x

Lima Kiper Favorit Pemenang 'Golden Glove' Piala Dunia 2022, Thibaut Courtois Kandidat Terkuat

Senin, 31 Oktober 2022 11:54 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
Golden Gloves Piala Dunia

INDOSPORT.COM – Berikut deretan kiper yang menjadi favorit untuk memenangkan penghargaan ‘golden glove’ di Piala Dunia 2022, di mana Thibaut Courtois jadi kandidat terkuat.

Menjadi seorang kiper bagi sebuah tim bagi sebagian orang yang gemar sepak bola bukan menjadi pilihan utamanya.

Baca Juga

Tak banyak tersorot kamera membuat peran seorang kiper kerap luput dari perhatian ribuan pasang mata penggemar sepak bola.

Namun, dibalik semua itu, seorang kiper lah yang terkadang menjadi sosok terakhir di lini pertahanan yang dapat diandalkan.

Beberapa penyelamatan bahkan dapat membuat timnya terhindar dari kekalahan ataupun hasil imbang yang akan didapat.

Baca Juga

Pada era sekarang, para kiper juga sudah menunjukkan perkembangan. Tak hanya piawai bertahan, akan tetapi juga turut memberikan umpan untuk menyerang.

Menjelang Piala Dunia 2022, para kiper terbaik yang sebelumnya membela klub-klub mereka akan bersatu dalam turnamen empat tahunan tersebut.

Nama-nama seperti Unai Simon hingga Manuel Neuer digadang-gadang akan memberikan tontonan di sisi pertahanan kesebelasan yang mereka bela.

Baca Juga

Bahkan, para kiper tersebut diprediksi juga akan saling berduel untuk memperebutkan gela ‘golden glove’ atau kiper terbaik di Piala Dunia 2022.

Lantas, siapa saja kah yang kira-kira akan dapat memenangkan gelar bergengsi tersebut di Piala Dunia 2022? Berikut ulasannya.


1. Deretan Kiper yang Akan Berebut Golden Glove di Piala Dunia 2022

Unai Simon,kiper timnas Spanyol 2.

5. Unai Simon (Spanyol)

Tim nasional Spanyol di bawah asuhan Luis Enrique telah menunjukkan banyak perubahan dari lini depan hingga lini belakang tim.

Salah satunya adalah soal keputusannya yang tidak membawa David de Gea dan menggantinya dengan Unai Simon di bawah mistar gawang La Furia Roja.

Baca Juga

Penjagawa gawang Athletic Bilbao tersebut telah menjadi bagian dari revolusi timnas Spanyol. Sejak menjalani debutnya, ia telah menunjukkan penampilan impresif.

Bersama klubnya, Athletic Bilbao, Unai Simon juga menjadi penjaga yang kokoh dan telah memepertahankan clean sheet empat kali.

4. Alisson Becker (Brasil)

Meski timnya saat ini tengah dalam penurunan performa, akan tetapi Alisson Becker beberapa kali tetap memperlihatkan kualitasnya di lapangan.

Baca Juga

Sebelumnya di Copa America 2021, pelatih Brasil, Tite kerap memaki Ederson sebagai penjaga gawang di bawah mistar tim samba.

Akan tetapi, pengalaman Alisson yang pernah menjadi andalan di Piala Dunia di edisi sebelumnya membuat dirinya akan lebih jadi prioritas dibanding Ederson.

3. Hugo Lloris (Prancis)

Kiper Tottenham Hotspur yang juga kapten Prancis saat menjuarai Piala Dunia 2018 diprediksi akan menjadi pesaing bagi para kiper lain dalam memenangkan gelar ‘golden glove’ di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Meski telah memasuki usia 35 tahun, Hugo Lloris telah menjadi bukti bagi kokohnya lini pertahanan Prancis dan Tottenham akhir-akhir ini.

Bersam klubnya, Tottenham, Hugo Lloris telah mencatatkan empat clean sheet di Liga Inggris. Sedangkan, pada Piala Dunia 2018, Lloris berhasil mencatatkan tiga clean sheet.


2. Courtois Jadi Kandidat Terkuat

Aksi kiper Real Madrid, Thibaut Courtois menyelamatkan gawang di laga perempat final Liga Champions, Kamis (07/04/22). Foto: Reuters/Tony Obrien

2. Manuel Neuer (Jerman)

Tetap pada perannya di Piala Dunia edisi-edisi sebelumnya, Manuel Neuer diprediksi masih akan dipercaya untuk menjaga gawang Die Mannschaft, julukan Timnas Jerman.

Meskipun Jerman juga memiliki Marc-Andre ter Stegen yang menunjukkan performa impresif bersama Barcelona, Neuer dipastikan akan tetap menjadi pilihan pertama Hansi Flick.

Baca Juga

Saat ini, kiper Bayern Munchen tersebut tengah mengalami cedera yang membuatnya harus absen dalam beberapa pertandingan. Neuer dipastikan akan dapat kembali bertanding saat Piala Dunia 2022.

Sebelumnya, pada edisi Piala Dunia 2014, Manuel Neuer telah berhasil memenangkan gelar ‘golden glove’ yang menjadikannya kiper terbaik di turnamen saat itu.

1. Thibaut Courtois (Belgia)

Kiper jangkung Real Madrid, Thibaut Courtois dipastikan akan menjadi pesaing terkuat yang dalam memperebutkan gelar ‘golden glove’ Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Penjaga gawang timnas Belgia tersebut sebelumnya telah memenangkan gelar ‘golden glove’ pada gelaran Piala Dunia 2018 lalu.

Courtois dapat dibilang sebagai kiper terbaik di dunia saat ini dan telah sukses menghantarkan timnya menjuarai beberapa gelar.

Paling nyata, Courtois menjadi sosok yang paling berjasa dalam membawa Real Madrid juara Liga Champions musim lalu.

Baca Juga

Meski sejauh ini Courtois belum mencatatkan clean sheet di Liga Spanyol, akan tetapi rekor kiper Belgia tersebut tidak dapat dikatakan sebagai sesuatu yang buruk.

Menarik untuk disaksikan siapa nanti yang akhirnya memenangkan gelar bergengsi ‘golden glove’ di Piala Dunia 2022.

Piala DuniaQatarThibaut CourtoisManuel NeuerHugo LlorisPiala Dunia 2022KiperUnai SimonTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini