x

Profil dan Fakta-Fakta Viktoria Plzen, Tim Paling Apes di Liga Champions 2022-2023

Jumat, 26 Agustus 2022 13:19 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Suasana pengundian grup Liga Champions 2022-2023. Foto: REUTERS/Murad Sezer.

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dekat Viktoria Plzen, tim yang bisa dibilang paling apes di Liga Champions 2022-2023.

Bagaimana tidak? Berdasarkan hasil drawing yang digelar pada Kamis (25/08/22) kemarin, mereka berada di grup neraka bersama tiga raksasa Eropa: Barcelona, Bayern Munchen, dan Inter Milan.

Baca Juga

Padahal, untuk mencapai putaran utama Liga Champions 2022-2023, mereka sudah terlebih dahulu melalui rangkaian kualifikasi dan playoff yang melelahkan.

Perjalanan Menuju Grup Neraka

Viktoria Plzen menginjakkan kaki di kualifikasi Liga Champions 2022-2023 dengan status juara Liga Ceko 2021-2022.

Mereka tampil trengginas saat berhadapan dengan wakil Helsinki, Finlandia, Helsingin Jalkapalloklubi alias HJK di kualifikasi kedua.

Baca Juga

Tidak tanggung-tanggung, Viktoria Plzen unggul agregat 7-2 dan mengantarkan mereka ke kualifikasi ketiga.

Kali ini yang dihadapi adalah FC Sheriff Tiraspol, tim asal Moldova. Kemenangan di dua leg membuat Viktoria Plzen melaju ke fase playoff dengan kedudukan agregat 4-2.

Sampai di playoff Liga Champions, sang raksasa sepak bola Ceko pun dihadapkan pada misi sulit saat berhadapan dengan Qarabag FK.

Baca Juga

Untuk meraih tiket ke putaran utama, Viktoria Plzen sedikit terseok-seok dalam meladeni perlawanan wakil Azerbaijan tersebut.

Beruntung, mereka akhirnya berhasil menggondol tiket grup Liga Champions 2022-2023 usai menutup dua leg dengan agregat tipis 2-1.


1. Mengenal Lebih Dekat Viktoria Plzen

Suasana pengundian grup Liga Champions 2022-2023. Foto: REUTERS/Murad Sezer.

Melalui perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan, Viktoria Plzen akhirnya sampai juga ke tujuan terakhirnya.

Hanya saja, nasib apes justru menghampiri ketika drawing Liga Champions musim ini menempatkan mereka di grup yang sama dengan tiga raksasa Eropa sekaligus.

Baca Juga

Bayangkan saja, berada di grup neraka bersama Barcelona, Bayern Munchen, dan Inter Milan yang sudah cukup berpengalaman di kompetisi ini.

Menginjakkan kaki di putaran grup dari fase kualifikasi dan playoff nampaknya memang membuat tim yang satu ini sedikit inferior ketimbang tiga rivalnya di Grup C.

Para Rival

Bicara soal penghun-penghuni Grup C Liga Champions 2022-2023, terdapat dua tim dengan reputasi yang tidak main-main di Eropa.

Baca Juga

Barcelona sang juara 5 kali, sedangkan Bayern Munchen 6 kali sekaligus anggota klub elite yang sudah memilki UEFA Badge of Honor berkat prestasi mereka di Liga Champions.

Barcelona kali berpartisipasi di kompetisi ini pada 2021 lalu dan terdepak ke Liga Europa.

Sementara itu, Bayern Munchen terhenti langkahnya di perempat final setelah ditendang oleh tim kuda hitam, Villarreal.

Baca Juga

Di sisi lain, Inter Milan juga bukan lawan yang mudah mengingat statusnya sebagai raksasa sepak bola Italia.

Di Liga Champions musim lalu, mereka hanya sampai di 16 besar lantaran ditebang Liverpool yang jumpa Benfica di perempat final.

 

2. Viktoria Plzen dari Masa ke Masa

Suasana pengundian grup Liga Champions 2022-2023. Foto: REUTERS/Murad Sezer.

Viktoria Plzen merupakan klub yang tim sepak bolanya saat ini berkompetisi di kasta pertama Liga Ceko.

Pertama kali diridikan dengan nama Viktoria pada 1911 oleh seseroang bernama Jaroslav Ausobsky, yang berprofesi sebagai pekerja industri kereta api di Plzen, Ceko.

Baca Juga

Setelah memainkan laga perdananya, Viktoria Plzen yang masih berstatus klub amatir kala itu terus berupaya menasbihkan nama mereka di kancah sepak bola Ceko.

Hingga akhirnya, keputusan untuk berkompetisi secara profesional pun diambil pada 1929. Sejak saat itu, prestasi tim sempat naik turun karena harus beradaptasi dengan ‘kesibukan’ baru mereka di liga.

Sering Ganti Nama

Bahkan, ada satu titik di mana klub harus berganti nama menjadi Sokol Skoda Plzen dan Spartak Plzen setelah beberapa kali terjerembab ke kasta bawah.

Baca Juga

Bak tim yoyo, mereka bolak-balik di dua kasta teratas Liga Ceko hingga tahun 1972. Setelah itu, barulah mereka bisa menstabilkan diri diri di kompetisi tertinggi dengan menjauhi zona degradasi.

Pada 1992, nama Viktoria Plzen pun kembali digunakan. Sebelumnya, sejumlah nama yang sempat mereka pakai adalah Sokol Skoda Plzen, Spartak Plzen, dan Sokol ZVIL Plzen.

Pemain

Jika bicara soal anggota skuad saat ini, mungkin publik tidak akan banyak menemukan nama-nama yang terdengar familier di telinga.

Baca Juga

Meski begitu, Viktoria Plzen memiliki banyak pemain lokal asal Ceko di skuad mereka. Selain itu, para pencetak gol mereka di Liga Champions musim ini pun bisa terbilang cukup rata dan beragam.

Tentu patut dinanti, akan seperti apa sepak terjang Viktoria Plzen di grup neraka Liga Champions yang beranggotakan Barcelona, Bayern Munchen, dan Inter Milan mendatang.

BarcelonaLiga ChampionsBayern MunchenInter MilanBerita Liga Champions EropaOne Football

Berita Terkini