x

Carlos Fortes Beraksi Lagi, PSIS Semarang Menang di Laga Uji Coba

Kamis, 13 Oktober 2022 17:26 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Selebrasi pemain PSIS Semarang Carlos Fortes bersama Wawan Febrianto merayakan usai mencetak gol ke gawang Persita Tangerang di Piala Presiden. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Aksi perdana Carlos Fortes setelah pulang dari Portugal berbuah manis. Fortes berkontribusi saat PSIS Semarang menang atas tim PSIS U-20 3-2 di Stadion Citarum, Semarang, Kamis (13/10/22) pagi.

Fortes sudah lama absen membela PSIS. Cedera hamstring yang didapat saat Piala Presiden 2022 memaksa eks bomber Arema FC menepi sangat lama.

Baca Juga

Fortes bahkan sempat pulang ke Portugal pada bulan Agustus lalu. Fortes menjalani pemulihan cedera hamstring di Alfra Clinic, Lisboa, Portugal hampir dua bulan.

Kini, kondisi Fortes sudah lebih baik. Namun, absen cukup lama membuat tim pelatih belum menurunkan Fortes untuk waktu yang lebih panjang.

Saat uji coba melawan PSIS U-20, Fortes hanya diberi kesempatan pada 15 menit terakhir. Fortes masuk bersama Taisei Marukawa dan Alie Sesay.

Baca Juga

Fortes dan dua rekannya masuk saat situasi masih 2-2. PSIS U-20 sempat dua kali unggul sebelum seniornya membalas lewat Reza Irfana dan Jonathan Cantillana.

Gol penentu kemenangan akhirnya dicetak Hari Nur Yulianto. Gol tercipta setelah Hari Nur memanfaatkan bola muntah hasil sepakan keras Carlos Fortes.

Dalam laga ini, PSIS menurunkan hampir semua pilar yang dimiliki musim ini. Selain Carlos Fortes, ada pula Eka Febri dan Wahyu Prasetyo yang baru kembali dari cedera.

Baca Juga

Eka Febri masuk pada awal babak kedua menggantikan Guntur Triaji. Sementara Wahyu masuk menggantikan posisi Kartika Vedhayanto.

Tentu saja PSIS tak melihat uji coba ini dari hasil menang 3-2 atas tim mudanya. General Manager PSIS, Wahyoe "Liluk" Winarto menyebut laga ini sebagai bagian dari pemantauan setelah lama latihan.


1. Adakan Uji Coba

Penyerang PSIS Semarang, Hari Nur Yulianto. (Foto: PSIS Semarang)

PSIS terakhir kali bertanding pada 14 September 2022 lalu atau tepat sebulan lalu, karena laga melawan Bhayangkara FC dibatalkan imbas Tragedi Kanjuruhan.

"Latihan bersama kali ini memang penting setelah kami lama latihan untuk melihat progress latihan fisik dan taktik," kata Liluk, Kamis (13/10/22).

Baca Juga

Setelah sebulan tak bertanding, PSIS memang baru uji coba melawan tim U-20. Menurut Liluk, dalam situasi sekarang ini, bukan perkara mudah untuk mendapat lawan latih tanding yang selevel.

"Terkait lawan yang dihadapi, cari lawan selevel memang sulit, namun kami punya akademi dan ini juga bagus untuk kedua tim," tutur Liluk.

Baca Juga

"Sekali lagi ini hanya melihat fisik dan teknik, terutama pemain-pemain muda di tim senior," lanjut Liluk.

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, memastikan timnya tak punya rencana libur ketika Liga 1 2022/2023 terhenti sementara.

Baca Juga

"Selama masa dihentikannya liga yang sekarang sudah berjalan sepuluh hari, kami terus melakukan latihan rutin dan kami berusaha memperbaiki semua kekurangan yang pada awal musim kita jalani," kata Yoyok Sukawi, Rabu (12/10/22).


2. Lanjutkan Program Latihan

Yoyok Sukawi.

Pembenahan bisa berjalan dengan bagus karena waktunya cukup panjang. Tim pelatih berbenah semua aspek dalam latihan, mulai dari fisik, teknik dan taktik.

"PSIS sekarang menggenjot fisik, teknik dan juga semangat bertempur, sekaligus mengembalikan performa dan menyembuhkan pemain-pemain yang cedera," jelas Yoyok Sukawi.

"Kita manfaatkan libur ini untuk menyiapkan tim lebih baik, sehingga ketika nanti liga digulirkan, kita sudah siap dan kita akan lebih siap dari awal musim," imbuh pria yang juga anggota komite eksekutif PSSI ini.
 

PSIS SemarangLiga IndonesiaLiga 1Carlos Manuel Dos Santos FortesLiga 1 2022-2023

Berita Terkini