x

5 Pemain Tak Terduga yang Bisa Masuk Timnas Inggris untuk Piala Dunia

Kamis, 10 November 2022 17:50 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Profil Timnas Inggris Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: Reuters/Carl Recine)

INDOSPORT.COM - Piala Dunia 2022 sebentar lagi akan digelar. Tetapi, Inggris belu mengumumkan siapa saja pemain yang diikutsertakan ke Qatar nanti.

Pada Piala Dunia 2022 ini, Gareth Southgate selaku pelatih Timnas Inggris, dibuat kebingungan oleh pemainnya sendiri.

Baca Juga

Selain faktor cedera, ada faktor kemampuan bermain yang membuat Southgate harus berpikir keras siapa pemain yang akan ditunjuknya nanti.

Sebelumnya, Timnas Inggris juga secara mengejutkan memanggil sejumlah pemain yang tidak disangka untuk Piala Dunia.

Para pemain ini dianggap belum mencukupi untuk berlaga di Piala Dunia, baik dari segi kemampuan maupun dari pengalaman.

Baca Juga

Akan tetapi, pemain-pemain tersebut akhirnya benar-benar tampil di Piala Dunia dan bisa berkontribusi untuk The Three Lions.

Untuk itu, berikut lima pemain tak terduga yang bisa masuk Timnas Inggris untuk Piala Dunia.

Baca Juga

Steve Bull - Piala Dunia 1990

Steve Bull adalah pemain legendaris Wolves. Di Piala Dunia 1990, dia dipanggil Timnas Inggris meski Wolves saat itu bermain di Divisi Kedua Inggris.

Di Timnas, Bull sukses melesatkan empat gol meski datang dari bangku cadangan karena Inggris memiliki pemain utama seperti Alan Smith dan Matt Le Tissier.


1. Rio Ferdinand - Piala Dunia 1998

Rio Ferdinand dan John Terry saat membela Timnas Inggris

Rio Ferdinand adalah salah satu bek terbaik Inggris yang pernah ada. Wajar jika dirinya diikut sertakan dalam berbagai turnamen penting.

Tetapi, Ferdinand baru berusia 19 tahun pada saat Piala Dunia 1998 digelar. Setelahnya, dia terus bermain di Piala Dunia 2002 dan 2006.

Baca Juga

Sejatinya, mantan bek andalan Manchester United ini masuk dalam skuad Inggris di Piala Dunia 2010. Tetapi karena dia mengalami cedera lutut di sesi latihan, maka dia dipulangkan ke Inggris.

Selain tidak bermain di Piala Dunia 2010, Ferdinand juga absen dari Euro 2000 (tidak terpilih), 2004 (melewatkan larangan tes narkoba), 2008 (tidak lolos), dan 2012 (tidak terpilih).

Baca Juga

Trevor Sinclair - Piala Dunia 2002

Trevor Sinclair adalah pemain yang tidak diduga bisa masuk dalam skuad Timnas Inggris di Piala Dunia 2022 pada era pelatih Sven-Goran Eriksson.

Hal ini disebabkan oleh krisisnya pemain lini tengah Inggris di sisi kiri. Pada akhirnya, sang pelatih memilih Sinclair masuk ke dalam skuadnya.

Baca Juga

Saat itu, pemain tengah Inggris sedang dilanda badai cedera, seperti Steven Gerrard, Danny Murphy, dan Owen Hargreaves.

Maka dari itu, Eriksson memutuskan untuk mengikut sertakan Sinclair dalam skuadnya. Di Piala Dunia 2022 ini, dia bermain sebanyak empat kali.


2. Theo Walcott - Piala Dunia 2006

Aksi Theo Walcott di laga Arsenal vs Southampton

Sama seperti Ferdinand, Theo Walcott juga secara mengejutkan masuk ke dalam skuad Inggris di Piala Dunia 2006 saat berusia sangat muda, yakni 17 tahun.

Bahkan, momen ini terjadi setelah beberapa bulan hari jadi usianya yang ke-17. Saat itu, Sven-Goran Eriksson yang memilihnya.

Baca Juga

Padahal, kala itu Inggris memiliki pemain berkualitas seperti Jermain Defoe dan Darren Bent, di mana masing-masingnya mencetak sembilan dan 18 gol untuk Liga Inggris 2005-2006.

Selain itu, kurang bugarnya Wayne Rooney dan Michael Owen juga jadi faktor tambahan mengapa Eriksson mengikut sertakan Walcott muda di Piala Dunia 2006.

Jamie Carragher - Piala Dunia 2010

Pada 2007, Jamie Carragher telah memutuskan untuk pensiun dari Timnas Inggris. Tetapi, ada masa di mana dirinya kembali dipanggil ke dalam timnas.

Momen ini terjadi pada Piala Dunia 2010. Saat itu, Rio Ferdinand mengalami cedera ligamen lutut sehingga Fabio Capello, pelatih Inggris kala itu, menunjuk Carragher.

Setelah Piala Dunia 2010 ini, Carragher kembali pensiun dari pertandingan internasionalnya secara permanen.

Piala DuniaRio FerdinandTheo WalcottPiala Dunia 2022Jamie CarragherTimnas Inggris

Berita Terkini