x

Liverpool Lagi Oleng, Selain Jurgen Klopp Pemain Ini Juga Paling Menderita

Minggu, 11 September 2022 15:41 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Naby Keita saat bersama Mohamed Salah di laga Liverpool vs Tottenham. Foto: REUTERS/Phil Noble.

INDOSPORT.COM - Jurgen Klopp dan klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, masih terseok-seok melakoni awal musim 2022-2023 ini.

Bagaimana tidak? Sempat terdampar ke peringkat sekian belas di klasemen, anak-anak asuh Jurgen Klopp juga mencatatkan hasil horor di Eropa.

Baca Juga

Berbanding jauh dengan raihan musim lalu, di mana mereka berhasil meraih poin penuh (18) dari total 6 laga yang telah dijalani, kali ini The Reds keok langsung di matchday pertama.

Bermain melawan Napoli pada 8 September lalu, mereka dipermalukan 1-4 di Naples, tempat yang sangat ‘terkutuk’ bagi Jurgen Klopp.

Bagaimana tidak? Pelatih asal Jerman tersebut sama sekali belum pernah menang di sana baik saat membesut Liverpool maupun Borussia Dortmund.

Baca Juga

Buntutnya, hasil ini membuat Liverpool bertengger di peringkat tiga klasemen sementara Grup A Liga Champions 2022-2023.

Jumlah poin mereka (0) sama dengan raihan Rangers yang di pertandingan lain ditekuk Ajax empat gol tanpa balas.

Ya, satu buah gol Luis Diaz pada menit ke-49 saat menghadapi Napoli-lah yang menyelamatkan The Reds dari posisi buncit klasemen.

Baca Juga

Setidaknya, mereka saat ini unggul selisih gol dari Rangers, wakil Skotlandia yang terbilang cukup baru berkecimpung di Liga Champions.

Sementara itu di Liga Inggris, Liverpool menghuni peringkat 7 dengan 9 poin setelah bermain imbang melawan Everton di Derby Merseyside.


1. Liverpool Sedang Alami Masa-Masa Sulit

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Lee Smith.

Dengan situasi yang kurang kondusif saat ini, Jurgen Klopp tentu jadi ‘tokoh’ utama yang paling sering mendapat atensi.

Bagaimanapun juga, ia adalah juru taktik tim ini, yang membawa anak-anak asuhnya meraih banyak trofi selama beberapa waktu terakhir.

Baca Juga

Namun sekarang banyak yang mulai mempertanyakan ke mana tangan serta otak ajaib Jurgen Klopp setelah memasuki tahun ketujuhnya membesut Liverpool.

Kutukan tujuh tahun, katanya. Namun selain manajer, pemain juga tidak boleh luput dari perhatian karena merekalah yang bermain di lapangan dalam setiap pertandingan.

Jika harus menyebut beberapa, Naby Keita mungkin salah satu pemain yang paling menderita dengan kondisi Liverpool saat ini.

Baca Juga

Bahkan, mewarisi nomor punggung 8 milik legenda The Reds, Steven Gerrard, tidak membawa tuah keberuntungan bagi gelandang berusia 27 tahun tersebut.

Selain kerap mendapat kritik karena penampilannya, Naby Keita juga sering berkutat dengan cedera, yang bahkan membuatnya absen di setidaknya delapan pertandingan The Reds musim ini.

Apalagi, dengan situasi sekarang di mana Jurgen Klopp sedang dipusingkan dengan deretan cedera gelandangnya, keberadaan Naby Keita bak beban yang mendadak jadi lebih berat dua kali lipat.

Baca Juga

Isu tentang pemain yang satu ini pun menyentil mantan pemain Aston Villa, Gabriel Agbonlahor untuk berkomentar.

Tidak segan-segan, ia pun menyarankan Liverpool melepas gelandang mereka yang satu ini. Kemudian sebagai gantinya, mendatangkan pemain yang lebih baik dengan kondisi fisik yang lebih fit.

 

2. Bukan Hanya Naby Keita

Naby Keita saat bersama Mohamed Salah di laga Liverpool vs Tottenham. Foto: REUTERS/Phil Noble.

Bukan hanya itu, Gabriel Agbonlahor juga memandang masa depan Naby Keita di Liverpool nampak begitu abu-abu. Terlebih lagi, dengan kontrak yang akan berakhir pada Juni 2023.

“Saya rasa dia tidak akan lama di Liverpool. Waktunya di kontrak tinggal sebentar dan di mata saya dia tidak bermain bagus di lapangan,” ucap Gabriel Agbonlahor, seperti dikutip dari thekoptimes.com.

Baca Juga

Secara blak-blakan, Naby Keita bahkan dianggap tidak akan mampu membantu Liverpool meraih gelar Liga Inggris maupun Liga Champions.

“Dia punya kesempatan, tapi sekarang mereka [Liverpool] harus membangun kembali lini tengahnya dan membawa pemain-pemain yan lebih bagus.

“Cedera selalu menjadi masalahnya [Keita], jadi saya tidak tahu mengapa Anda akan memberi kontrak baru ke pemain yang rawan cedera sepertinya.”

Baca Juga

Selain Naby Keita, Harvey Elliott juga cukup menderita dengan kondisi Liverpool saat ini, di mana lini tengah masih jadi persoalan utama yang harus dibenahi.

Bermain bersama James Milner dan Fabinho saat menghadapi Napoli, tiga gelandang ini tidak mampu menunjukkan penampilan yang maksimal di lapangan.

Bahkan, mantan pemain Liverpool yakni Steve Nichol beropini, bahwa memainkan James Milner bersama gelandang yang terlalu muda dan minim pengalaman seperti Harvey Elliott, bisa jadi masalah.

Baca Juga

Jadwal Liverpool Selanjutnya

Usai menghadapi Napoli di Liga Champions, Liverpool dijadwalkan menghadapi Wolves di Liga Inggris pekan lalu. Akan tetapi, laga harus ditunda menyusul mangkatnya Ratu Elizabeth II tempo hari.

Selanjutnya, Jurgen Klopp dan para pemainnya akan kembali ke Liga Champions dengan menghadapi Ajax pada 14 September.

LiverpoolJurgen KloppLiga Primer InggrisLiga InggrisNaby KeitaHarvey ElliottOne Football

Berita Terkini