x

Testimoni dari Lionel Messi, 3 Bek Sayap Kanan Alumni Akademi Manchester City yang Layak Dibeli Liverpool

Jumat, 14 Oktober 2022 17:40 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Kieran Trippier saat masih di klub Liga Inggris, Manchester City

INDOSPORT. COM - Liverpool mungkin bisa mencari bek sayap kanan anyar pengganti Trent Alexander-Arnold dengan memburu sejumlah alumnus akademi Manchester City.

Masalah cukup kronis tampak melanda Liverpool pada awal musim 2022/23, terkait kualitas sisi kanan sektor pertahanan.

Bek sayap kanan andalan The Reds, Trent Alexander-Arnold, kerap mendapat kritik akibat performa buruknya dalam mengawal lini belakang.

Baca Juga

Ia berulang kali melakukan kesalahan saat timnya sedang bertahan, sehingga memudahkan pemain-pemain lawan untuk mencetak gol.

Kesalahan paling parah tersaji kala Liverpool ditahan imbang 3-3 oleh Brighton di laga lanjutan Premier League 2022/23, 1 Oktober lalu.

Arnold dinilai lalai menangkal serangan lawan yang menyebabkan jala gawang The Kop harus kebobolan sebanyak tiga gol.

Menanggapi situasi Arnold tersebut, mungkin pelatih kepala Anfield Gank, Jurgen Klopp, harus mencari sosok bek kanan baru.

Bila butuh opsi menarik, Klopp bisa melirik sejumlah bek sayap kanan alumni akademi Manchester City yang punya kualitas menjanjikan.

Lantas, siapa saja para bek sayap kanan jebolan akademi The Citizens yang dimaksud? Simak ulasan lengkap INDOSPORT berikut!


1. 1. Kieran Trippier

Kierran Trippier (kiri) dan Son Heung-min, 2 bintang Tottenham Hotspur

Kieran Trippier merupakan bek sayap kanan top Liga Inggris yang dulu pernah menimba ilmu sepak bola bersama akademi Manchester City.

Periode karier level junior Tripper memang hampir seluruhnya dihabiskan dengan sistem pengembangan pemain muda The Citizens.

Namun perkembangan karier Trippier di Etihad begitu mandek, lantaran tak pernah sampai mendapat kesempatan promosi ke tim senior.

Sempat dipinjamkan beberapa kali, Trippier akhirnya benar-benar dilepas Man City pada 2012, dijual kepada Burnley.

Tripper ternyata mampu meningkatkan level karier sepak bolanya secara mengesankan, selepas meninggalkan akademi Man City.

Setelah Burnley, Trippier makin melejit bersama Tottenham Hotspur, rutin diandalkan Timnas Inggris, serta sempat beberapa tahun merantau ke tim raksasa Liga Spanyol, Atletico Madrid.

Kini, Trippier yang menginjak usia 32 tahun, sedang menjalani karier bersama Newcastle United sejak musim dingin 2022. 

Meski tak lagi muda, ia masih saja tampil cukup apik berkat rekam jejak kariernya yang tergolong kenyang pengalaman.

Bila Liverpool hendak mencari bek kanan anyar calon pengganti Trent Alexander-Arnold, mungkin nama Trippier layak menjadi daftar incaran.

Kemampuan serta mentalnya sebagai bek sayap kanan tentu sudah matang, terlebih ia juga punya keunggulan perihal mengeksekusi bola mati yang tak kalah menawan dibanding Arnold.

Harga pasaran: 15 juta euro

Sisa kontrak di timnya sekarang: 30 Juni 2024

Baca Juga

2. Jeremie Frimpong

Bila mencari bek sayap kanan pengganti Trent Alexander-Arnold, Liverpool rasanya pantas memasukkan nama Jeremie Frimpong ke dalam daftar kandidat incaran.

Frimpong dahulu memang pernah menjalani karier junior bersama tim akademi Manchester City sampai ke level U-23, baru kemudian dijual kepada Celtic pada musim panas 2019.

Setelah meninggalkan Man City, kiprah karier sepak bola Frimpong ternyata pelan tapi pasti mampu menunjukkan perkembangan menawan.

Terutama sejak dirinya memutuskan pindah dari Celtic menuju salah satu tim top Liga Jerman, Bayer Leverkusen, pada musim dingin 2021 lalu.

Frimpong perlahan mencuat sebagai salah satu bek kanan berusia belia yang potensinya paling menjanjikan di pentas sepak bola Eropa.

Bersama Leverkusen, pemain yang masih berusia 21 tahun ini sudah berhasil mengamankan satu tempat di skuat utama timnya.

Awal musim Liga Jerman 2022/23, sinar bek asal Belanda itu bahkan makin mempesona, karena bisa mencetak empat gol dari sembilan penampilan buat Leverkusen.

Harga pasaran: 25 juta euro

Sisa kontrak di timnya sekarang: 30 Juni 2025


2. 3. Pablo Maffeo

Erling Haaland mencetak gol di laga Manchester City vs FC Copenhagen (06/10/22). (Foto: Reuters/Lee Smith)

Satu lagi bek sayap kanan yang sekiranya layak diincar Liverpool buat menjadi pengganti dari Trent Alexander-Arnold, yakni Pablo Maffeo.

Namanya mungkin memang tidak terlalu terkenal, tapi yang pasti ia merupakan lulusan akademi sepak bola Manchester City.

Ia dibina akademi Man City sejak 2013, dipinjamkan beberapa kali ke klub lain, hingga akhirnya benar-benar dilepas pada musim panas 2018.

Baca Juga

Meski kemudian rekam jejak kariernya banyak dihabiskan bersama tim-tim medioker, bek kanan asal Spanyol ini tetap punya kelebihan yang patut diacungi jempol.

Ia tipikal bek sayap kanan cepat yang rajin membantu serangan, dan juga ulet dalam menjalankan tugas mengawal lini belakang.

Testimoni perihal kehebatan Maffeo disampaikan serta dirasakan langsung oleh megabintang Argentina eks penggawa Barcelona, Lionel Messi.

Maffeo kala dipinjamkan Man City ke Girona, pernah berhadapan dengan Messi yang membela Barca di kompetisi Liga Spanyol.

Selepas laga, Messi mengutarakan penilaiannya tentang kualitas bertahan Maffeo yang ternyata membuat dirinya sangat kerepotan.

"Pertama kali saya bertemu anak ini (Maffeo) pada 2017. Dia sangat gigih menjaga saya. Saya tidak mengenal namanya saat itu. Saya hanya mengetahui dia adalah pemain belakang Girona. Dia pemain paling menyebalkan yang pernah saya temui di sepakbola," ujar Messi.

Maffeo sendiri kini diketahui sedang berkarier bersama salah satu tim medioker Liga Spanyol, RCD Mallorca.

Pemain berusia 25 tahun ini baru gabung Mallorca pada musim panas 2022 kemarin, sudah mencatatkan delapan penampilan dan satu gol.

Harga pasaran: 8 juta euro

Sisa kontrak di timnya sekarang: 30 Juni 2025

LiverpoolManchester CityLiga Inggris

Berita Terkini