x

Mengenal Leandro Trossard, Winger Brighton yang Sukses Bikin Bonyok Pertahanan Liverpool

Senin, 3 Oktober 2022 20:11 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Leandro Trossard pada laga saat melawan Valencia di Amex Stadium (02/08/19). Steve Bardens/Getty Images

INDOSPORT. COM - Winger Brighton & Hove Albion, Leandro Trossard, baru-baru ini mampu mencuri perhatian lewat penampilan apiknya dalam laga lanjutan Liga Inggris 2022/23 kontra Liverpool.

Pemain asal Belgia tersebut tampil mengisi skuat utama Brighton kala bertandang ke markas Liverpool, Anfield Stadium, Sabtu (1/10) kemarin.

Ia diperintahkan pelatih anyar Brighton, Roberto De Zerbi, untuk menempati posisi gelandang serang di belakang bomber Danny Welbeck.

Baca Juga

Peran Trossard ternyata luar biasa apik, dengan cakap memimpin barisan penyerangan timnya menerobos lini pertahanan Liverpool.

Aksi winger berusia 27 tahun itu sempat membuat kubu lawan kewalahan, karena sanggup mencetak dua gol cepat di awal babak pertama (masing-masing pada menit ke-4 dan 17').

Liverpool kemudian memang bisa membalas tiga gol, tapi kecemerlangan Trossard tetap tak terbendung dan menyelamatkan Brighton dari ancaman kekalahan.

Menit ke-83, Brighton yang sedang tertinggal 2-3, mendadak bersorak lagi berkat sepakan terarah Trossard yang merobek jala gawang The Kop.

Laga pun berakhir 3-3, yang mana Trossard berhasil mencetak hattrick sekaligus membantu timnya mencuri satu poin dari Anfield.

Pasca laga, sosok Trossard otomatis langsung menjadi pusat perhatian serta ramai diperbincangkan oleh pecinta sepak bola.

INDOSPORT lantas coba mengulik lebih jauh profil mengenai sosok Trossard tadi, sang winger Brighton yang sukses bikin bonyok pertahanan Liverpool.


1. 1. Rekam Jejak Karier

Pemain KRC Genk, Leandro Trossard.

Karier sepak bola Leandro Trossard dibesarkan oleh salah satu klub top di negaranya, Liga Belgia, yakni KRC Genk.

Ia pertama kali gabung KRC Genk pada 2010 setelah diboyong dari klub lokal Belgia lainnya, Bocholt VV. Saat itu usianya belum genap menginjak 16 tahun.

Lantaran masih sangat belia, bakat Trossard harus dibina terlebih dulu di tim junior KRC Genk dengan masuk ke tim level U-19.

Dua tahun berselang, Trossard yang sudah banyak berkembang, akhirnya diberikan kesempatan promosi ke tim utama KRC Genk.

Namun perannya belum terlalu diandalkan, sehingga manajemen KRC Genk banyak meminjamkan Trossard ke klub lain.

Setelah penantian panjang, Trossard baru benar-benar mendapat kesempatan bermain reguler di skuat utama KRC Genk pada musim 2016/17.

Puncak kecakapan performanya terjadi pada musim 2018/19, yang mana ia tampil produktif mencetak 11 gol, sekaligus membawa KRC Genk menjuarai Liga Belgia.

Berkat musim menawannya tersebut, Brighton mengajaknya bergabung di musim panas 2019, diboyong dengan mahar sebesar 15,56 juta euro.

Baca Juga

2. Sempat Diincar Arsenal, Hingga Awal Karier di Brighton yang Sulit

Sejak pertama kali gabung Brighton, peran Trossard memang langsung diandalkan menjadi pemain utama tim mengisi posisi winger.

Namun Trossard harus mendapati awal karier yang sulit, sebab kualitas skuat Brighton tak cukup hebat buat bersaing melawan tim-tim besar.

Apalagi Trossard sebenarnya sempat didekati Arsenal sebelum resmi gabung Brighton, sehingga mungkin terbesit sedikit penyesalan.

Dua musim berseragam Brighton, Trossard selalu bermain reguler, tapi sulit mengangkat timnya dari deretan papan bawah klasemen.

Musim 2019/20, Brighton cuma finis di urutan 15, sementara musim berikutnya lebih parah lagi, cuma berakhir di urutan 16.


2. 3. Kesabaran yang Berbuah Manis

Aksi Alisson Becker menepis tendangan Leandro Trossard di laga Liverpool vs Brighton (01/10/22). (Foto: REUTERS/Phil Noble)

Pelan tapi pasti, harapan Trossard membawa Brighton lebih berprestasi, tumbuh bersama arahan pelatih Graham Potter.

Tangan dingin Potter yang membesut Brighton sejak musim panas 2019, membantu Trossard dan kawan-kawan meningkat performanya di musim 2021/22.

Brighton berhasil menembus 10 besar klasemen, yang mana mereka finis di urutan sembilan, mengumpulkan 51 poin dari 38 laga.

Baca Juga

Trossard sendiri total bermain sebanyak 34 kali di musim itu, dengan catatan sumbangsih delapan gol serta tiga assists.

Masuk ke musim 2022/23, Trossard dan seluruh skuat Brighton makin menanjak lagi performanya, bahkan bisa menembus deretan papan atas.

Brighton kini tercatat menduduki peringkat empat klasemen, hanya kalah torehan poin dari Tottenham Hotspur, Manchester City, dan Arsenal.

Peran Trossard pun begitu mencolok dalam kecemerlangan Brighton di awal berjalannya Liga Inggris musim 2022/23.

Pemain yang terbiasa menempati posisi winger itu sudah menyumbangkan total lima gol dan dua assists dari total tujuh kali bertanding.

Puncak kegemilangan Trossard sejauh ini tentu saja dalam laga kontra Liverpool kemarin, yang mana ia sukses mencetak tiga gol alias hattrick.

LiverpoolBrighton & Hove AlbionLiga Inggris

Berita Terkini

Berita Terpopuler