x

Mengenal Benjamin Sesko, Bomber Idaman Manchester United yang Kerasukan Marco van Basten

Jumat, 30 September 2022 15:00 WIB
Editor: Ilham Oktafian
Berikut profil bomber RB Leipzig, Benjamin Sesko yang mencetak gol spektakuler bagi Timnas Slovenia dan dianggap kerasukan Marco van Basten.

INDOSPORT.COM - Berikut profil bomber RB Leipzig, Benjamin Sesko yang mencetak gol spektakuler bagi Timnas Slovenia dan dianggap kerasukan Marco van Basten.

Nama Benjamin Sesko memang tengah jadi buah bibir. Penyebabnya yakni aksinya di UEFA Nations League saat Slovenia bentrok dengan Swedia pada Rabu (28/09/22).

Baca Juga

Penyerang berusia 19 tahun tersebut mencetak gol voli spektakuler di menit ke-28 hasil umpan dari kompatriotnya, Petar Stojanovic.

Dari situasi umpang lambung, Sesko langsung melepaskan tendangan luar biasa dan merobek gawang Swedia.

Sekilas, gol tersebut mengingatkan akan gol milik legenda Belanda, Marco van Basten di Euro 1988 silam.

Baca Juga

Yang membedakan, Sesko melakukan aksi tersebut melalui gol kaki kiri, sementara Van Basten dengan kaki kanan. 

Meski masih belum mendekati level Van Basten, namun Sesko punya potensi besar untuk menjadi bomber maut layaknya eks AC Milan tersebut.

Pasalnya, usia Sesko terbilang muda. Namun di usianya yang belum genap 20 tahun ia sudah melakukan aksi spektakuler.

Baca Juga

Bukan tidak mungkin, bakatnya di level timnas, RB Leipzig maupun klub sementaranya saat ini RB Salzburg akan terus terasah dalam beberapa tahun kedepan hingga mampu mendekati level Van Basten.

Terlebih jika Sesko diberi kesempatan main di klub mapan, mengingat klub-klub seperti Manchester United terpantau masih mengincarnya. Berikut profil Benjamin Sesko.


1. Jebolan Akademi NK Domzale

Benjamin Sesko pemain RB Salzburg. Foto: Instagram@benjaminsesko

Pemain bertinggi 195 cm tersebut merupakan pemain kelahiran Radece, Slovenia 2003 silam. Sesko memulai karirnya di klub kelahirannya, Radece sebelum akhirnya pindah ke Krsko saat usianya 13 tahun.

Sesko memperkuat NK Radece U-15 dan U-17. Bersama tim junior tersebut, Sesko sudah tampil menonjol ketimbang rekannya yang lain.

Baca Juga

Terbukti, dalam 23 pertandingan yang ia lakoni bersama kelompok umur NK Radece, Sesko mampu mengumpulkan 59 gol. Catatan yang spektakuler untuk anak seusianya.

Bakat Sesko kemudian menarik perhatian dari NK Domzale. Ia pun resmi hijrah ke klub tersebut medio 2018 lalu.

Hanya semusim bersama NK Domzale, Sesko langsung dipantau klub-klub mapan Eropa. Tercatat,  Manchester United, Liverpool, Chelsea hingga Real Madrid kepincut meminangnya.

Baca Juga

Namun pada akhirnya Sesko menjatuhkan pilihan pada RB Salzburg. Klub asal Austria tersebut akhirnya mendapatkan tanda tangan musim 2019-2020.

Kala itu, Sesko ditebus RB Salzburg dengan mahar hanya sekitar 2,5 juta euro saja alias setara Rp37 Miliar. Faktor kesempatan menit bermain disebut-sebut jadi alasan Sesko memilih RB Salzburg ketimbang klub lain.

Namun, karir Sesko bersama RB Salzburg tak berlangsung mulus. Ia harus menjalani masa peminjaman ke klub lain.

Baca Juga

Tercatat, ia sempat disekolahkan bersama FC Liefering sebelum akhirnya kembali ke pelukan RB Salzburg di musim 2020-2021.

Kesempatan tersebut tak disia-siakan oleh Sesko. Penampilannya cenderung menunjukkan grafik yang meningkat.


2. Sempat Diinginkan Banyak Klub

Bomber RB Salzburg Benjamin Sesko saat UEFA Nations League Slovenia vs Norwegia

Pada musim 2021-2022 lalu Sesko sukses menggelontorkan 10 gol plus 7 assist dalam 36 penampilannya bersama RB Salzburg.

Statistik tersebut terbilang apik mengingat Sesko tak selalu tampil reguler dan lebih sering diturunkan sebagai pemain pengganti.

Baca Juga

Terbukti, saat ia jadi pilihan pertama RB Salzburg Sesko membayar tuntas kepercayaan pelatih dengan membukukan 5 gol plus 1 assist dalam 11 penampilannya.

Salah satu momen ikonik adalah saat Sesko melukai Liverpool di laga uji coba dengan gol tunggalnya yang mampu mengantarkan kemenangan bagi RB Salzburg.

Sejurus kemudian, sejumlah klub mapan Eropa khususnya Manchester United tertarik untuk membawanya ke Old Trafford.

Baca Juga

Petinggi Setan Merah, John Murtough bahkan kepergok sudah melangsungkan pertemuan dengan rombongan Sesko untuk menuntaskan transfer tersebut. Sayangnya, Sesko lebih memilih bergabung dengan RB Leipzig. Nantinya, ia bakal dipinjamkan terlebih dulu ke RB Salzburg sebelum merapat ke RB Leipzig musim depan.

Usut punya usut, Sesko sendiri sudah dibidik klub-klub elit sejak masih berada di Slovenia. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh sang agen Elvis Basanovic.

“Kami mendapat banyak tawaran dari klub yang sangat besar,” ujar agen Seski, Basanovic dalam wawancara dengan SPOX beberapa tahun lalu.

Baca Juga

"Seandainya kami memutuskan uangnya, Benjamin akan pindah ke Inggris atau Italia,"

“Tetapi kami memutuskan untuk melihat gambaran yang lebih besar dan proyek Salzburg,"

Manchester UnitedMarco van BastenSloveniaRB LeipzigRed Bull SalzburgBenjamin Sesko

Berita Terkini

Berita Terpopuler