x

Xavi Hernandez Bilang Dembele Sejajar dengan Neymar?

Kamis, 8 September 2022 19:20 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pemain Barcelona, Ousmane Dembele berusaha merebut bola dari pemain Rayo Vallecano.

INDOSPORT.COM – Penampilan solid Barcelona di awal musim 2022/2023 tidak lepas dari performa impresif Ousmane Dembele. Bahkan sang pelatih, Xavi Hernandez menyebutnya sejajar dengan Neymar.

Permainan apik ditampilkan skuat Blaugrana ketika mencukur habis Viktoria Plzen dengan skor 5-1 di matchday pertama Liga Champions pada Kamis (08/09/22) dini hari tadi.

Baca Juga

Dalam pertandingan tersebut, Ousmane Dembele memang kembali tampil luar biasa dengan menyumbang dua assist untuk dua dari lima gol Barcelona.

Sumbangan dua assist itu membuat statistik Dembele cukup mentereng di awal musim 2022/2023, dengan torehan empat assist dan satu gol dari lima penampilannya di semua kompetisi bersama Barca.

Penampilan winger Timnas Prancis itu pun mulai mendapatkan pujian dari berbagai pengamat sepak bola. Tidak terkecuali oleh pelatihnya di Barcelona, yakni Xavi Hernandez.

Baca Juga

Tidak hanya memberi pujian soal penampilan Dembele di atas lapangan, Xavi bahkan membawa nama Neymar, mantan bintang Barcelona yang kini membela raksasa Ligue 1, PSG.

“Dembele memang sedang dalam performa terbaik, dia senang dan sedang menikmati permainannya bersama Barcelona,” kata Xavi kepada awak wartawan dikutip dari Football Espana.

Xavi juga kembali menegaskan bahwa mantan pemain Borussia Dortmund itu adalah pemain penting dalam rencananya sebagai pelatih Barca.

Baca Juga

“Dia sangat penting untuk saya. Dia mampu membantu rekan-rekan setimnya dengan assist dan juga mencetak gol langsung. Barcelona beruntung punya pemain sepertinya, menurutku, dia punya level yang sejajar dengan Neymar,” jelas Xavi lagi.

Xavi juga mengungkit masa-masa sulit yang sudah dilalui oleh Dembele. Di mana dia menegaskan selalu punya keyakinan yang sama terhadap kualitas sang pemain.


1. Xavi Selalu Percaya kepada Kemampuan Dembele

Ousmane Dembele, striker muda klub Liga Spanyol, Barcelona

Xavi juga menganggap bahwa kesulitan yang dialami Dembele ketika baru masuk Barcelona, adalah hal wajar untuk pemain muda.

“Dia memang sedikit kesulitan di tahun-tahun pertamanya di Camp Nou. Tapi saya selalu bilang, dia punya kemampuan luar biasa dan layak dapat apresiasi dan pujian atas penampilannya sekarang ini,” tutup Xavi.

Baca Juga

Peningkatan performa yang dialami Dembele bersama Barcelona memang tidak lepas dari peran besar Xavi Hernandez sebagai seorang pelatih.

Sejak Xavi ditunjuk menggantikan Ronald Koeman pada November 2021 lalu, Dembele menjadi salah satu pemain yang bangkit dari keterpurukan.

Di sisa musim 2021/2022 lalu, khususnya sejak Xavi mengambil alih kursi pelatih, Dembele mampu menutup musim menjadi raja assist Liga Spanyol. Dia mencatat 13 assist dari 21 penampilan domestik.

Baca Juga

Performa Dembele yang jadi raja assist cukup luar biasa, mengingat dia menghabiskan sebagian besar musim 2021/2022 lalu, dengan cedera kambuhannya.

Di pertengahan musim lalu, sudah banyak tuntutan kepada Xavi dan manajemen Barcelona untuk melepas Dembele guna mengurangi beban gaji.

Namun Xavi selalu percaya kepada Dembele untuk bisa bangkit dari masalah cedera dan membuktikan kualitasnya sebagai pembeda di atas lapangan.

Baca Juga

“Dia anak yang baik dan dia harus mengoptimalkan bakatnya bersama kami. Dia mampu menciptakan perbedaan dan sekarang, dia sudah membuktikan itu kepada kita semua,” pungkas Xavi.

Kini, dengan kedatangan Robert Lewandowski sebagai mesin gol Barcelona, lini serang Barcelona semakin mengerikan untuk lawan dengan peningkatan performa Dembele.


2. Lewandowski Hattrick, Barcelona Puncaki Grup C Liga Champions

Robert Lewandowski

Hasil Liga Champions 2022/2023 matchday pertama Grup C antara Barcelona vs Viktoria Plzen yang digelar pada Kamis (08/09/22) dini hari WIB.

Los Cules tanpa kesulitan mampu membekuk tamunya asal Republik Ceko dengan skor telak 5-1 dimana tiga gol diantaranya tercatat atas nama Robert Lewandowski.

Hanya butuh 13 menit bagi publik Camp Nou untuk merayakan gol pertama pertandingan ini usai Franck Kessie menjebol gawang Plzen kawalan Jindrich Stanek.

Lewat skema sepak pojok, sang gelandang Pantai Gading mencetak gol perdananya untuk Barcelona setelah dipercata untuk kali pertama pula menjadi starter.

Setelah kemasukan Plzen coba untuk melawan dan sempat akan diberi hadiah penalti oleh wasit di menit ke-25 usai Andreas Christensen dianggap melanggara Jhon Musquera di area terlarang.

Baca selengkapnya: Hasil Liga Champions Barcelona vs Viktoria Plzen: Lewandowski Hattrick! Los Cules Puncaki Grup C

NeymarBarcelonaXavi HernandezOusmane DembeleLiga Spanyol

Berita Terkini