x

Miris! Liga 1 Putri Tak Kunjung Hadir, Arema Pinjamkan 5 Pemainnya ke Liga Timor Leste

Jumat, 30 September 2022 17:25 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Prio Hari Kristanto
Arema FC Women dikabarkan melepas lima pemainnya ke Liga Timor Leste, menyusul Liga 1 Putri yang tak segera digelar setelah ditiadakan oleh PSSI tahun lalu.

INDOSPORT.COM – Arema FC Women dikabarkan melepas lima pemain wanitanya ke Liga Timor Leste, menyusul Liga 1 Putri yang tak segera digelar setelah ditiadakan oleh PSSI tahun lalu.

Sebagaimana diketahui, Federasi Sepak Bola Indonesia, PSSI, mengungkapkan bahwa Liga 1 Putri resmi ditiadakan setelah kongres tahunan ditutup.

Baca Juga

Berdasarkan hasil kongres tahunan PSSI, pada Mei 2021 lalu, Sekjen PSSI, Yunus Nusi, telah mengambil keputusan untuk meniadakan kompetisi Liga 1 Putri.

Kendati demikian, PSSI tetap menggelar Piala Pertiwi sebagai ganti peniadaan Liga 1 Putri pada musim 2021.

“Liga 1 Putri tahun ini ditiadakan. Namun Piala Pertiwi tingkat Asprov kita mulai pada Agustus 2021," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi.

Baca Juga

Sejak keputusan tersebut resmi dirilis oleh PSSI, Liga 1 Putri hingga saat ini tak kunjung digelar meski BRI Liga 1  telah berlangsung hingga pekan ke-11.

Padahal pada 2019 lalu, para pesepak bola wanita Tanah Air tengah berbahagia karena bisa merasakan kompetisi resmi di Indonesia.

Hanya saja, kompetisi tersebut mau tak mau harus vakum, menyusul pandemi virus Corona pada tahun 2019 lalu.

Baca Juga

Usut punya usut, keputusan tersebut dilepaskan PSSI karena tidak ingin membebani klub Liga 1 karena kondisi finansial ikut terdampak karena pandemi.

Namun, setelah klub-klub mulai menjejaki Liga 1 BRI, sayangnya kompetisi untuk tim putri justru tak kunjung digelar. Alhasil lima pemain Arema FC memutuskan hengkang ke Liga Timor Leste.


1. 5 Pemain Tim Putri Arema Hengkang ke Liga Timor Leste

Arema FC putri.

Beberapa waktu lalu, Arema FC Women mengungkapkan bahwa mereka akan meminjamkan lima pemain putrinya untuk mengikuti kompetisi di Liga Timor Leste.

Keputusan itu dilakukan oleh klub yang dikenal dengan julukan Singo Edan, setelah kecewa dengan penundaan Liga 1 Putri yang tak kunjung digelar.

Baca Juga

Sejak digelar pertama kali pada tahun 2019, Liga 1 Putri hingga saat ini belum menunjukkan adanya tanda-tanda akan dimulai kembali.

Tak ingin lama menunggu dan merasa para pemain putrinya butuh waktu bermain di pertandingan resmi. Arema kini memilih memilih untuk meminjamkannya ke Liga Timor Leste.

Pemain putri pertama yang dilepas Arema ke Liga Timor Leste adalah Alzahna Firzalvia. Gelandang berusia 22 tahun ini dikenal karena selalu mengenakan jilbab meski sedang bertanding.

Baca Juga

Kemudian, Aulia Nur Hikmatin, seorang mahasiswi lulusan Universitas Negeri Yogyakarta kini menjadi bintang Arema Putri setelah menjuarai Women Open Sriwijaya Championship 2021 lalu.

Setelah itu kiper Arema Putri, Windi Ayu Puspitasari, juga turut dipinjamkan ke Liga Timor Leste usai menjadi kunci kesuksesan dalam merengkuh posisi runner-up Grup B di Liga 1 Putri 2019.

Bek haus gol, Ariska Kusumaningtyas menjadi pemain berikutnya yang dilepas Arema. Meskipun bermain sebagai pemain belakang, ia merupakan pilar kebanggaan Singo Edan.

Baca Juga

Anisya Widyawati, menjadi pemain kelima Arema yang dipinjamkan ke Liga Timor Leste. Padahal ia, pernah mencicipi pengelaman bermain bersama Timnas Indonesia Putri.

Peminjaman para pemain ini cukup disayangkan, mengingat pencapaian mereka yang mengesankan. Tetapi, keputusan tersebut merupakan yang terbaik demi menunjang karier mereka sebagai pesepak bola.


2. Bek Cantik Shafira Ika Tinggalkan Arema FC

Shafira Ika Putri saat berlatih bersama Persis Solo Women. Foto: Instagram@shafiraikaputri13

Pesepak bola putri, Shafira Ika Putri, resmi meninggalkan tim Arema FC Women. Kini bek cantik itu berlabuh di tim Persis Solo.

Sosok Shafira Ika Putri bisa dibilang merupakan ikon untuk tim Arema FC Putri. Namanya kian jadi sorotan setelah berhasil mengantarkan Arema tersebut menjuarai Piala Pertiwi 2022 zona Jawa Timur.

Seperti diketahui, Arema FC Women memang baru saja eluar sebagai Juara Piala Pertiwi Regional Jawa Timur (Jatim) setelah mengalahkan lawannya, Mojosari Putri pada bulan Maret lalu.

Namun belum sampai sebulan berselang, tim berjulukan Ongis Sinam itu membawa kabar mengejutkan bahwa klub asal Malang itu tak lagi diperkuat Shafira Ika Putri.

Selain Shafira Ika Putri, Arema FC Woman juga resmi berpisah dengan Helya Maesyaroh. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Arema FC Woman lewat akun resmi-nya di Instagram, Kamis (14/04/22) silam.

Baca selengkapnya: Tinggalkan Arema FC, Ke Mana Bek Cantik Shafira Ika Putri Berlabuh?

PSSILiga IndonesiaArema FCLiga 1 PutriArema FC PutriBerita Liga 1 Putri

Berita Terkini