x

3 Pemain Asing Liga 1 yang Dipanggil Negaranya untuk FIFA Matchday, Ada yang Bakal Hadapi Ronaldo

Rabu, 21 September 2022 11:07 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Bek asing anyar Persija, Ondrej Kudela.

INDOSPORT.COM – Berikut 3 pemain asing di kancah Liga 1 2022-2023 yang dipanggil oleh negaranya untuk melakoni FIFA Matchday.

Saat ini, Liga 1 2022-2023 tengah memasuki masa libur seiring adanya jeda internasional untuk melakoni FIFA Matchday.

Baca Juga

Jeda internasional ini merupakan waktu di mana beberapa negara anggota FIFA akan melakoni pertandingan entah itu persahabatan maupun kompetisi.

Tak seperti biasanya, PT LIB selaku operator Liga 1 memutuskan untuk memberikan libur kepada para tim peserta saat jeda internasional.

Sebelum-sebelumnya, kompetisi teratas Indonesia ini hampir selalu memainkan pertandingan-pertandingannya kendati jeda internasional tengah berlangsung.

Baca Juga

Namun perkembangan Liga 1 yang makin diisi oleh pemain-pemain berkualitas dan jadi andalan negaranya, terutama Timnas Indonesia, membuat kompetisi diliburkan.

Liburnya kompetisi pun membuat tim-tim yang pemainnya dipanggil untuk membela tim nasionalnya merasa diuntungkan.

Untuk kompetisi Liga 1, biasanya hanya para pemain lokal saja yang dipanggil ke tim nasional saat jeda internasional berlangsung.

Baca Juga

Namun belakangan ini, beberapa pemain asing di kompetisi Liga 1 juga mulai dilirik oleh negaranya untuk melakoni FIFA Matchday.

Di Liga 1 2022-2023 ini, siapa saja pemain asing yang dipanggil negaranya untuk melakoni FIFA Matchday? Berikut daftarnya.


1. 1. Ondrej Kudela (Persija Jakarta)

Bek asing anyar Persija, Ondrej Kudela.

Ondrej Kudela menjadi salah satu pemain asing di Liga 1 2022-2023 yang namanya dipanggil oleh negaranya untuk FIFA Matchday, yakni Republik Ceko.

Bek berusia 35 tahun ini dipanggil Republik Ceko untuk melakoni laga FIFA Matchday yakni UEFA Nations League musim 2022/23.

Baca Juga

Pemanggilan ini sejatinya bukan hal mengejutkan. Sebab, Kudela sendiri merupakan langganan tim nasional Republik Ceko sejak sebelum bergabung Persija Jakarta.

Namun pemanggilan ini terbilang membingungkan. Selain faktor usia, Kudela bermain di kompetisi Liga 1 yang secara status masih kalah bila dibandingkan kompetisi di Republik Ceko.

Hanya saja pelatih Republik Ceko, Jaroslav Silhavy, tetap memanggil Kudela kendati muncul protes dari pendukung tim nasionalnya karena sang pemain bermain di kompetisi sekelas Liga 1.

Baca Juga

Jaroslav Silhavy memutuskan untuk tetap memanggil Kudela karena pengalaman yang ia miliki. Selain itu, Republik Ceko tengah mengalami krisis di sektor bek.

Di FIFA Matchday ini, Kudela berpotensi bermain di UEFA Nations League dan akan menghadapi Swiss dan Portugal yang bakal dibela Cristiano Ronaldo.


2. 2. Abdulla Yusuf Helal (Persija Jakarta)

Pertandingan antara Persija Jakarta vs Madura United di BRI Liga 1 2022.

Persija Jakarta tak hanya mengirim Ondrej Kudela saja ke negaranya di FIFA Matchday ini. Macan Kemayoran juga mengirim Abdulla Yusuf Helal ke Bahrain.

Pemain berusia 29 tahun ini dipanggil ke tim nasional Bahrain untuk melakoni FIFA Matchday melawan Tanjung Verde dan Panama.

Baca Juga

Pemanggilan Yusuf Helal sendiri tak terbilang mengejutkan. Sama seperti Kudela, ia merupakan langganan Timnas Bahrain.

Tercatat, eks pemain Sparta Praha ini telah tampil sebanyak 59 kali bagi Timnas Bahrain dan berhasil mengoleksi 5 gol bagi negaranya.

Pemanggilan Yusuf Helal diyakini juga karena kiprahnya. Di Liga 1 2022-2023, ia telah tampil sebanyak 8 kali dan mampu melesakkan 3 gol.

Baca Juga

Pemanggilan Yusuf Helal pun membuat Persija Jakarta menjadi tim Liga 1 yang pemainnya paling banyak dipanggil negaranya untuk FIFA Matchday.

Total, 12 pemain Macan Kemayoran telah berangkat dan telah bergabung ke tim nasionalnya, termasuk ke Timnas Indonesia.


3. 3. Majed Osman (Dewa United)

Majed Osman dibayangi Cleberson.

Tak mau kalah dari tim papan atas seperti Persija Jakarta, tim promosi Liga 1 Dewa United juga punya pemain yang dipanggil negaranya.

Tak tanggung-tanggung, pemainnya dipanggil oleh Timnas Lebanon. Pemain tersebut adalah pemain asingnya, Majed Osman.

Baca Juga

Pemain berusia 28 tahun ini sama seperti Kudela dan Abdulla Yusuf Helal. Ketiganya sama-sama baru musim ini merumput di Liga 1.

Selain itu, ketiganya juga ternyata sama-sama pernah jadi andalan negaranya masing-masing. Majed Osman sendiri tercatat telah tampil sebanyak 2 kali untuk negaranya.

Baca Juga

Pemain kelahiran Inggris ini kembali dipanggil oleh Timnas Lebanon di FIFA Matchday kali ini karena penampilannya di Dewa United.

Meski baru musim ini merumput di Liga 1, Majed Osman mampu membuktikan dirinya dengan mencatatkan 2 gol dan 1 assist bagi Dewa United dalam 8 laga.

FIFAPersija JakartaBola InternasionalLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Dewa United FCLiga 1 2022-2023Ondrej KudelaAbdulla Yusuf Helal

Berita Terkini