x

Segera Berganti Pemilik, Ini 5 Pembelian Termahal Liverpool di Bawah Rezim FSG

Selasa, 8 November 2022 15:25 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Lima pembelian termahal yang pernah dilakukan Liverpool di bawah kepemilikan Fenway Sports Grup (FSG), di mana Virgil van Dijk adalah salah satunya. (Foto: Reuters/Andrew Boyers)

INDOSPORT.COM – Berikut adalah lima pembelian termahal yang pernah dilakukan Liverpool di bawah kepemilikan Fenway Sports Grup (FSG), di mana Virgil van Dijk adalah salah satunya.

Kabar mengejutkan baru saja datang dari salah satu raksasa Liga Inggris (Premier League), Liverpool. Pasalnya, jawara Liga Inggris 2020/21 bakal dijual oleh pemilik mereka saat ini Fenway Sports Grup (FSG).

Baca Juga

Fenway Sports Group (FSG) sendiri telah menguasi klub asal Merseyside tersebut sejak Oktober 2010 silam. FSG membeli Liverpool dari Tom Hicks dan George Gillet.

FSG membeli Liverpool seharga 300 juta poundsterling atau setara Rp5 triliun. Namun, saat ini harga tersebut sudah naik fantastis dengan mencapai 3,6 miliar poundsterling atau hampir setara Rp65 triliun.

Melansir dari Sportbible, ada sejumlah alasan yang melatarbelakangi FSG untuk berani menjual Liverpool kepada pihak lain.

Baca Juga

"FSG telah mengatakan sebelumnya bahwa di bawah syarat dan ketentuan yang tepat, kami akan mempertimbangkan pemegang saham baru jika itu demi kepentingan terbaik Liverpool sebagai klub."

"FSG tetap sepenuhnya berkomitmen untuk kesuksesan Liverpool, baik di dalam maupun di luar lapangan," kata pihak FSG dilansir dari Sportbible.

Di bawah kepemilikan FSG, Liverpool telah mencapai berbagai kesuksesan, diantaranya adalah berhasil menjuarai Liga Champions dan Liga Inggris lagi setelah 30 tahun penantian.

Baca Juga

Hal itu telah menandakan bahwa dibawah FSG, Liverpool telah mengalami banyak perubahan dari skuad mereka hingga gaya permainan tim.

Selain itu, di bawah FSG, Liverpool juga berhasil mendatangkan pemain-pemain dengan harga fantastis. Siapa saja kah mereka? Berikut ulasannya.


1. Pembelian Termahal Liverpool Era FSG

Fabinho, gelandang Liverpool

5. Fabinho

Pemain termahal pertama yang didatangkan Liverpool era FSG adalah Fabinho. Fabinho didatangkan The Reds dari klub Liga Prancis, AS Monaco.

Liverpool kala itu setidaknya harus merogoh kocek yang cukup mahal untuk kedatangan Fabinho, yakni sebesar 45 juta poundsterling atau setara Rp810 miliar.

Baca Juga

Kedatangan Fabinho ke Liverpool terbukti dengan semakin kuatnya lini tengah The Reds. Bersama Jordan Henderson dia menjadi momok menakutkan bagi penyerang lawan.

4. Naby Keita

Nama Naby Keita mungkin dalam beberapa pertandingan terakhir Liverpool jarang sekali terdengar dan terlihat di starting XI yang dibawa Jurgen Klopp.

Keita sendiri masih harus menepi karena cedera otot yang menerpanya. Meski jarang terlihat beraksi di lapangan hijau, Keita merupakan salah satu pemain termahal yang dibeli Liverpool era FSG.

Baca Juga

Mulai mencuat saat membela RB Salzburg, dirinya kemudian pindah ke RB Leipzie sebelum akhirnya ditebus Liverpool dengan harga 54 juta poundsterling atau setara Rp972 miliar.

3. Alisson Becker

Jurgen Klopp melihat penampilan Alisson Becker saat Liverpool berhadapan dengan AS Roma di babak semi final Liga Champions 2018/19.

Meski gawang AS Roma dibombardir habis-habisan oleh Mohamed Salah dan kawan-kawan di leg pertama, Jurgen Klopp tampaknya terpesona dengan skill yang ditunjukkan kiper asal Brasil tersebut saat leg kedua di Satadion Olimpico berlangsung.

Baca Juga

Pada musim berikutnya, keinginan Klopp pun terpenuhi. Liverpool akhirnya membuka pembicaraan dengan AS Roma untuk mengamankan tanda tangan Alisson.

Liverpool setidaknya harus merogoh kocek sebesar 56 juta poundsterling atau setara Rp1 triliun untuk mendatangkan kiper yang saat ini berusia 30 tahun tersebut.


2. Virgil van Dijk Paling Mahal

Virgil van Dijk, pemain Liverpool. Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw

2. Darwin Nunez

Pemain termahal selanjutnya yang menjadi rekrutan Liverpool dibawah FSG adalah Darwin Nunez. Tampil gemilang bersama Benfica, The Reds berusaha keras untuk membujuk pemain asal Uruguay ini bergabung.

Bersam Benfica, Darwin Nunez telah membukukan 48 gol dan 16 assist dari 85 penampilannya di semua kompetisi.

Baca Juga

Prestasi tersebut lah yang digadang-gadang membuat Jurgen Klopp saat itu tertarik untuk mendatangkan pemain 23 tahun itu.

Liverpool setidaknya harus merogoh kocek sekitar 67,5 juta poundsterling atau setara Rp1,2 triliun. Harga yang fantastis untuk pemain yang usianya masih muda.

1. Virgil van Dijk

Jika bertanya-tanya siapa kah pemain Liverpool yang paling mahal di era kepemilikan FSG, maka Virgil van Dijk adalah jawabannya.

Baca Juga

Nama Virgil van Dijk sendiri mulai dikenal kala dirinya membela klub Liga Skotlandia, Celtic pada tahun 2013 hingga 2015.

Dua tahun merumput di Liga Skotlandia, van Dijk kemudian berpindah ke Liga Inggris dengan Southampton menjadi klub yang pertama kali meminangnya.

Kurang lebih tiga tahun bersama The Saints, Virgil van Dijk kemudian direkrut oleh Liverpool pada tahun 2018.

Baca Juga

The Reds setidaknya harus rela merogoh kocek yang sangat besar demi mendatangkan pemain berkebangsaan Belanda tersebut. Total, 76 juta poundsterling atau setara Rp1,3 triliun harus dikeluarkan oleh Liverpool demi pemain berpostur 193cm tersebut.

LiverpoolFabinhoLiga InggrisFenway Sports GroupVirgil van DijkNaby KeitaAlisson BeckerDarwin Nunez

Berita Terkini