x

5 Pelatih Top Sepak Bola yang Tidak Pernah Dipecat, Klopp Hati-hati

Jumat, 14 Oktober 2022 16:30 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Phil Noble.

INDOSPORT.COM - Menjadi seorang pelatih klub sepak bola Eropa tidaklah mudah, apalagi klub papan atas. Tapi salut untuk 5 pelatih top ini yang tidak pernah dipecat hingga kini. 

Seorang pelatih kerap kali dianggap sebagai kambing hitam di balik performa buruk klub yang dilatihnya. 

Baca Juga

Oleh karena itu, seorang pelatih memang harus bersiap-siap untuk dipecat setiap kali klubnya terpuruk. 

Apalagi di Liga Inggris, kompetisi yang paling elit di dunia sepak bola, memecat seorang pelatih memang jadi opsi favorit para pemilik klub. 

Kita sudah melihat Thomas Tuchel yang harus angkat kaki dari kursi pelatih Chelsea dan digantikan Graham Potter. 

Baca Juga

Padahal, pelatih asal Jerman ini mampu membawa The Blues menjuarai Liga Champions 2020-2021.  

Prestasi ini rupanya tidaklah cukup untuk membuat posisinya aman. Banyak yang menilai pemecatan ini dianggap tidak adil untuk Tuchel.

Bergeser ke Liga Spanyol, Sevilla juga sudah memecat pelatih kepala mereka, Julen Lopetegui per 6 Oktober kemarin karena performa buruk tim. 

Baca Juga

Ada sederet nama pelatih top yang diperkirakan akan menyusul nama-nama di atas, alias dipecat karena performa klub juga tidak konsisten di musim 2022/2023 ini. 

Tapi artikel ini akan membahas sebaliknya, yakni deretan pelatih top yang tidak pernah dipecat klubnya. Ada 5 pelatih yang tidak pernah dipecat, sebagai berikut:


1. 3 Pelatih Top Tidak Pernah Dipecat

Zinedine Zidane tak kuasa menahan malu usai Real Madrid kalah 0-1 dari Cadiz di lanjutan LaLiga Spanyol 2020/21.

1. Diego Simeone

Diego Simeone salah satu pelatih top yang belum pernah dipecat sepanjang karirnya. Pelatih asal Argentina ini bahkan sangat awet di Atletico Madrid. 

Setelah pensiun dan terkenal sebagai gelandang bertahan di Lazio dan Inter Milan, dia memulai karir kepelatihan di Racing Club. 

Baca Juga

Setelah itu dia pindah ke Estudiantes, River Plate, San Lorenzo, Catania dan kembali lagi ke Racing Club. 

Lalu pada 2011 silam, dia mulai membesut Atletico Madrid dan sudah memberikan banyak kesuksesan untuk tim ibu kota Spanyol itu. Hingga sekarang dia masih melatih di Wanda Metropolitano. 

2. Didier Deschamps

Didier Deschamps memulai karir di dunia kepelatihan bersama AS Monaco dan berhasil memenangkan Liga Prancis dan runner-up Liga Champions. 

Baca Juga

Deschamps kemudian undur diri pada 2005 silam dan melatih Juventus. Dia berhasil membawa Bianconeri kembali promosi ke Liga Italia Serie A. 

Kini, Deschamps merupakan pelatih Timnas Prancis sejak tahun 2012. Dia akan memainkan Piala Dunia ketiganya bersama Les Blues karena kontraknya baru berakhir Desember 2022 mendatang. 

3. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane bisa dibilang salah satu pelatih sukses dalam sejarah Real Madrid. Selama melatih di Santiago Bernabeu, dia sudah mempersembahkan 11 gelar. 

Baca Juga

Setelah menjuarai Liga Champions 2018, Zidane pun memutuskan mundur dari kursi pelatih Real Madrid. Tapi dirinya kembali lagi ditunjuk menggantikan Rafael Benitez. 

Pada 27 Mei 2021, dia akhirnya meninggalkan Real Madrid untuk kedua kalinya setelah musim 2020/2021 berakhir. 


2. Jurgen Klopp Belum Pernah Dipecat, tapi Harus Waspada

Jurgen Klopp saat laga Liga Champions antara Liverpool vs Ajax Amsterdam

4. Pep Guardiola

Pep Guardiola memulai karirnya langsung melatih klub besar Barcelona di tahun 2008. Bersama dirinya, Blaugrana meraih 13 trofi di berbagai kompetisi. 

Setelah menganggur setahun, dia pun kembali ke lapangan sebagai pelatih Bayern Munchen di musim panas 2013. 

Baca Juga

Berpisah dengan Bayern di musim panas 2016, dia pun menerima pinangan Manchester City. Sampai sekarang, dia masih di Etihad Stadium dengan sudah mempersembahkan 10 gelar di semua kompetisi. 

5. Jurgen Klopp

Setelah pensiun sebagai pemain, Jurgen Klopp menjadi pelatih Mainz selama tujuh musim dari tahun 2001 sampai 2008. 

Kontraknya habis dan dia melanjutkan karir dengan melatih Borussia Dortmund. Lagi-lagi tujuh tahun, dia memutuskan cabut dari Dortmund di tahun 2015. 

Baca Juga

Setelah sempat istirahat, dia pun kembali melatih dan Liverpool menjadi klub beruntung mendapatkannya per 9 Oktober 2015. 

Sampai sekarang, dia masih ada di Anfield, namun performa tidak konsisten membuat Klopp harus waspada akan pemecatan pertamanya di dunia kepelatihan.

LiverpoolJurgen KloppPep GuardiolaLiga InggrisBola Internasional

Berita Terkini