x

5 Klub Top Eropa Siap Tampung Gundogan secara Gratis, Termasuk AC Milan!

Minggu, 6 November 2022 13:20 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Ilkay Gundogan, pemain Manchester City. Foto: REUTERS/Craig Brough

INDOSPORT.COM - Manchester City kini sedang dilaporkan khawatir akan kehilangan gelandang andalan mereka, Ilkay Gundogan. Dengan 5 klub top Eropa ini siap menampungnya secara gratis, termasuk AC Milan.

Gundogan memang sah-sah saja meninggalkan Etihad Stadium ketika kontraknya berakhir pada musim panas 2023 mendatang. 

Baca Juga

Kekhawatiran Man City pun cukup beralasan, melihat betapa pentingnya peran gelandang berusia 32 tahun itu di dalam maupun luar lapangan. 

Gelandang Timnas Jerman itu sudah mengabdi selama enam setengah tahun dan menjadi kapten tim setelah kepergian Fernandinho di musim panas 2022 kemarin. 

Meski usianya sudah tidak lagi muda, kualitasnya terbukti kala melihat Gundogan masih jadi pemain andalan untuk Pep Guardiola. 

Baca Juga

Eks Dortmund itu sudah starter sebanyak 12 kali dari 15 pertandingan yang sudah dimainkan Man City di semua kompetisi musim 2022/2023 ini. 

Meski masih diandalkan, rumor dan spekulasi tentang masa depannya di Etihad Stadium terus berhembus membuat fans dan manajemen City khawatir. 

Tidak mau tinggal diam, Football Insider juga mengabarkan bahwa manajemen Man City sudah menghubungi agen dari Gundogan, namun belum ada kesepakatan final untuk kontrak baru. 

Baca Juga

Dengan kualitas dan kebugaran yang dimiliki oleh sang pemain, wajar jika Man City khawatir. Apalagi melihat banyak klub top Eropa yang sudah pasang kuda-kuda untuk merekrutnya.

Siapa sajakah klub-klub top Eropa yang berhasrat merekrut Gundogan? Berikut kami rangkum, 5 klub top Eropa termasuk AC Milan yang berpotensi menampung sang gelandang. 


1. Ilkay Gundogan Diincar Barcelona dan Liverpool

Ilkay Gundogan merayakan gol di laga Piala FA Manchester City vs Fulham (05/02/22). (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)

1. Galatasaray

Klub raksasa asal Turki ini memang masuk dalam jalur perburuan tanda tangan Gundogan di musim panas 2023 mendatang. 

Bahkan Gundogan sendiri sudah memberi isyarat akan mempertimbangkan jika benar-benar ada tawaran dari Galatasaray. 

Baca Juga

Sang pemain mengatakan bahwa di dalam dirinya, mengalir darah orang Turki yang membuatnya tertarik untuk bermain di sana. 

2. Barcelona

Nampaknya Barcelona tidak ingin melewatkan kesempatan merekrut gelandang sekaliber Gundogan secara gratis. 

Klub berjuluk Blaugrana ini memang sudah dikenal dengan sifat barunya, yakni senang merekrut pemain gratisan dalam dua bursa transfer terakhir. 

Baca Juga

Menurut 90min, Barca memang terus berusaha stand by untuk langsung merekrut Gundogan begitu sang pemain menolak tawaran kontrak Man City. 

Barcelona memang sejauh musim ini kurang menjanjikan dan banyak pihak menilai dikarenakan kurangnya pengalaman di lini tengah. 

3. Liverpool

Jika masih ingin tetap di Liga Inggris, Gundogan bisa saja mempertimbangkan tawaran dari rival Man City, yakni Liverpool. 

Baca Juga

The Reds memang sedang mencari alternatif Arthur Melo yang cedera panjang. Bahkan menurut rumor beredar, mereka siap memboyong Gundogan pada Januari 2023. 

Yang berarti Man City tidak kehilangan sang gelandang hebatnya secara cuma-cuma. 


2. AC Milan dan Juventus Saling Sikut demi Gundogan

Selebrasi gol Ilkay Gundogan di laga Manchester City vs Tottenham Hotspur.

4. Juventus

Dengan usia mendekati masa pensiun, tidak ada salahnya Gundogan mencicipi Liga Italia. Juventus, menjadi salah satu klub top dari Italia yang menginginkan jasanya. 

Bahkan menurut Calciomercato, Juventus berniat ogah menunggu musim panas 2023 mendatang. Yang mana mereka rela memberikan sejumlah uang kepada Man City. 

Namun, Juventus tidaklah sendiri, ada klub raksasa Liga Italia lainnya yang juga membutuhkan gelandang berpengalaman seperti Gundogan. 

Baca Juga

5. AC Milan

AC Milan memang terus mencari gelandang anyar setelah di musim panas 2022 kemarin gagal mendaratkan Renato Sanches dan Enzo Fernandez.

Oleh karena itu, juara bertahan Liga Italia itu dikabarkan sedang melirik Ilkay Gundogan, melansir dari Pianeta Milan. 

Meski Milan mau membelinya langsung pada Januari, Gundogan tampaknya harus rela gajinya disunat karena kebijakan gaji milik klub yang diatur oleh Paolo Maldini. 

Manchester CityBarcelonaAC MilanIlkay GundoganLiga Inggris

Berita Terkini