x

Dulu Bintang di AS Roma, 5 Pemain Ini Merana di Klub Semenjana

Rabu, 19 Oktober 2022 12:56 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Radja Nainggolan.

INDOSPORT.COM - Meski tidak selalu juara di setiap musim, AS Roma bisa dibilang salah satu klub raksasa dari Liga Italia. Ada beberapa pemain bintang mereka yang sekarang merana di klub semenjana. 

AS Roma adalah klub ibu kota Italia yang berdiri sejak 1927 silam dan cukup mendominasi dalam sejarah sepak bola Italia. 

Baca Juga

Meski tidak selalu juara dan tidak setenar Inter Milan, AC Milan atau Juventus, klub berjuluk Giallorossi ini tidak bisa dipandang sebelah mata. 

Siapa yang tidak kenal legenda Roma yakni Francesco Totti yang bahkan mampu membawa Timnas Italia juara Piala Dunia 2006 silam. 

Musim 2022/2023 ini juga, Roma sedang dilatih oleh pelatih bernama besar yakni Jose Mourinho. 

Baca Juga

Bersama The Special One, Roma kini sedang bertengger di urutan keempat klasemen sementara Liga Italia. 

Paulo Dybala dan kawan-kawan sekarang mengantongi 22 poin dari 10 pekan yang sudah mereka mainkan di Liga Italia sejauh musim ini. Anak-anak asuh Mourinho berhasil mencatat tujuh kemenangan, sekali imbang dan dua kali kalah. 

Skuat musim ini pun dihuni beberapa pemain bintang seperti Paulo Dybala, Tammy Abraham, Lorenzo Pellegrini hingga kiper Rui Patricio. 

Baca Juga

Tidak hanya musim ini sebenarnya, ada banyak pemain bintang yang sudah datang dan pergi ke skuat AS Roma sepanjang sejarah. 

Namun para pemain yang sempat jadi bintang di AS Roma, kini beberapa malah merana di klub semenjana. Berikut 5 pemain tersebut. 


1. Klub Miralem Pjanic Sekarang

Aksi Miralem Pjanic di laga Liga Spanyol Barcelona vs Eibar.

1. Kevin Strootman (Genoa)

Siapa yang tidak kenal dengan Kevin Strootman, pemain yang sempat digadang-gadang jadi gelandang andalan Timnas Belanda. Namun sayang, cedera mengganggu karir sepak bolanya. 

Dengan label gelandang masa depan Belanda, Roma sampai harus mengaktifkan kembali nomor punggung 6 yang sudah pensiun untuk Strootman.

Baca Juga

Namun sayang, lima tahunnya di Roma tidak berjalan mulus karena sering cedera. Kini, Strootman mencoba peruntungan di Genoa FC, yang sedang berlaga di Serie B Italia. 

2. Federico Fazio (Salernitana)

Sejak kepindahannya dari Tottenham ke AS Roma pada musim panas 2016, Federico Fazio sempat jadi andalan di jantung pertahanan. 

Namun dengan pergantian pelatih hampir setiap musim, posisi bek veteran asal Argentina itu kian terpinggirkan. 

Baca Juga

Pada musim panas 2022 kemarin, akhirnya dia memutuskan untuk cabut dan bergabung ke klub promosi Liga Italia, Salernitana FC. 

3. Miralem Pjanic (Sharjah FC)

Pada musim panas 2011 silam, AS Roma membuat kejutan setelah sukses meminang gelandang berbakat dari Olympique Lyon, Miralem Pjanic. 

Pjanic memang kala itu sudah dipandang sebagai salah satu maestro sepak bola masa depan dan jadi rebutan oleh klub-klub top Eropa. 

Baca Juga

Benar saja, lima tahun dihabiskan oleh gelandang Bosnia itu bersama Giallorossi dan memainkan lebih dari 185 penampilan di semua kompetisi. 

Sempat pindah ke Juventus dan Barcelona, baru pada September 2022 kemarin, Pjanic bergabung ke klub semenjana dari UEA, Sharjah FC.


2. Radja Nainggolan Pulang Kampung

Radja Nainggolan

4. Radja Nainggolan (Royal Antwerp)

Sempat bersinar di Cagliari, Radja Nainggolan menerima pinangan AS Roma pada Januari 2014. 

Gelandang berdarah Batak itu langsung jadi andalan di lini tengah Giallorossi hingga tahun 2018. 

Setelah memainkan lebih dari 200 penampilan untuk Roma, Radja sempat gabung Inter Milan. Kini, dia pulang kampung ke Belgia dan gabung dengan Royal Antwerp. 

Baca Juga

5. Konstantinos Manolas (Sharjah FC)

Selanjutnya adalah Konstantinos Manolas, bek asal Yunani yang pernah menjadi bek andalan AS Roma sejak gabung pada musim panas 2014 lalu. 

Yang paling diingat oleh tifosi Roma dari Manolas adalah gol sundulan yang membuat Barcelona harus kalah di perempatfinal Liga Champions 2017/2018 lalu. 

Sempat ke Napoli, kini Manolas bergabung bersama Pjanic di klub UEA Sharjah FC. Dia membela klub Timur Tengah itu pada September 2022 kemarin.

AS RomaMiralem PjanicRadja NainggolanLiga Italia

Berita Terkini