x

3 Duel Terakhir Arsenal vs Liverpool di Liga Inggris, The Reds Terlalu Digdaya

Sabtu, 8 Oktober 2022 12:35 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
Arsenal terakhir kali menang atas Liverpool dalam ajang Liga Inggris pada dua tahun lalu dan seringkali jadi bulan-bulanan sang rival meski bermain di kandang. (Foto: REUTERS/David Klein)

INDOSPORT.COM - Pekan kesembilan Liga Inggris (Premier League) 2022-2023 akan diramaikan dengan big match Arsenal vs Liverpool yang diadakan pada Minggu (9/10/22).

Meski saat ini performa The Gunners terlihat lebih konsisten dan diunggulkan atas sang lawan, The Reds sejatinya masih lebih unggul dalam head-to-head terbaru.

Baca Juga

Liverpool memang tim dengan masalah di berbagai sektor terutama pada musim ini dimana cedera terus menghantui mereka namun mengalahkan Arsenal bukan salah satunya.

Dalam tiga duel terbaru khusus di ajang Liga Inggris, wakil Merseyside selalu bisa menetralisir perlawanan sang raksasa London.

Kali terakhir Arsenal bisa menepuk dada di hadapan Liverpool adalah pada Juli 2020 lalu usai menggebuk sang rival 2-1 di Emirates Stadium.

Baca Juga

Dengan laga akhir pekan ini digelar di venue yang sama, maka Arsenal boleh berharap jika mereka bisa mengulang lagi sukses dua tahun lalu.

Saat ini anak-anak asuh Mikel Arteta adalah pemuncak klasemen sementara Liga Inggris dengan total raihan 21 poin.

Baca Juga

Jauh lebih baik dari lawannya yang baru meraup 10 poin saja. Akibatnya Liverpool arahan Jurgen Klopp tercecer di peringkat ke-10.

Bisa jadi ini adalah awal dari kebangkitan dominasi Arsenal atas Liverpool layaknya di permulaan dekade 2000-an.


1. Liverpool Si Perusak Momentum Arsenal

Pemain Liverpool Thiago diapit dua pemain Arsenal Nicolas Pepe dan Dani Ceballos di Liga Inggris

1. Arsenal 0-3 Liverpool (3 April 2021)

Saat partai ini digelar, Liga Inggris masih mengadakan pertandingan tanpa penonton akibat pandemi Covid-19 dan 60.000 bangku di Emirates Stadion dibiarkan kosong.

Mungkin itulah kenapa alasan Liverpool bisa begitu digdaya dan kemudian memenangkan laga ini dengan tiga gol tanpa balas.

Baca Juga

Sempat berhasil menjaga skor kacamata hingga jeda, gawang Arsenal kawalan Bernd Leno justru malah dijebol Diogo Jota (dua kali) dan Mohamed Salah di paruh kedua.

Ini adalah kemenangan tandang terbesar Liverpool di markas Arsenal pada ajang liga domestik sejak Oktober 1983.

Baca Juga

Arsenal juga semakin dipermalukan dengan rekor buruk mereka pada musim itu dengan kegagalan mencatatkan nirbobol dalam 13 pertandingan beruntung di semua kompetisi.

Khusus di Liga Inggris, itu adalah kali kesebelas Martin Odegaard dan kolega juga tidak mampu menyarangkan gol.

Baca Juga

2. Liverpool 4-0 Arsenal (20 November 2021)

Sebelum menyambangi Anfield yang jadi saksi pembantaian ini, Arsenal sebenarnya dalam tren yang sangat positif.

Mulai kompaknya para pemain baru seperti Ben Whites, Aaron Ramsdale, dan Takehiro Tomiyasu dalam tim membuat Gudang Peluru mencatatkan sembilan laga beruntun tanpa kekalahan di Liga Inggris.


2. Jota Sang Momok

Diogo Jota

Liverpool kemudian memaksa Arsenal untuk kembali menginjak bumi usai Sadio Mane sukses membuka keunggulan di menit ke-39.

Kemudian bergiliran Diogo Jota, Mohammed Salah, dan Takumi Minamino tidak mau ketinggalan mencatatkan nama mereka di papan skor.

Baca Juga

Statistik kemudian mengungkapkan jika Arsenal masuk dalam daftar lawan favorit Liverpool untuk diberondong gol dengan sudah lebih dari 100 kali kemasukan.

Mereka menyusul Tottenham Hotspur dan Newcastle United yang sudah lebih dulu merasakan 100 gol dari Liverpool.

Baca Juga

3. Arsenal 0-2 Liverpool (16 Maret 2022)

Liverpool lagi-lagi jadi alasan Arsenal untuk berduka. The Gunners kali ini dipaksa tunduk di hadapan publik Emirates Stadium dengan skor 0-2.

Padahal saat itu tuan rumah sedang coba membangun momentum untuk bisa finish di empat besar klasemen akhir Liga Inggris. Sesuatu yang sudah tidak pernah mereka rasakan selama lima musim terakhir.

Pasca menjaga kedudukan tetap berimbang tanpa gol di babak pertama, untuk kesekian kalinya Arsenal malah kecolongan di paruh penentuan.

Baca Juga

Diogo Jota seolah menjadi momok yang belum ditemukan penangkalnya dan kembali mencetak angka untuk Liverpool.

Roberto Firmino kemudian menggarami luka Arsenal dengan menambah satu lesakan lagi. Poin penuh pun bisa diamankan serdadu kota industri.

LiverpoolArsenalLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini