x

Termasuk Legenda Juventus, 5 Kiper dengan Penyelamatan Terbaik di Piala Dunia

Senin, 31 Oktober 2022 16:40 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Prio Hari Kristanto
Berikut deretan kiper yang pernah melakukan penyelamatan terbaik di Piala Dunia, termasuk legenda Juventus, Gianluigi Buffon.

INDOSPORT.COM – Berikut deretan kiper yang pernah melakukan penyelamatan terbaik selama pertandingan di Piala Dunia, termasuk legenda Juventus, Gianluigi Buffon. 

Berada di ajang Piala Dunia adalah sebuah kebanggan tersendiri bagi seorang pemain sepak bola dari seluruh dunia.

Baca Juga

Bagaimana tidak, pemain yang bermain di Piala Dunia bak memiliki sebuah pertaruhan soal harga diri yang harus mereka jaga bersama satu timnya.

Jika kalah dan tersingkir, maka peluang untuk dapat kembali turun di turnamen empat tahunan sekali tersebut dapat mengecil.

Tak ayal, para pemain yang berpartisipasi di Piala Dunia akan berjuang mati-matian agar terhindar dari kekalahan.

Baca Juga

Terlebih lagi bagi pemain yang berposisi sebagai seorang kiper. Menjadi benteng terakhir di garis pertahanan, mereka kerap menjadi harapan satu-satunya.

Jatuh bangun melakukan berbagi macam penyelamatan-penyelamatan bahkan mereka lakukan demi terhindar dari tersingkir di Piala Dunia.

Seperti halnya yang pernah dilakukan oleh Gianluigi Buffon kala menghadapi Prancis dalam laga final Piala Dunia 2006.

Baca Juga

Pada pertandingan final tersebut, legenda Juventus itu berhasil melakukan penyelamatan gemilang saat berhasil menghalau sundulan Zinadine Zidane. Saat itu, Italia kemudian keluar sebagai juara Piala Dunai 2006.

Penyelataman penting nan gemilang tak hanya ditorehkan oleh Buffon. Berikut empat kiper lainnya yang pernah melakukan penyelamatan penting bagi timnya di Piala Dunia.


1. Deretan Kiper yang Melakukan Penyelamatan Penting

Ronaldo vs Oliver Kahn

4. Oliver Kahn (Piala Dunia 2002)

Nama Olivier Kahn mungkin tak asing bagi para penggemar sepak bola yang ada di seluruh dunia saat ini.

Dirinya menjadi sosok yang begitu penting dalam kesuksesan Jerman menjadi juara Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang.

Baca Juga

Mantan kiper yang saat ini menjadi CEO raksasa Liga Jerman, Bayern Munchen, tersebut tercatat pernah melakukan penyelematan gemilang saat membela Jerman di Piala Dunia 2002.

Penyelamatan itu terjadi kala Jerman berhadapan dengan Irlandia. Mendapati gempuran Robbie Keane dan Damien Duff, Kahn menjadi satu-satunya benteng terakhir Jerman kala itu.

Kahn tampil mengesankan dengan mampu mementahkan tendangan-tendangan duo andalan Irlandia tersebut. Meski kebobolan, pada Piala Dunia 2002 Oliver Kahn tercatat menjadi pemenang trofi ‘golden glove’ dan dinyatakan sebagai kiper terbaik dalam turnamen.

Baca Juga

3. Gordon Banks (Piala Dunia 1970)

Gordon Banks adalah salah satu kiper legendaris Timnas Inggris. Dirinya pernah tercatat melakukan penyelamatan gemilang saat berlaga di Piala Dunia.

Kejadian tersebut terjadi saat dirinya membela Timnas Inggris di Piala Dunia 1970 saat melawan Brasil. Kala itu, pemain Brasil, Pele yang mendapat umpan silang langsung berusaha melompat tinggi untuk menyundul bola ke gawang.

Baca Juga

Gordon Banks yang saat itu mengalami sedikit kesalahan dalam membaca umpan silang yang datang harus berusaha melakukan beberapa gerakan untuk mendapatkan posisi idealnya lagi.

Namun, siapa sangka, Banks saat itu justru berada di posisi yang tepat dan berhasil menyelematkan gawang Inggris dari kebobolan.


2. Kossi Agassa Paling Fenomenal

Iker Casillas, kiper legendaris Timnas Spanyol di Piala Dunia.

2. Iker Casillas (Piala Dunia 2010)

Pada Piala Dunia 2010, pertandingan seru mempertemukan Timnas Spanyol dan Belanda di partai final. Kala itu, Spanyol berhasil keluar sebagai juara Piala Dunia setelah berhasil mengalahkan Belanda dengan skor tipis, 1-0.

Baca Juga

Satu-satunya gol yang tercipta dalam pertandingan tersebut lahir dari kaki Andres Iniesta di babak perpanjangan waktu.

Akan tetapi, dari sekian momen, penyelamatan Iker Casillas mungkin dapat menjadi salah satu penentu keberhasilan Spanyol menjuarai Piala Dunia.

Penyelamatan Casillas terjadi saat dirinya dalam situasi satu lawan satu dengan Arjen Robben. Casillas yang sedikit bersandar di sisi kiri seperti hendak memberi ruang untuk Robben menembak ke kanan.

Baca Juga

Hal ajaib terjadi ketika Robben telah melesatkan tembakan. Casillas berhasil menepis bola dengan kakinya yang gagal berujung gol untuk Belanda.

1. Kossi Agassa (Piala Dunia 2006)

Penyelematan terhebat mungkin tersemat pada kiper Togo, Kossi Agassa, saat timnya melawan Prancis di Piala Dunia 2006.

Agassa dalam pertandingan tersebut melakukan tiga penyelamatan berturut-turut yang membuat Prancis gagal mencetak gol.

Baca Juga

Penyelamatan pertama terjadi kala ia menghentikan tembakan jarak jauh Sidney Govou. Bola yang termentahkan kemudian mengarah ke David Trezeguet, tetapi Agassa kembali berhasil menghalaunya.

Kemudian, bola kembali bergerak maju ke arah garis gawang, dengan refleksnya Agassa berhasil memeluk sebelum ditendang Trezeguet kembali. Meski gemilang, namun nama Agassa tergerus oleh keberhasilan kiper Juventus, Gianluigi Buffon, menjuarai Piala Dunia 2006 bersama Italia. 

Iker CasillasGianluigi BuffonPiala Dunia 2022KiperOliver KahnUpdate Piala Dunia 2022

Berita Terkini