x

Bikin Lini Depan Bali United Frustasi, Kiper Persis Solo Kembali ke Timnas Indonesia?

Jumat, 16 September 2022 20:30 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Kiper Persis Solo, Muhammad Riyandi (kanan) berpeluang dipanggil Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday melawan Curacao.

INDOSPORT.COM - Kiper Persis Solo, Muhammad Riyandi, bersyukur timnya bisa meraih kemenangan ketiga di Liga 1 musim ini. Penampilan apiknya pun membuatnya berpeluang dipanggil Timnas Indonesia.

Di luar aksi Ryo Matsumura sebagai pencetak dua gol kemenangan di Stadion Manahan Solo, Kamis (15/09/22), aksi Riyandi mendapat banyak pujian.

Baca Juga

Peluang mutlak Bali United lewat Eber Bessa dan Haudi Abdillah bisa digagalkan dengan jangkauan tangannya. Ia juga turut menggagalkan peluang Ilija Spasojevic dan Privat Mbarga.

Beberapa kali aksi saves dalam laga melawan Bali United, Kamis (15/09/22), membuatnya menyalip Andritany Ardhiyasa. Riyandi menjadi kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak di Liga 1 2022/2023.

Namun begitu, Riyandi tak mau disebut sebagai pahlawan tunggal atas kemenangan ini, terutama catatan clean sheet keempat musim ini.

Baca Juga

"Pastinya, syukur Alhamdulillah bisa mendapatkan tiga poin, ini bukan saya saja, tapi semua lini, dari tim pelatih, manajemen, pemain, semua kerja keras. Jadi, kita bersyukur bisa memberikan yang terbaik dan hasil maksimal," kata Muhammad Riyandi.

Performa ciamik Riyandi memberi hiburan tersendiri bagi para penonton laga pekan kesepuluh Liga 1 ini.

Baca Juga

Selain Riyandi, kiper Bali United, Nadeo Argawinata, juga tampil keren. Ia menggagalkan penalti Alexis Messidoro. Nadeo tak sekadar menggagalkan, tetapi bisa menangkap bola Messidoro.

Aksi Riyandi dan Nadeo memberi bukti bahwa mereka layak mendapat panggilan Timnas Indonesia lagi. Selama ini, Riyandi dan Nadeo memang rutin dipanggil tim Garuda.


1. Fokus ke Klub

Kiper Persis Solo, Muhammad Riyandi (kanan) berpeluang dipanggil Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday melawan Curacao.

Terkait peluang dipanggil Timnas, Riyandi tak mau banyak bicara. Eks kiper Barito Putera ini fokus untuk mengamankan gawangnya dari kebobolan.

"Kalau itu (panggilan Timnas) biar pelatih saja yang menilai," ungkap Riyandi.

Baca Juga

Namun, Riyandi pastinya siap ketika Shin Tae-yong memanggilnya. Pada jeda kompetisi Liga 1 ini, Timnas Indonesia akan menghadapi uji coba melawan Curacao pada 23 September dan 27 September 2022 di Jawa Barat.

"Pasti semua pemain mau dipanggil Timnas, cuma bagaimana saya sekarang fokus bersama Persis Solo biar bisa menaikkan Persis Solo," tutur Riyandi.

Baca Juga

Pada era Shin Tae-yong, Riyandi rutin dipanggil ke Timnas Indonesia. terakhir kali menjaga gawang Indonesia saat pra kualifikasi Piala Asia 2023, melawan Chinese Taipei.

Situasi berbalik saat kualifikasi Piala Asia 2022 di Kuwait. Nadeo menjaga gawang Indonesia dalam tiga laga melawan Yordania, Kuwait dan Nepal.


2. Tunggu Pengumuman Resmi

Muhammad Riyandi termasuk salah satu kiper yang kerap mendapat panggilan Timnas Indonesia.

Sejauh ini, Riyandi maupun Nadeo belum mengetahui apakah dipanggil melawan Curacao atau tidak. Shin Tae-yong ingin mendatangkan nama-nama baru dalam laga uji coba nanti.

Belum diketahui apakah nama-nama baru tersebut termasuk posisi penjaga gawang. Namun bila melihat penampilan di Liga 1, Riyandi dan Nadeo masih yang terdepan, bersama Andritany Ardhiyasa.

Kemungkinan, PSSI baru akan membuat pengumuman resmi setelah seluruh laga pekan kesepuluh Liga 1 2022/2023 selesai digelar.

Masih ada dua laga tersisa pada pekan kesepuluh Liga 1, antara Persija Jakarta melawan Madura United serta Persik Kediri melawan Arema FC. 

Dua laga Liga 1 ini akan digelar pada Sabtu (17/09/22) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi serta Stadion Brawijaya Kediri.

Persis SoloTimnas IndonesiaBali UnitedLiga IndonesiaMuhammad RiyandiLiga 1

Berita Terkini