFA selalu menggelar di akhir kompetisi atau musim panas.

Total ada 32 tim yang sudah memastikan diri akan tampil di putaran final, untuk merebut trofi paling bergengsi itu. 

Baca Juga

Nama-nama negara besar seperti Brasil, Prancis, Argentina, Jerman masih menjadi favorit untuk diunggulkan.

Sayangnya, Piala Dunia 2022 ini sedikit hambar lantaran jawara Eropa EURO 2020, Italia, tak bisa lolos setelah mereka kalah di babak play-off.

Kendati demikian, tidak menghilangkan ketegangan dan keseruan dari Piala Dunia itu sendiri. Sebab, akan selalu ada intrik dan drama di setiap edisinya.

Baca Juga

Selain itu, Piala Dunia termasuk edisi 2022 ini juga selalu menjadi ajang untuk 'menjual' diri para pemain sepak bola, untuk bisa dilirik oleh klub-klub besar Eropa.

Maklum saja karena Piala Dunia selalu menjadi fokus tontonan seluruh penduduk dunia.

Tak heran jika banyak pemain yang ingin menunjukan performa terbaiknya, dengan bonus bisa digaet klub besar Eropa dengan harga mahal.

Tidak hanya pemain-pemain dari Benua Biru, pemain-pemain asing Liga 1 juga pernah merasakan tampil di turnamen akbar empat tahunan itu. Siapa saja mereka?


1. Ivan Bosnjak (Krosia)

Pierre Njanka, mantan pemain Timnas Kamerun yang pernah merumput di Indonesia

Ivan Bosnjak pernah membela Persija Jakarta pada 2014. Untuk Piala Dunia, ia membela Kroasia pada 2006.

Saat itu, sejumlah bintang Kroasia menghuni skuad asuhan Zlatko Kranjcar seperti Luka Modric, Ivica Olic hingga Nico Kranjcar.

Baca Juga

Shane Smeltz (Selandia Baru)

Shane Smeltz sempat membela Selandia Baru di Piala Dunia 2010. Ia pun sempat berkarier di Indonesia pada 2017 dengan status Marquee Player.

Sayangnya dari 20 pertandingan bersama Borneo FC, ia hanya mengemas lima gol.

Baca Juga

Pierre Njanka (Kamerun)

Njanka merupakan bek andalan Kamerun di Piala Dunia 1998.

Sejumlah klub Indonesia pernah dibelanya mulai dari Persija Jakarta, Arema FC, Aceh United, Mitra Kukar dan Persisam Putra Samarinda.

Namun, bersama Arema FC lah karier Njanka paling gemilang. Saat itu, ia membantu Arema juara Liga Super Indonesia 2009-2010.


2. Michael Essien (Ghana)

Mantan gelandang tengah Real Madrid Michael Essien (kiri) berduel dengan megabintang Barcelona Lionel Messi (kanan).

Awal kedatangan Michael Essien ke Indonesia tahun 2017 lalu benar-benar membuat heboh publik sepak bola nasional khususnya pendukung Persib, Bobotoh.

Bagaimana tidak, tak ada yang menyangka seorang mantan pemain tiga tim besar Eropa (Real Madrid, Chelsea hingga AC Milan), dan pernah tampil di Piala Dunia 2006 bakal tampil di kompetisi Liga 1.

Baca Juga

Berhasil mencatatkan 29 penampilan dan mencetak 5 gol, Essien hanya bertahan semusim dan harus terdepak dari Persib lantaran kuota pemain asing Maung Bandung telah berlebih.

Pasca berpisah dari Liga 1, pria berusia 39 tahun tersebut kini sudah tidak aktif lagi alias pensiun.

Terakhir ia bermain di FK Sabail klub Azerbaijan. Pasca pensiun, Essien juga kini tengah menekuni diri sebagai pelatih sepak bola. 

Baca Juga

Peter Odemwingie

Karier penyerang asal Nigeria ini di Liga 1 sempat menuai decak kagum, di mana ia berhasil menceploskan 15 gol dari 24 pertandingan di musim perdananya bersama Madura United.

Ia pernah tampil di Piala Dunia 2010 dan membela beberapa klub terkenal di Liga Inggris seperti Stoke City. 

Karena itu Idemwingie datang ke Indonesia berstatus marquee player.

Baca Juga

Namun sayang, penampilan impresifnya tidak membuat Madura United mau memperpanjang kontraknya.

Pasca dilepas, Peter Odemwingie sempat dikabarkan bakal kembali ke Eropa namun pada 2019 lalu ia menyatakan pensiun dari sepak bola, dan kini banting stir menjadi atlet golf profesional. 

Piala DuniaIvan BosnjakMichael EssienPiala Dunia 2022Bola InternasionalLiga 1Peter OdemwingieTRIVIABerita Liga 1Pierre Njanka

Berita Terkini