x

Bedah Formasi Mengerikan Chelsea Bila Diperkuat Christopher Nkunku, Aubameyang Ikut Gacor?

Sabtu, 1 Oktober 2022 13:55 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Prio Hari Kristanto
Berikut formasi mengerikan Chelsea di Liga Inggris (Premier League), jika kepindahan Christopher Nkunku dari RB Leipzig menjadi kenyataan pada bursa transfer.

INDOSPORT.COM – Berikut formasi mengerikan Chelsea di Liga Inggris (Premier League), jika kepindahan Christopher Nkunku dari RB Leipzig menjadi kenyataan pada bursa transfer.

Christopher Nkunku menjadi bahan perbincangan publik, menyusul kebocoran tes medis yang dilakukannya secara rahasia pada Jumat (30/09/22) kemarin.

Baca Juga

Kebocoran informasi tersebut pertama kali disampaikan oleh BILD Sport yang melaporkan bahwa Chelsea mengadakan tes medis dengan Nkunku.

Laporan tersebut mengungkapkan jika tes medis rahasia itu dilakukan dalam beberapa waktu sebelum penutupan jendela bursa transfer musim panas kemarin.

Tes medis tersebut diyakini sebagai syarat kepindahan Christopher Nkunku ke Chelsea, karena turut dihadiri oleh staf ahli ortopedi dari The Blues.

Baca Juga

Lebih lanjut Fabrizio Romano juga turut menjelaskan, jika klub asal London Barat itu telah mengirim tawaran kontrak jangka panjang ke Nkunku untuk kesepakatan pada 2023 mendatang.

Hanya saja, kepindahan Nkunku belum sepenuhnya selesai karena Chelsea masih harus membicarakan klausul rilis kepada RB Leipzig.

Dilaporkan bahwa untuk mendatangkan bintang Bundesliga tersebut, The Blues harus menebus klausul rilis sebesar 60 juta euro atau sekitar Rp900 miliar.

Baca Juga

Kendati demikian, pemilik Chelsea, Todd Boehly tidak akan mempermasalahkan hal tersebut, tetapi justru ingin mempercepat proses kepindahan Nkunku.

Dengan mempertimbangkan kedatangan bintang RB Leipzig, berikut formasi mengerikan Chelsea bila diperkuat Christopher Nkunku.


1. Formasi Mengerikan Chelsea Setelah Kedatangan Nkunku

Christopher Nkunku (RB Leipzig) mencoba keluar dari kepungan para pemain Bayern Munchen (06/02/22). (REUTERS/Andreas Gebert)

Christopher Nkunku dapat dikatakan sebagai pemain dengan kemampuan bermain di berbagai lini.

Di sepanjang kariernya sebagai pesepak bola, Nkunku, justru lebih banyak menghabiskan waktu bermain sebagai gelandang tengah.

Baca Juga

Nkunku telah memainkan 67 pertandingan sebagai gelandang tengah dan mampu mencatatkan 12 gol dan 13 assist.

Selain itu, pemain berusia 24 tahun itu juga pernah bermain di posisi gelandang serang sebanyak 47 kali dengan 18 gol dan 16 assist.

Bahkan, Nkunku juga bisa dimainkan di kedua sayap dengan jumlah penampilan sebanyak 33 kali dan berhasil mencetak 11 gol dan 8 assist.

Baca Juga

Hanya saja, akhir-akhirnya ia lebih kerap ditempatkan sebagai penyerang kedua alias second striker di RB Leipzig.

Pasalnya ketika bermain sebagai penyerang kedua, Christopher Nkunku mampu mencetak 21 gol dan 10 assist dari 35 pertandingan.

Dengan catatan tersebut, Nkunku bisa menjadi salah satu pemain paling fleksibel yang dimiliki Graham Potter sebagai pelatih baru Chelsea.

Baca Juga

Christopher Nkunku bisa dipasangkan bersama Aubameyang di lini depan sebagai penyerang kedua. Tetapi, kabar buruknya Potter harus mengorbankan Armando Broja.

Selain itu, bintang Bundesliga tersebut juga dapat ditempatkan sebagai flank baik di sisi kanan ataupun kiri, sehingga Aubameyang masih bisa berada di posisi terbaiknya.


2. Jadi Tandem Sempurna Aubameyang

Pierre-Emerick Aubameyang mengenakan nomor punggung 9 di Chelsea.

Dalam lima pertandingan terakhir Christopher Nkunku bersama RB Leipzig, ia banyak bermain di sisi kiri baik sebagai flank atau second striker.

Sekilas, kehadiran Nkunku membuat Sterling kehilangan tempatnya di skuad utama. Tetapi, tidak menutup kemungkinan jika mereka bisa bermain bersama.

Baca Juga

Sementara itu, dengan mempertahankan Aubameyang di posisi terbaiknya. Christopher Nkunku justru bisa menjadi tandem yang sempurna.

Jika Nkunku dan Aubameyang dimainkan secara bersama, tentu membuat beberapa pemain Chelsea harus merelakan posisi terbaiknya.

Raheem Sterling yang semula bermain sebagai penyerang sayap harus digeser lebih ke dalam, sehingga menjadi bek sayap kiri.

Baca Juga

Tapi, pada pertandingan pertamanya bersama Graham Potter, Sterling masih bisa mencetak gol meski bermain di luar posisi terbaiknya.

Sementara itu, Kai Havertz akan ditempatkan di posisi aslinya sebagai gelandang serang yang akan mengubungkan bola kepada Nkunku dan Aubameyang.

Untuk sisi sebelah kanan, Reece Jame masih menjadi andalan meskipun tidak menutup kemungkinan ia akan bermain sebagai bek kiri.

Baca Juga

Oleh karena itu, Graham Potter bisa menggunakan formasi 3-4-1-2 dengan tetap mempertahankan skema favoritnya.

Berikut formasi mengerikan Chelsea dengan Christopher Nkunku (3-4-1-2): Mendy; Fofana, Thiago Silva, Cucurella; Reece James, Jorginho, Kovacic, Sterling; Kai Havertz; Aubameyang, Christopher Nkunku.

Bursa TransferChelseaLiga Primer InggrisRB LeipzigLiga InggrisBerita Bursa TransferChristopher Nkunku

Berita Terkini