x

Gebuk Thailand, Malaysia Jadi Ancaman Terbesar Timnas Indonesia di Piala AFF 2022?

Sabtu, 24 September 2022 00:01 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Ilham Oktafian
Sukses Malaysia bekuk Thailand di King's Cup 2022 bisa menjadi sinyal bahaya bagi timnas Indonesia jelang Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM - Mengingat Piala AFF 2022 sudah semakin dekat, timnas Indonesia seharusnya sudah mulai bisa mempetakan siapa saja lawan terberat mereka.

Saudara serumpun sekaligus rival berat, Malaysia, patut diperhitungkan mengingat mereka menunjukkan progres apik bersama pelatih baru mereka yakni Kim Pan-gon.

Baca Juga

Terbaru mereka baru saja menumbangkan Thailand di ajang King's Cup 2022 pada Kamis (22/09/22) lalu lewat adu penalti.

Harimau Malaya unggul 3-5 atas The War Elephants yang bermain di hadapan publiknya sendiri di Chiang Mai Stadium dan terpaksa gugur dari turnamen gelaran mereka sendiri.

Meskipun Thailand tidak memanggil semua pemain terbaiknya namun Malaysia masih tetap patut diapresiasi karena lawannya tetap berstatus raja Asia Tenggara dengan enam titel Piala AFF.

Baca Juga

Tuan rumah masih bisa mengandalkan sejumlah bintang top mereka macam Thitiphan Puangchan, Supachok Sarachat, Narubadin Weerawatnodom, Theerathon Bunmathan, termasuk kapten Chanathip Songkrasin.

Kim Pan-gon mengatasinya dengan kombinasi pemain muda berbakat seperti Safawi Rasid, Arif Aiman, dan Akhyar Aiman bersama talenta keturunan juga naturalisasi.

Baca Juga

Sebut saja Matthew Davis, La'Vere Corbin-Ong, Declan Lambert, Brendan Gan, Darren Lok, serta Mohamadou Sumareh.

Pada edisi 2020 Piala AFF lalu Malaysia memang bisa dibantai 4-1 oleh timnas Indonesia di babak grup namun belum tentu hasil yang sama bisa terulang di Piala AFF 2022.


1. Efek Kim Pan-gon

Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM).

Keberadaan Kim Pan-gon sebagai juru taktik benar-benar memperkuat Malaysia secara menyeluruh.

Mantan petinggi federasi sepak bola Korea Selatan itu memang baru memimpin anak-anak asuhnya di delapan laga namun rasio kemenangannya sangat meyakinkan.

Baca Juga

Berkat pakem utama 4-3-3, Malaysia meraih enam kemenangan termasuk atas Turkemenistan dan Bangladesh di kualifikasi Piala Asia 2023.

Sejauh ini Kim Pan-gon merasa puas dengan progres awalnya bersama The Malayan Tigers dan kini membidik trofi King's Cup 2022 yang bisa jadi penambah motivasi jelang Piala AFF 2022.

Baca Juga

"Saya bangga dengan para pemain Malaysia karena mereka sudah memberikan 100% komitmen mereka untuk membanggakan negara," ungkap Kim Pan-gon usai mengalahkan Thailand.

"Padahal kami bermain tandang. Fisik dan mental memang diuji namun kami berhasil mengalahkan itu semua,"

"Ini semua berkat usaha tim. Terima kasih saya haturkan untuk mereka semua," tambah bekas pelatih Hong Kong tersebut.

Baca Juga

Timnas Indonesia belum akan bertemu Malaysia di babak grup Piala AFF 2022 karena terhimpun dalam kumpulan yang berbeda.

Derby Nusantara baru bisa digelar setidaknya di semifinal yang pastinya akan semakin menambah bumbu semarak di kompetisi dua tahunan tersebut.


2. Tolak Timnas Indonesia, Hilgers Difasilitasi Skuat Mewah oleh Belanda

Mees Hilgers

Pemain berdarah Indonesia, Mees Hilgers, kemungkinan besar akan segera mendapat debutnya bersama Belanda U-23 pada Jumat (23/09/22) malam ini.

Dalam laga uji coba kontra Belgia U-23, defender 21 tahun tersebut akan didampingi banyak nama-nama tenar yang membuat siapapun menjadi paham kenapa ia memilih sangara negara kelahirannya ketimbang timnas Indonesia.

Hilgers sebelumnya sama sekali belum pernah membela Belanda di level manapun. Mungkin karena ia tidak tergolong jangkung (183 cm) untuk ukuran bek tengah.

Hanya saja kariernya meroket setelah sejak 2021/2022 lalu menjadi penampil reguler untuk klub kasta teratas Liga Belanda, FC Twente.

Status starter masih bisa Hilgers pertahankan musim ini dan ia sudah tampil enam kali di kompetisi domestik untuk membawa kesebelasannya bertengger di lima besar klasemen sementara.

Baca selengkapnya: Pantas Saja Tolak Timnas Indonesia, Ini Skuat Bertabur Bintang Belanda untuk Debut Mees Hilgers!

MalaysiaThailandTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas MalaysiaKim Pan-gonPiala AFF 2022

Berita Terkini