x

Media Malaysia Heboh Timnas Indonesia Jajal Curacao: Peringkat FIFA Bisa Tersalip

Selasa, 16 Agustus 2022 14:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Timnas Indonesia vs Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (01/06/22).

INDOSPORT.COM - Media Malaysia heboh saat mengetahui bahwa timnas Indonesia bakal menjajal Curacao di FIFA Match Day 2022, pada bulan September mendatang.

Beberapa waktu terakhir, PSSI melempar wacana untuk mengajak tim asal konfederasi CONCACAF, Curacao untuk menghadapi timnas Indonesia di FIFA Match Day 2022.

Baca Juga

PSSI mengincar Curacao sebagai lawan tanding karena berdasarkan data terkini mereka berada di peringkat 84 FIFA.

PSSI memang ingin mempertemukan skuat timnas Indonesia dengan tim berperingkat FIFA kurang dari 100, untuk mendongkrak peringkat Garuda jika berhasil menang.

Ya, timnas Indonesia saat ini tertahan di peringkat 155, tertinggal dari negara Asia Tenggara lainnya, Vietnam (91), Thailand (111), Filipina (134), hingga Malaysia (147).

Baca Juga

Jika berhasil menang atas Curacao, peringkat Timnas Indonesia juga bisa naik drastis. Hal inilah yang diwaspadai Malaysia.

"Saat ini, Indonesia berada di peringkat 155, dan berpeluang memperbaiki posisinya jadi lebih baik, jika mendapat hasil positif dari Curacao," tertulis di situs Semuanya Bola.

Namun, media Malaysia juga mengklaim bahwa Timnas Indonesia tidak akan mudah menaklukkan Curacao, yang memiliki skuat kelas Eropa, dan bermain di tim-tim besar.

Baca Juga

"Curacao adalah negara di bawah naungan CONCACAF di Amerika Utara, yang saat ini berada di peringkat 84 dunia, lawan yang cocok untuk menguji kekuatan Indonesia."

"Beberapa pemain Timnas Curacao juga terlihat memiliki rekor yang sangat bagus saat main di kompetisi tertinggi di Eropa, dan tentunya memiliki kualitas tersendiri."


1. Iwan Bule: Timnas Curacao Terkendala Vaksin

Mochamad Iriawan, Ketua Umum PSSI. Foto: Kemenpora

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule, memberikan kabar terbaru terkait laga uji coba Timnas Indonesia di FIFA Matchday September ini.

Iwan Bule menjelaskan bahwa PSSI terus melakukan komunikasi dengan Curacao. Namun, ada kendala dari pihak lawan, karena syarat vaksin belum lengkap.

Baca Juga

Perlu diketahui, mayoritas pemain Curacao belum melakukan vaksinasi penuh, sebagaimana yang disyaratkan untuk bisa masuk ke Indonesia selama masa pandemi.

"Terakhir kita sudah ada kontak, meski di sana vaksin tidak seperti kita, kami akan diskusikan, yang jelas sudah pasti (lawan) Curacao," kata Iwan Bule ke awak media.

"Nanti Insya Allah, saya berharap tidak ada hambatan, karena tim itu rankingnya besar, antara 80-an, bagus untuk melawan kita."

Baca Juga

"Saya ingin anak-anak mendapatkan tim lawan yang tangguh, sehingga kita bisa melihat permainan, kekurangannya apa."

Laga uji coba Timnas Indonesia vs Curacao pada FIFA Matchday September ini, akan berlangsung dua kali di Tanah Air, tetapi PSSI belum menentukan lokasi tepatnya.

"Masih ditunggu (kepastian tempat). Nanti akan kami umumkan kalau sudah dekat," tambah Iwan Bule pada Senin (15/8/22).

Baca Juga

Selain Curacao, Iwan Bule menyebutkan bahwa PSSI sejatinya turut berkomunikasi dengan federasi sepak bola India dan Hong Kong untuk menjadi lawan uji coba lainnya.

Namun, India diketahui mendapat sanksi dari FIFA, sementara Iwan Bule juga tidak menjelaskan dengan rinci hasil komunikasi antara PSSI dengan federasi Hong Kong.


2. Pengamat: Timnas Curacao Nihil Prestasi

Timnas Curacao di CONCACAF Gold Cup 2019. Foto: Stars and Stripes FC

Berhubung minim sekali informasi soal Timnas Curacao, pengamat sepak bola, Binder Singh pun melakukan riset terhadap calon lawan tanding Timnas Indonesia itu.

"Curacao ini masuk Benua Amerika Selatan, tapi Timnas Curacao tergabung ke federasi CONCACAF, konfederasi yang diisi negara Amerika Utara dan Tengah," jelas Binder.

Beberapa negara yang tergabung di konfederasi CONCACAF adalah Amerika Serikat, Meksiko, Panama, Kuba, Trinidad & Tobago, El Salvador, dan lain sebagainya.

"Uniknya, Timnas Curacao ini berada di ranking 84 FIFA, jauh lebih tinggi daripada Timnas Indonesia," kata Binder Singh lagi.

"Namun lucunya, Timnas Curacao belum pernah lolos ke Piala Dunia, dan mereka juga belum pernah berprestasi di zona CONCACAF," tambah sang komentator.

PSSIMalaysiaTimnas IndonesiaBola InternasionalTim Nasional CuracaoIwan BuleMochamad IriawanBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini