x

Bedah Kualitas Santiago Arias, Bek Gratisan yang Tengah Dipantau Manchester United

Sabtu, 10 September 2022 15:11 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Santiago Arias mantan bek Atletico Madrid yang sedang dikaitkan dengan Manchester United. Foto: David S. Bustamante/Soccrates/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, belum lama ini dikaitkan dengan mantan bek kanan Atletico Madrid, Santiago Arias.

Berdasarkan laporan Fox Sports, ada kemungkinan Erik ten Hag bakal merekrut pemain asal Colombia tersebut yang saat ini berstatus tanpa klub.

Baca Juga

Santiago Arias bergabung dengan Atletico Madrid pada 2018 dari PSV Eindhoven. Selama dinaungi Los Rojiblancos, ia sempat pergi sebagai pemain pinjaman ke Bayer Leverkusen dan Granada.

Semasa bermain di Jerman, pemain jebolan Sporting Lisbon ini hanya mencatatkan satu penampilan. Cedera parah yang didapatnya saat bermain untuk timnaslah yang jadi biang kerok.

Cederanya pun tidak main-main. Ia mengalami patah fibula patah dan rusak ligamen di pergelangan kaki sebelah kiri.

Baca Juga

Setelah absen sampai akhir musim 2020-2021, giliran Granada yang disinggahinya sebagai pemain pinjaman.

Sekarang dengan statusnya yang gratisan alias tanpa klub, agaknya bukan hal sulit bagi Manchester United atau siapa pun itu merekrutnya ke tim mereka.

Pemain berusia 30 tahun ini baru saja diputus kontrak oleh Atletico Madrid, klub di mana ia berhasil menikmati gelar Piala Super Eropa tahun 2018.

Baca Juga

Kabarnya, Santiago Arias sedang mempersiapkan kepindahannya ke Liga Inggris dan menandatangani kontrak dengan Manchester United.

Jika benar merapat, ia pun akan diplot sebagai pelapis Diogo Dalot. Sementara itu, Aaron Wan-Bissaka kemungkinan besar akan tersingkir dari persaingan untuk posisi bek kanan.


1. Santiago Arias ke Manchester United?

Santiago Arias mantan bek Atletico Madrid yang sedang dikaitkan dengan Manchester United. Foto: David S. Bustamante/Soccrates/Getty Images.

Manchester United sendiri sudah beraktivitas cukup aktif di bursa transfer musim panas kemarin dengan mendatangkan sejumlah pemain baru ke skuad Erik ten Hag.

Sebut saja Antony (Ajax), Lisandro Martinez (Ajax), Christian Eriksen (Brentford), Tyrell Malacia (Feyenoord), dan Casemiro (Real Madrid).

Baca Juga

Akan tetapi, sepak terjang Setan Merah awal musim ini nampaknya belum sebanding dengan apa yang sudah mereka upayakan. Alhasil, penambahan pemain pun muncul sebagai wacana.

Erik ten Hag, belakangan ini nampak tidak terlalu tertarik dengan Aaron Wan-Bissaka yang ia pasang di bangku cadangan ketika menghadapi Real Sociedad tempo hari.

Bahkan, ia lebih memilih Victor Lindelof sebagai bek kanan setelah kedatangan Lisandro Martinez dari Ajax.

Baca Juga

Santiago Arias pun bak opsi yang cukup menarik sebagai pesaing baik Victor Lindelof maupun Diogo Dalot untuk posisi ini - dengan terpinggirkannya Aaron Wan-Bissaka dari pecking order.

Cedera mungkin jadi momok menakutkan Santiago Arias saat ia berada di Bayer Leverkusen dan juga Granada. Namun itu semua sudah berlalu.

Bagaimana pun juga, ia seorang pemain yang sudah berpengalaman dan bisa menjadi back up andal jika dibutuhkan Erik ten Hag di sektor bek kanannya.

Baca Juga

Meski CV-nya tidak sementereng rekan-rekan seposisinya, Santiago Arias termasuk bek modern yang memiliki orientasi menyerang.

Selain itu, ia juga kuat secara fisik. Kemampuan defensif sekaligus ofensif inilah yang membuat alumni Jong PSV ini spesial.

 

2. Kualiatas Santiago Arias

Santiago Arias mantan bek Atletico Madrid yang sedang dikaitkan dengan Manchester United. Foto: David S. Bustamante/Soccrates/Getty Images.

Bahkan, hal tersebut juga sempat dikemukakan oleh Peter Bosz saat mendatangkan Santiago Arias ke Bayer Leverkusen pada 2020.

Meski tidak memiliki catatan gemilang selama berseragam Die Werkself, bek Timnas Colombia ini mendapat pujian yang cukup berharga dari sang mantan pelatih.

Baca Juga

“Saya sudah tahu Santiago Arias saat dia menjadi musuh di [Liga] Belanda, di mana ia bermain untuk salah satu tim papan atas dan sering digunakan secara ofensif,” ucap Peter Bosz, dikutip dari Mirror.

Peter Bosz memang salah satu saksi yang bisa dibilang paling meyakinkan jika membahas kualiatas Santiago Arias.

Sebagai pelatih Ajax ia sudah pernah menyaksikan kehebatan sang pemain ketika bermain ofensif bersama PSG.

Baca Juga

Di sisi lain, ia juga mengungkapkan seperti apa sosok bernama lengkap Santiago Arias Naranjo ini di Atletico Madrid.

“Di Atletico, ia lebih bermain defensif. Kombinasi ini menjadikannya pemain yang sangat komplet,” jelas Peter Bosz lagi.

Sebelum dikaitkan dengan Manchester United tahun ini, Sebastian Arias juga sempat masuk radar raksasa Liga Inggris tersebut pada 2014 lalu.

Baca Juga

Laman Mirror bahkan sempat memberitakan ketertarikan tersebut, yang mana ia dijadikan alternatif Setan Merah apabila gagal merekrut Rafael da Silva.

Tentu patut dinanti akan seperti apa perkembangan isu Santiago Arias dan Manchester United ini ke depannya. Apakah ia bakal bergabung dengan skuad Erik ten Hag suatu hari nanti?

Atletico MadridManchester UnitedLiga Primer InggrisSantiago AriasLiga InggrisOne Football

Berita Terkini