x

Bursa Transfer: Resmi! Diburu Man United dan Liverpool, Barcelona Izinkan De Jong Terbang ke Inggris

Selasa, 30 Agustus 2022 04:39 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor:
Frenkie de Jong pergi ke Inggris di tengah spekulasinya hengkang dari Barcelona menuju Manchester United pada bursa transfer musim panas 2022. (Foto: REUTERS/Vincent West)

INDOSPORT.COM - Frenkie de Jong sepanjang bursa transfer musim panas ini tidak henti-hentinya dispekulasikan akan pindah ke Liga Inggris (Premier League) untuk membela Manchester United atau bahkan Liverpool.

Meski ditenggarai ingin bertahan sekuat tenaga di Barcelona, namun nyatanya sang bintang akhirnya mendarat juga di Negeri Ratu Elizabeth.

Baca Juga

Pada Minggu (29/08/22) lalu, laporan dari Mundo Deportivo menunjukkan jika De Jong telah mendapat izin dari klubnya untuk terbang ke London, Inggris.

Kabar tersebut kemudian terbukti dengan terlihatnya sosok gelandang asal Belanda tersebut bersama tunangannya, Mikky Kiemeney, di bandara Catalonia.

Tak pelak hal ini kemudian mengundang kegemparan karena publik langsung menduga jika Frenkie de Jong telah memutuskan perkara masa depannya di hari-hari pamungkas bursa transfer ini.

Baca Juga

Akan tetapi setelah ditelusuri lebih lanjut rupanya keberangkatan eks Ajax Amsterdam itu ke Inggris tidak ada hubungannya dengan berganti klub.

Fabrizio Romano membocorkan jika tujuan De Jong adalah berlibur dan menghadiri pernikahan rekannya di timnas Belanda, Donny van de Beek, yang kebetulan membela Manchester United.

Baca Juga

Barcelona juga memberikan izin yang sama untuk Memphis Depay. Salah satu penggawa mereka yang masa depannya juga masih abu-abu hingga detik ini.

Masih dari sumber yang sama, De Jong masih memegang teguh rencana bertahan di Barcelona namun tetap enggan untuk menerima pemotongan gaji.


1. Masih Tarik Ulur

Frenkie de Jong bersama skuat Barcelona di Liga Spanyol REUTERS-Albert Gea

Sudah bukan rahasia lagi jika Barcelona punya tanggungan besar pada Frenkie de Jong dalam bentuk tunggakan gaji.

Setidaknya 17 juta Euro belum Los Cules bayarkan pada salah satu pemain termahalnya sepanjang sejarah tersebut.

Utang tersebut menumpuk setelah De Jong menolak untuk melakukan pemangkasan upah saat klubnya tengah dilanda krisis ekonomi seperti penggawa-penggawal lain.

Baca Juga

Akhinya kini jebolan akademi Willem II tersebut jadi pemain dengan bayaran paling tinggi di Campi Nou mengalahkan sejumlah bintang senior macam Sergio Busquets, Gerard Pique, dengan pendapatan 1 juta Euro tiap pekan.

Hal ini membuat Barcelona sangat mempertimbangkan untuk melepas Frenkie de Jong di bursa transfer demi menyeimbangkan neraca keuangan.

Kebetulan banyak yang tertarik untuk membelinya terutama Manchester United yang tengah mencoba bangkit di bawah pelatih anyar asal Belanda, Erik ten Hag.

Baca Juga

Hanya saja The Red Devils punya satu ganjalan yan menyulitkan. Meski mereka mampu membayar patokan harga yang ditetapkan namun sang pemain enggan untuk hijrah ke Old Trafford.

Tidak adanya malam-malam Liga Champions di Teater Impian musim ini ditenggarai jadi salah satu alasan terkuat kenapa ia enggan datang.

Baca Juga

Fabrizio Romano memang menegaskan jika kepergian Frenkie de Jong ke Inggris tidak ada hubungannya dengan bursa transfer dan Manchester United namun situasi bisa berubah kapan saja.

Barcelona sendiri masih tetap ingin menjualnya ditunjukkan dengan hanya bermainnya sekali sang playmaker 25 tahun di ajang Liga Spanyol musim ini yang sudah berjalan tiga pekan.


2. Dana Belanja Barcelona Masih Banyak?

Jules Kounde, pemain anyar Barcelona. Foto: REUTERS/Albert Gea

Di luar nalar, klub Liga Spanyol (La Liga), Barcelona, masih mempunyai 57 juta euro untuk belanja pemain lagi di bursa transfer musim panas ini.

Mengherankan bukan? Padahal Barcelona kelimpungan dengan masalah finansialnya saat ini.

Banyak pencinta sepak bola yang masih terheran-heran bagaimana Barcelona bisa jor-joran belanja banyak pemain pada musim panas ini padahal Blaugrana masih terlilit hutang.

Sebelumnya, raksasa Liga Spanyol itu sudah membeli Raphinha dengan mahar sekitar 60 juta pound. Tidak cukup sampai di situ, Barcelona masih bisa memboyong Robert Lewandowski dengan harga 50 juta pound yang tentu saja menimbulkan tanda tanya besar dari mana Laporta mendapatkan uang sedemikian banyak.

Baca selengkapnya:  Di Luar Nalar, Barcelona Masih Punya 57 Juta Euro untuk Belanja Pemain Lagi

Bursa TransferManchester UnitedBarcelonaFrenkie de Jong

Berita Terkini