x

UEFA Nations League: Spanyol Kalah dari Swiss, Luis Enrique Hadapi Partai Hidup Mati

Minggu, 25 September 2022 19:45 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique. Foto: David Ramos/Getty Images.

INDOSPORT.COM – Pelatih Spanyol, Luis Enrique, menyebut laga melawan Portugal akan menjadi partai hidup mati mereka setelah kalah dari Swiss di lanjutan UEFA Nations League.

Timnas Spanyol tampaknya harus bersusah payah hingga akhir jika ingin lolos ke putaran selanjutnya di UEFA Nations League 2022.

Baca Juga

Spanyol yang sebelumnya diprediksi akan menang mudah melawan Swiss, justru harus terjungkal di kandang sendiri dengan skor 1-2.

Di pertandingan tersebut, satu-satunya gol Spanyol berhasil disarangkan oleh Jordi Alba pada menit ke-55. Sementara itu, dua gol Swiss berhasil dilesatkan oleh Manuel Akanji (21’) dan Breel Embolo (58’).

Kekalahan tersebut membuat skuad asuhan Luis Enrique harus bersiap bertempur sampai darah penghabisan di partai melawan Portugal nanti.

Baca Juga

Sebab, jika kalah Spanyol berpotensi tidak akan lolos ke babak selanjutnya UEFA Nations League. Namun, dengan syarat lain Swiss juga turut menang.

“Kami harus bekerja pada semua aspek permainan. Kami harus berkembang, tetapi kami punya waktu”, ucap Luis Enrique dilansir dari Marca.

"Ini akan menjadi 'final' di Portugal dan kami akan pergi ke sana untuk mencoba menang,” tambah mantan pelatih Barcelona tersebut.

Baca Juga

Saat ini, Spanyol berada di posisi kedua klasemen sementara Grup A2 dengan torehan 8 poin.

La Roja terpaut masing-masing dua poin dari Portugal di atasnya, dan Swiss di peringkat ketiga.


1. Luis Enrique Sebut Pemainnya Kerap Lakukan Kesalahan

Timnas Spanyol saat merayakan gol ke gawang Jerman di pertandingan UEFA Nations League, Rabu (18/11/20) dini hari WIB. Foto: Mateo Villalba/Quality Sport Images/Getty Images.

Alih-alih mendambakan kemenangan dan memastikan lolos dari fase grup UEFA Nations League, Timnas Spanyol justru dipaksa harus berjuang hingga titik darah penghabisan.

Kekalahan atas Swiss telah membuat langkah mereka ke babak selanjutnya UEFA Nations League akan semakin berat.

Baca Juga

Bagaimana tidak, Portugal yang akan menjadi lawan terakhir mereka suda siap menunggu di kandang pada hari Rabu (28/09/22) nanti.

Selepas pertandingan, Luis Enrique pun turut memberikan pernyataan terhadap hasil yang telah diraih oleh timnya tersebut.

Mantan pelatih Barcelona tersebut mengaku anak asuhnya kerap melakukan kesalahan sendiri yang berujung pada terciptanya gol Swiss.

Baca Juga

“Pertandingan dimulai dengan niat yang sama seperti biasanya, tetapi dengan lawan yang menekan dengan sangat baik, yang secara fisik sangat kuat dan itu menghentikan kami memainkan sepak bola kami," ucap Luis Enrique dilansir dari Football Espana.

“Di babak pertama kami ceroboh, di babak kedua tidak. Saya tidak ingat pertandingan dengan begitu banyak kesalahan teknis dari begitu banyak pemain. Tidak ada yang saya lihat minggu ini. Dan kemudian kami pergi ke belakang saat jeda,” tambah lanjut Enrique.

Luis Enrique juga menyatakan bahwa anak asuhnya seperti telat panas, karena pada babak kedua mereka baru menemukan sisi terbaiknya.

Baca Juga

“Kami memulai dengan lebih baik (babak kedua), lebih tepat, dan kami berhasil menyamakan kedudukan. Tapi ketika kami melakukan itu, kami kebobolan gol dari sepak pojok. Ini adalah bagian dari sepak bola, tidak pernah berhenti mengejutkan Anda,” kata Luis Enrique.

“Mereka mengatakan bahwa mengalahkan Swiss akan mudah dan sekarang kita telah melihat bahwa tidak ada yang mudah,” tutup pelatih berusia 52 tahun tersebut.


2. Luis Enrique Masih Buka Peluang Panggil Sergio Ramos

Sergio Ramos saat bermain untuk Timnas Spanyol. Foto: David S. Bustamante/Soccrates/Getty Images.

Bek klub Liga Prancis (Ligue 1), Paris Saint-Germain, Sergio Ramos memberikan respons terhadap nama-nama pemain yang dipanggil ke timnas Spanyol tanpa dirinya.

Liga-liga kompetisi sepak bola di Eropa saat ini tengah mengalami jeda lantaran adanya agenda pertandingan internasional atau FIFA Matchday untuk bulan September 2022 ini.

Alhasil banyak pemain yang pulang kampung ke negaranya karena dipanggil untuk memperkuat Tim Nasionalnya.

Sayang tidak semua pemain bintang bermain di laga internasional karena tak terpilih memperkuat timnas mereka, salah satunya adalah Sergio Ramos.

Bek milik Paris Saint-Germain (PSG) ini tidak terpilih memperkuat timnas Spanyol, untuk dua pertandingan lanjutan UEFA Nations League.

Baca Selengkapnya: Luis Enrique Masih Buka Peluang Untuk Panggil Sergio Ramos Lagi ke Timnas Spanyol

SpanyolLuis EnriqueBola InternasionalTim Nasional SpanyolUEFA Nations League

Berita Terkini