x

Libur Berakhir, Shin Tae-yong Tiba di Indonesia Besok dan Hadapi Agenda Padat

Selasa, 16 Agustus 2022 15:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyampaikan bahwa pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akan tiba di Indonesia pada Rabu (17/8/22). Cuti juru taktik asal Korea Selatan itu telah berakhir.

Sebelumnya, Shin Tae-yong mengambil cuti dan pulang kampung untuk rehat pasca-meraih peringkat ketiga Piala AFF U-19 2022. Hal itu juga berlaku untuk para asistennya. 

Baca Juga

"Tanggal 17 dia pulang ke sini. Kalau liburnya ngapain? Tanya STY sana. Sampai di sini 17 selesai," ujar Iwan Bule, sapaan Mochamad Iriawan, Selasa (16/8/22)
 
Begitu kembali, agenda padat sudah menanti Shin Tae-yong. Terdekat ada Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, 14-18 September mendatang.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup F bersama Hong Kong, Vietnam, dan Timor Leste. Nantinya, juara grup otomatis lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023, didampingi lima runner-up terbaik.

Berselang sehari, tepatnya mulai 19 September, kalender internasional atau FIFA matchday resmi dibuka. Artinya, Shin Tae-yong harus langsung mempersiapan timnas senior untuk melakoni laga uji coba.

Baca Juga

PSSI mengagendakan dua laga selama periode itu (19-27 September). Satu lawan yang pasti adalah Curacao dan dua kandidat lain antara Hong Kong atau India, namun PSSI belum bisa menentukan tanggalnya.

Setelah dua agenda dari timnas Indonesia U-19 dan senior, barulah Shin Tae-yong akan mempersiapkan Piala AFF 2022, apabila jadi dilaksanakan. Rencananya ajang itu akan berlangsung pada 23 Desember 2022 hingga 15 Januari 2023.


1. Lokasi TC di Eropa

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan saat menghadiri ulang tahun Bobotoh Maung Bandung Bersatu (Bomber) ke-21 di GOR Pajajaran, Kota Bandung, Minggu (07/08/22).

Tetapi, sebelum Piala AFF 2022, PSSI telah mengagendakan TC di Eropa bersama timnas Indonesia U-19. Ada tiga lokasi yang dirancang untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023 yakni Belanda, Spanyol dan Portugal. 

"Kami sedang memilih, apakah Spanyol, Portugal, atau Belanda. Kenapa ke Belanda? Karena dari pengajuan STY kan pemain keturunan itu di Belanda semua," kata Mochamad Iriawan beberapa waktu lalu. 

Baca Juga

"Nanti akan dibahas dalam rapat ya, sebelum pulang Shin Tae-yong akan rapat. Belanda mungkin akan dipilih supaya STY melihat pemain-pemain yang akan diambil, bukan pemain ke sini. Kami latihan di sana dengan tim-tim kuat," ujarnya menambahkan.

Baca Juga

Selama 2022 hingga pertengahan 2023, Shin Tae-yong akan lebih fokus memimpin timnas U-19 sebagai bentuk persiapan merumput di Piala Dunia U-20 tahun depan. Indonesia berstatus tuan rumah. 


2. Media Malaysia Heboh

Timnas Curacao di CONCACAF Gold Cup 2019. Foto: Stars and Stripes FC

Media Malaysia heboh saat mengetahui bahwa timnas Indonesia bakal menjajal Curacao di FIFA Match Day 2022, pada bulan September mendatang.

Beberapa waktu terakhir, PSSI melempar wacana untuk mengajak tim asal konfederasi CONCACAF, Curacao untuk menghadapi timnas Indonesia di FIFA Match Day 2022.

PSSI mengincar Curacao sebagai lawan tanding karena berdasarkan data terkini mereka berada di peringkat 84 FIFA.

Baca Juga

PSSI memang ingin mempertemukan skuat timnas Indonesia dengan tim berperingkat FIFA kurang dari 100, untuk mendongkrak peringkat Garuda jika berhasil menang.

Ya, timnas Indonesia saat ini tertahan di peringkat 155, tertinggal dari negara Asia Tenggara lainnya, Vietnam (91), Thailand (111), Filipina (134), hingga Malaysia (147).

Baca Selengkapnya

PSSITimnas IndonesiaLiga IndonesiaTim Nasional CuracaoBola IndonesiaIwan BuleMochamad IriawanBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongOne Football

Berita Terkini