x

5 Pelatih Top Sepak Bola yang Sering Dipecat Klub, Ada Mourinho!

Senin, 17 Oktober 2022 13:43 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Jose Mourinho memegang trofi UEFA Conference League pasca membawa AS Roma menjadi juara (26/05/22). (Foto: REUTERS/Lisi Niesner)

INDOSPORT.COM - Menjadi seorang pelatih sepak bola apalagi di Eropa sangat sulit. Banyak pelatih top sepak bola yang sering dipecat klub, termasuk Jose Mourinho, siapa lagi?

Sepak bola memang menjadi salah satu olahraga yang populer tapi juga kejam bagi para profesional yang menggelutinya. 

Baca Juga

Selain pemain, kursi pelatih di olahraga kulit bundar ini memang sering jadi sorotan terlebih ketika klubnya sedang tren negatif. 

Manajemen klub di era sepak bola modern ini pun diklaim tidak punya kesabaran yang tinggi perihal masa depan sang pelatih. 

Banyak pelatih yang dipecat jika tidak bisa memberikan tren positif untuk klubnya. Bahkan di antaranya cukup banyak pelatih dengan label top yang sering dipecat. 

Baca Juga

Di era modern, ada Chelsea sebagai contoh klub yang tidak sabaran dengan pelatihnya, khususnya ketika kepemilikan Roman Abramovich yang lalu. 

Selama 19 tahun dimiliki oleh taipan asal Rusia itu, The Blues sudah menunjuk sebanyak 13 pelatih dan hanya tiga saja yang tidak dipecat. 

Hobi klub ibu kota Inggris itu memecat pelatihnya tidak peduli gelar yang sudah diberikan juga terlihat pada musim 2022/2023 ini. 

Baca Juga

Yaitu ketika klub mencopot Thomas Tuchel dari jabatannya sebagai pelatih kepala Chelsea usai timnya kalah 1-0 secara mengejutkan dari Dinamo Zagreb di ajang Liga Champions.

Namun Tuchel bukanlah pelatih top yang sering dipecat oleh klub sepak bola. Berikut ini 5 pelatih top yang sering alami pemecatan.


1. 3 Pelatih Paling Sering Dipecat

Ranieri dan Vichai di samping piala Liga Inggris

1. Sam Allardyce

Yang pertama adalah Sam Allardyce, yang dikenal sebagai pelatih spesialis mengangkat tim-tim dari zona degradasi di Liga Inggris. 

Cukup banyak tim yang dilatih olehnya dan mampu bertahan dari ancaman degradasi karena tipikal permainannya yang masih tradisional, alias kick n rush. 

Baca Juga

Namun dia cukup sering dipecat semasa menjadi pelatih. Sejauh ini, Allardyce sudah merasakan pemecatan lima kali. 

2. Claudio Ranieri

Claudio Ranieri merupakan pelatih top dan sudah amat berpengalaman di dunia sepak bola. 

Namun label top dan pengalaman segudang itu sedikit ternoda mengingat Ranieri sering dipecat, yakni sebanyak delapan kali. 

Baca Juga

Terakhir kali, pelatih yang pernah juara Liga Inggris bersama Leicester City musim 2015/16, dipecat oleh Watford pada Januari 2022 lalu. 

Pemecatan oleh Watford itu terjadi tidak sampai 4 bulan setelah dia ditunjuk sebagai pelatih. Sangat miris. 

3. Roy Hodgson

Kembali lagi pelatih berkebangsaan Inggris, yakni Roy Hodgson yang juga punya karir luar biasa sebagai pelatih. 

Baca Juga

Selain melatih tim-tim papan tengah, dia juga pernah melatih Inter Milan dan Liverpool. Dia juga menukangi Timnas Inggris ketika tampil di Euro 2012 dan 2016 lalu.

Namun Roy Hodgson ternyata sering dipecat, yakni sebanyak lima kali dia dilengserkan dari kursi pelatih. 


2. Mourinho dan Ancelotti Sering Dipecat Klub

Selebrasi Carlo Ancelotti usai membawa Real Madrid juara Liga Champions 2021/22 (29/05/22). (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

4. Jose Mourinho

Pelatih selanjutnya yang sering dipecat adalah Jose Mourinho. Nama besar ini tentu saja tertanam rapih di benak para pecinta sepak bola modern. 

Pelatih asal Portugal itu memang dikenal sebagai pelatih top karena cukup sering menjuarai liga-liga domestik dan juga kompetisi-kompetisi Eropa. 

Namun Mourinho cukup sering dipecat, yakni sebanyak empat kali. Bahkan dua di antaranya dipecat oleh Chelsea. 

Baca Juga

5. Carlo Ancelotti

Pelatih sekaliber Carlo Ancelotti ternyata juga cukup sering dipecat oleh klub yang dilatihnya. Sebanyak empat pemecatan dialami oleh pelatih berjuluk Don Carlo. 

Klub-klub yang pernah ditukanginya bisa dibilang papan atas, seperti AC Milan, Chelsea, Real Madrid dan Bayern Munchen. 

Uniknya, dari empat pemecatan itu terdapat Real Madrid yang pernah memutus kontraknya sebagai pelatih. Namun Ancelotti sekarang justru kembali melatih Los Blancos.

Real MadridChelseaJose MourinhoCarlo AncelottiBola Internasional

Berita Terkini